Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana Unesa
Study Program | : | Apparel Design Education |
Establishment Date | : | 1 Agustus 2011 |
Study Program Coordinator | : | Imami Arum Tri Rahayu, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi program studi yang kuat, adaptif, dan inovatif pada tahun 2027 dalam menghasilkan tenaga pendidik dan atau profesional (Fashion-preneur/wirausaha) di bidang tata busana yang kompeten, kreatif, bermoral tinggi dan berwawasan kewirausahaan
Misi
- Menyiapkan tenaga akademik dan atau profesional yang bermutu, bertanggung jawab dan mandiri di bidang pendidikan Tata Busana guna menghadapi berbagai tantangan di masa depan.
- Menciptakan budaya akademik yang kondusif bagi pemberdayaan semua potensi secara optimal dan berkesinambungan.
- Melakukan penelitian dasar dan terapan secara profesional pada taraf nasional, regional dan internasional dalam bidang Pendidikan Tata Busana .
- Mengembangkan berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan, teknologi dan seni yang berdaya guna dan berhasil guna dalam upaya memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
- Melaksanakan kegiatan kewirausahaan dan bekerjasama dengan berbagai lembaga/dunia usaha dalam menerapkan prinsip-prinsip enterpreneurship untuk membangun masa depan yang lebih baik.
Tujuan
- Memiliki academic carrier, dengan kompetensi pedagogik pada pendidikan tata busana secara formal dan non formal sepanjang hayat.
- Memiliki kompetensi professional dalam bidang keahlian tata busana meliputi fashion designer, pattern-maker, dress-maker, dan kriya fashion berwawasan kewirausahaan.
- Memiliki kompetensi kepribadian dan sosial dengan mengedepankan moral dan kode etik yang berlaku.
Capaian Lulusan Program Studi Apparel Design Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-5 | Memiliki sikap professional sebagai pendidik dan praktisi dalam bidang tata busana yang meliputi disiplin, jujur, bertanggung jawab dan bekerjasama.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-6 | Terampil bekerjasama dan berkomunikasi efektif dalam bidang tata busana
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-7 | Terampil merancang perangkat ajar dan menerapkan dalam pembelajaran bidang tata busana
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-8 | Terampil dalam menerapkan konsep keilmuan tata busana dalam pengembangan inovasi dan kreativitas budaya daerah
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-9 | Terampil dalam kompetensi keahlian di bidang tata busana meliputi: fashion designer, pattern maker dan dressmaker, dan kriya fashion berwawasan kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-10 | Terampil merancang, melaksanakan penelitian, menganalisis dan mengimplentasikan hasil penelitian di bidang pendidikan tata busana dan kompetensi keahlian tata busana
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-11 | Memiliki pemahaman konsep bidang pedagogik dan professional yang menunjang bidang pendidikan tata busana
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-12 | Mampu menerapkan konsep bidang pedagogic dalam pembelajaran di sekolah menengah kejuruan yang meliputi perencanaan pembelajaran, pengembangan perangkat, evaluasi, dan media pembelajaran berbasis IPTEK
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-13 | Mampu menerapkan konsep bidang profesional tata busana untuk pemecahan masalah terkait pembelajaran tata busana dan produksi busana
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-14 | Mererapkan konsep enterpreneurship bidang tata busana
Dibebankan pada matakuliah: |
Occupational Profiles Program Studi Apparel Design Education
Universitas Negeri Surabaya
Struktur Kurikulum Apparel Design Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Revitalisasi
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8321202105
Basics Of Clothing
2.00
1000003006
Dasar Dasar Pendidikan
3.00
8321202024
Basic
2.00
8321202107
Basic Design Sewing Techniques
2.00
8321202042
Drawing Models
2.00
8321202093
History Of Development Of Fashion Fashion
2.00
1000002003
Indonesian
2.00
8321202106
Construction Basic Patterns
2.00
1000002177
English
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8321203134
Fashion Design Analysis
3.00
8321202029
Fashion Design I
2.00
8321202051
Applied Computers
2.00
8321202069
Applied Mathematics
2.00
8321202151
Instructional Media
2.00
1000002033
Citizenship
2.00
1000002039
Psikologi Pendidikan
2.00
8321202135
History Of Clothing In Indonesia And Fashion Trends
2.00
8321203099
Technology Sewing
3.00
8321203103
Teori Belajar
3.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8321202122
Fashion Design Ii
2.00
8321202100
Philosophy Of Science
2.00
1000002011
Isbd
2.00
8321202050
Applied Chemistry
2.00
8321202123
Learning Media And Ict
2.00
8321203109
Innovative Learning Prose I
3.00
1000002018
Pancasila Education
2.00
8321202111
Clothing Pattern Engineering
2.00
8321203110
Craft Curriculum Review
3.00
8321202044
Ikk
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8321203112
Assessment Of Learning Processes And Outcomes
3.00
8321204018
Women‘s Clothing Ii
4.00
8321203020
Cad
3.00
8321202031
Textile Design
2.00
8321203034
Draping
3.00
8321202047
Textile Science
2.00
8321202124
Textile Crafts I
2.00
8321202061
Management
2.00
8321203072
Research Methodology
3.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8321202009
Embroidery I
2.00
8321202116
Men‘s Clothing
2.00
8321202117
Vocational
2.00
8321202076
Fashion Marketing
2.00
8321203113
Innovative Learning Ii
3.00
8321202079
Vocational Education
2.00
8321202080
Pengel Laboratory Areas Of Study
2.00
8321201149
Introduction To The School Field
1.00
8321202137
Writing Scientific Works
2.00
8321202121
Statistics
2.00
Semester ke 6
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8321204087
Real Work Practice
4.00
8321204133
Pengenalan Lapangan Persekolahan
4.00
8321203150
Introduction To The School Field
3.00
8321206094
Thesis
6.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8321203156
Women‘s Clothing
3.00
8321204021
Cipta Karya Clothing
4.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8321202105 | Basics Of Clothing | 2.00 | |
1000003006 | Dasar Dasar Pendidikan | 3.00 | |
8321202024 | Basic | 2.00 | |
8321202107 | Basic Design Sewing Techniques | 2.00 | |
8321202042 | Drawing Models | 2.00 | |
8321202093 | History Of Development Of Fashion Fashion | 2.00 | |
1000002003 | Indonesian | 2.00 | |
8321202106 | Construction Basic Patterns | 2.00 | |
1000002177 | English | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8321203134 | Fashion Design Analysis | 3.00 | |
8321202029 | Fashion Design I | 2.00 | |
8321202051 | Applied Computers | 2.00 | |
8321202069 | Applied Mathematics | 2.00 | |
8321202151 | Instructional Media | 2.00 | |
1000002033 | Citizenship | 2.00 | |
1000002039 | Psikologi Pendidikan | 2.00 | |
8321202135 | History Of Clothing In Indonesia And Fashion Trends | 2.00 | |
8321203099 | Technology Sewing | 3.00 | |
8321203103 | Teori Belajar | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8321202122 | Fashion Design Ii | 2.00 | |
8321202100 | Philosophy Of Science | 2.00 | |
1000002011 | Isbd | 2.00 | |
8321202050 | Applied Chemistry | 2.00 | |
8321202123 | Learning Media And Ict | 2.00 | |
8321203109 | Innovative Learning Prose I | 3.00 | |
1000002018 | Pancasila Education | 2.00 | |
8321202111 | Clothing Pattern Engineering | 2.00 | |
8321203110 | Craft Curriculum Review | 3.00 | |
8321202044 | Ikk | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8321203112 | Assessment Of Learning Processes And Outcomes | 3.00 | |
8321204018 | Women‘s Clothing Ii | 4.00 | |
8321203020 | Cad | 3.00 | |
8321202031 | Textile Design | 2.00 | |
8321203034 | Draping | 3.00 | |
8321202047 | Textile Science | 2.00 | |
8321202124 | Textile Crafts I | 2.00 | |
8321202061 | Management | 2.00 | |
8321203072 | Research Methodology | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8321202009 | Embroidery I | 2.00 | |
8321202116 | Men‘s Clothing | 2.00 | |
8321202117 | Vocational | 2.00 | |
8321202076 | Fashion Marketing | 2.00 | |
8321203113 | Innovative Learning Ii | 3.00 | |
8321202079 | Vocational Education | 2.00 | |
8321202080 | Pengel Laboratory Areas Of Study | 2.00 | |
8321201149 | Introduction To The School Field | 1.00 | |
8321202137 | Writing Scientific Works | 2.00 | |
8321202121 | Statistics | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8321204087 | Real Work Practice | 4.00 | |
8321204133 | Pengenalan Lapangan Persekolahan | 4.00 | |
8321203150 | Introduction To The School Field | 3.00 | |
8321206094 | Thesis | 6.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8321203156 | Women‘s Clothing | 3.00 | |
8321204021 | Cipta Karya Clothing | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Apparel Design Education
Universitas Negeri Surabaya
Berdasarkan hasil evaluasi kurikulum tahun akademik 2022/2023 diperoleh hasil bahwa rata-rata ketercapaian Program Learning Outcomes (PLO) Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana sebesar 100% (diatas ambang batas minimal 80%) dengan rincian rata-rata ketercapaian sebagai berikut: PLO 1 sebesar 93,31%, PLO 2 sebesar 90,76%, PLO 3 sebesar 92,43%, PLO 4 sebesar 94,47%, PLO 5 sebesar 94,98%, PLO 6 sebesar 92,01%, PLO 7 sebesar 92,09%, PLO 8 sebesar 90,73%, PLO 9 sebesar 94,08%, dan PLO 10 sebesar 94,12%. Hasil tracer study pada alumni lulusan 2022 bahwa kompetensi yang dibutuhkan berkaitan dengan soft skill dan hard skill dan yang Perlu penguatan kompetensi alumni agar sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja adalah soft skill, Hasil ketercapaian IKU 1 adalah 67 dari 82 lulusan atau 81,71%. Lulusan yang mendukung ketercapaian IKU 1 Program Studi yang terdiri dari: 42 lulusan berwirausaha, 67 lulusan yang bekerja sebagai guru dan 15 lulusan bekerja diluar profesi guru dan wirausaha.
Rekap PLO Program Studi Apparel Design Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | |||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | PLO12 | PLO13 | PLO14 | |||
Men‘s Clothing | 2 | 40% | 40% | 20% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Apparel Design Education
Universitas Negeri Surabaya
1. Pancasila dan UUD 1945
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157,
Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158,
Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
5. Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;
7. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
8. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
10. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;
11. Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan;
12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;
13. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;
14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;
15. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
16. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
17. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;
18. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
19. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
20. Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA.
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved