•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana Unesa

 
Study Program  :  Apparel Design Education
Establishment Date  :  1 Agustus 2011
Study Program Coordinator  :  Imami Arum Tri Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi program studi yang kuat, adaptif, dan inovatif pada tahun 2027 dalam menghasilkan tenaga pendidik dan atau profesional (Fashion-preneur/wirausaha) di bidang tata busana yang kompeten, kreatif, bermoral tinggi dan berwawasan kewirausahaan


Misi
  1. Menyiapkan tenaga akademik dan atau profesional yang bermutu, bertanggung jawab dan mandiri di  bidang pendidikan Tata Busana guna menghadapi berbagai tantangan di masa depan.
  2. Menciptakan budaya akademik yang kondusif bagi pemberdayaan semua potensi secara optimal dan berkesinambungan. 
  3. Melakukan penelitian dasar dan terapan secara profesional pada taraf nasional, regional dan internasional dalam bidang Pendidikan Tata Busana .
  4. Mengembangkan berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan, teknologi dan seni yang berdaya guna dan berhasil guna dalam upaya memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  5. Melaksanakan kegiatan kewirausahaan dan bekerjasama dengan berbagai lembaga/dunia usaha dalam menerapkan prinsip-prinsip enterpreneurship untuk membangun masa depan yang lebih baik.

Tujuan
  1. Memiliki academic carrier, dengan kompetensi pedagogik pada pendidikan tata busana secara formal dan non formal  sepanjang hayat.
  2. Memiliki kompetensi professional dalam bidang keahlian tata busana meliputi  fashion designer, pattern-maker, dress-maker, dan kriya fashion berwawasan kewirausahaan.
  3. Memiliki kompetensi kepribadian dan sosial dengan mengedepankan moral dan kode etik yang berlaku.

Capaian Lulusan Program Studi Apparel Design Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-5 Memiliki sikap professional sebagai pendidik dan praktisi dalam bidang tata busana yang meliputi disiplin, jujur, bertanggung jawab dan bekerjasama.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-6 Terampil bekerjasama dan berkomunikasi efektif dalam bidang tata busana
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-7 Terampil merancang perangkat ajar dan menerapkan dalam pembelajaran bidang tata busana
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-8 Terampil dalam menerapkan konsep keilmuan tata busana dalam pengembangan inovasi dan kreativitas budaya daerah
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-9 Terampil dalam kompetensi keahlian di bidang tata busana meliputi: fashion designer, pattern maker dan dressmaker, dan kriya fashion berwawasan kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-10 Terampil merancang, melaksanakan penelitian, menganalisis dan mengimplentasikan hasil penelitian di bidang pendidikan tata busana dan kompetensi keahlian tata busana
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-11 Memiliki pemahaman konsep bidang pedagogik dan professional yang menunjang bidang pendidikan tata busana
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-12 Mampu menerapkan konsep bidang pedagogic dalam pembelajaran di sekolah menengah kejuruan yang meliputi perencanaan pembelajaran, pengembangan perangkat, evaluasi, dan media pembelajaran berbasis IPTEK
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-13 Mampu menerapkan konsep bidang profesional tata busana untuk pemecahan masalah terkait pembelajaran tata busana dan produksi busana
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-14 Mererapkan konsep enterpreneurship bidang tata busana
Dibebankan pada matakuliah:

Occupational Profiles Program Studi Apparel Design Education
Universitas Negeri Surabaya

    Struktur Kurikulum Apparel Design Education
    Universitas Negeri Surabaya

    Kurikulum KKNI S1 Pendidikan Tata Busana

    Semester ke 1

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8321203054 Construction Clothing Patterns Clothing I 3.00
    8321202100 Philosophy Of Science 2.00
    8321202024 Basic 2.00
    8321202042 Drawing Models 2.00
    1000002003 Indonesian 2.00
    8321204098 Sewing Techniques 4.00
    8321204055 Construction Clothing Patterns Ii 4.00
    1000002018 Pancasila Education 2.00
    1000002177 English 2.00

    Semester ke 2

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
        -  Agama Budha
        -  Agama Hindu
        -  Agama Islam
        -  Agama Katholik
        -  Agama Khonghucu
        -  Agama Protestan
    2.00
    8321202128 Draping 2.00
    8321202124 Textile Crafts I 2.00
    8321202044 Ikk 2.00
    8321202029 Fashion Design I 2.00
    8321202031 Textile Design 2.00
    8321202079 Vocational Education 2.00
    8321202050 Applied Chemistry 2.00
    8321202069 Applied Mathematics 2.00
    1000002033 Citizenship 2.00

    Semester ke 3

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    1000002039 Psikologi Pendidikan 2.00
    8321202122 Fashion Design Ii 2.00
    8321202060 Curriculum And Textbooks 2.00
    8321202091 History Of Clothing 2.00
    8321202051 Applied Computers 2.00
    8321203015 Women‘s Clothing I 3.00
    8321202047 Textile Science 2.00
    1000002011 Isbd 2.00
    8321203096 Strategi Pembelajaran 3.00
    8321203095 Statistics 3.00

    Semester ke 4

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8321203070 Learning Media And Ict 3.00
    8321203058 Textile Crafts Ii 3.00
    8321203017 Women‘s Clothing Ii 3.00
    8321202061 Management 2.00
    8321203037 Learning Evaluation 3.00
    8321203072 Research Methodology 3.00

    Semester ke 5

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8321203013 Men‘s Clothing 3.00
    8321202076 Fashion Marketing 2.00
    8321202035 Ethnography Of Indonesian Fashion 2.00
    8321202075 Complementary Clothing 2.00
    8321202082 Management Lab Management Field Of Study 2.00
    8321202009 Embroidery I 2.00
    8321202078 Consumer Education 2.00
    8321203008 Embroidery 3.00
    8321203085 Perencanaan Pembelajaran 3.00
    8321203064 Men‘s Fashion Management 3.00
    8321203020 Cad 3.00
    8321202090 Industrial Psychology 2.00

    Semester ke 6

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8321202043 Grading 2.00
    8321203102 Community Service Program 3.00
    8321202011 Children‘s Clothing 2.00
    8321203097 Tailoring 3.00
    8321202132 Microteaching 2.00
    8321202010 Embroidery Ii 2.00
    8321204083 Fashion Business Management Clothing 4.00
    1000002176 Entrepreneurship 2.00

    Semester ke 7

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8321204087 Real Work Practice 4.00
    8321204133 Pengenalan Lapangan Persekolahan 4.00
    8321203089 Learning Management Programs 3.00
    8321203065 Management Fashion Tailoring 3.00

    Semester ke 8

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8321206094 Thesis 6.00
    8321204021 Cipta Karya Clothing 4.00
    Evaluasi Kurikulum Program Studi Apparel Design Education
    Universitas Negeri Surabaya

    Berdasarkan hasil evaluasi kurikulum tahun akademik 2022/2023 diperoleh hasil bahwa rata-rata ketercapaian Program Learning Outcomes (PLO) Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana sebesar 100% (diatas ambang batas minimal 80%) dengan rincian rata-rata ketercapaian sebagai berikut: PLO 1 sebesar 93,31%, PLO 2 sebesar 90,76%, PLO 3 sebesar 92,43%, PLO 4 sebesar 94,47%, PLO 5 sebesar 94,98%, PLO 6 sebesar 92,01%, PLO 7 sebesar 92,09%, PLO 8 sebesar 90,73%, PLO 9 sebesar 94,08%, dan PLO 10 sebesar 94,12%. Hasil tracer study pada alumni lulusan 2022 bahwa kompetensi yang dibutuhkan berkaitan dengan soft skill dan hard skill dan yang Perlu penguatan kompetensi alumni agar sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja adalah soft skill, Hasil ketercapaian IKU 1 adalah 67 dari 82  lulusan atau 81,71%. Lulusan yang mendukung ketercapaian IKU 1 Program Studi yang terdiri dari: 42 lulusan berwirausaha, 67 lulusan yang bekerja sebagai guru dan 15 lulusan bekerja diluar profesi guru dan wirausaha.

    Rekap PLO Program Studi Apparel Design Education
    Universitas Negeri Surabaya
    Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
    PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9PLO10PLO11PLO12PLO13PLO14
    Men‘s Clothing 2 40% 40% 20% 100 %
    Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Apparel Design Education
    Universitas Negeri Surabaya

    1. Pancasila dan UUD 1945

    2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;

    3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157,

    Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);

    4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158,

    Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);

    5. Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;

    6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;

    7. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;

    8. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);

    9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;

    10. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;

    11. Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan;

    12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;

    13. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;

    14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;

    15. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;

    16. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;

    17. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;

    18. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;

    19. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;

    20. Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA.