Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana Unesa
Study Program | : | Apparel Design Education |
Establishment Date | : | 1 Agustus 2011 |
Study Program Coordinator | : | Imami Arum Tri Rahayu, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi program studi yang kuat, adaptif, dan inovatif pada tahun 2027 dalam menghasilkan tenaga pendidik dan atau profesional (Fashion-preneur/wirausaha) di bidang tata busana yang kompeten, kreatif, bermoral tinggi dan berwawasan kewirausahaan
Misi
- Menyiapkan tenaga akademik dan atau profesional yang bermutu, bertanggung jawab dan mandiri di bidang pendidikan Tata Busana guna menghadapi berbagai tantangan di masa depan.
- Menciptakan budaya akademik yang kondusif bagi pemberdayaan semua potensi secara optimal dan berkesinambungan.
- Melakukan penelitian dasar dan terapan secara profesional pada taraf nasional, regional dan internasional dalam bidang Pendidikan Tata Busana .
- Mengembangkan berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan, teknologi dan seni yang berdaya guna dan berhasil guna dalam upaya memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
- Melaksanakan kegiatan kewirausahaan dan bekerjasama dengan berbagai lembaga/dunia usaha dalam menerapkan prinsip-prinsip enterpreneurship untuk membangun masa depan yang lebih baik.
Tujuan
- Memiliki academic carrier, dengan kompetensi pedagogik pada pendidikan tata busana secara formal dan non formal sepanjang hayat.
- Memiliki kompetensi professional dalam bidang keahlian tata busana meliputi fashion designer, pattern-maker, dress-maker, dan kriya fashion berwawasan kewirausahaan.
- Memiliki kompetensi kepribadian dan sosial dengan mengedepankan moral dan kode etik yang berlaku.
Capaian Lulusan Program Studi Apparel Design Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-5 | Memiliki sikap professional sebagai pendidik dan praktisi dalam bidang tata busana yang meliputi disiplin, jujur, bertanggung jawab dan bekerjasama.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-6 | Terampil bekerjasama dan berkomunikasi efektif dalam bidang tata busana
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-7 | Terampil merancang perangkat ajar dan menerapkan dalam pembelajaran bidang tata busana
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-8 | Terampil dalam menerapkan konsep keilmuan tata busana dalam pengembangan inovasi dan kreativitas budaya daerah
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-9 | Terampil dalam kompetensi keahlian di bidang tata busana meliputi: fashion designer, pattern maker dan dressmaker, dan kriya fashion berwawasan kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-10 | Terampil merancang, melaksanakan penelitian, menganalisis dan mengimplentasikan hasil penelitian di bidang pendidikan tata busana dan kompetensi keahlian tata busana
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-11 | Memiliki pemahaman konsep bidang pedagogik dan professional yang menunjang bidang pendidikan tata busana
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-12 | Mampu menerapkan konsep bidang pedagogic dalam pembelajaran di sekolah menengah kejuruan yang meliputi perencanaan pembelajaran, pengembangan perangkat, evaluasi, dan media pembelajaran berbasis IPTEK
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-13 | Mampu menerapkan konsep bidang profesional tata busana untuk pemecahan masalah terkait pembelajaran tata busana dan produksi busana
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-14 | Mererapkan konsep enterpreneurship bidang tata busana
Dibebankan pada matakuliah: |
Occupational Profiles Program Studi Apparel Design Education
Universitas Negeri Surabaya
Struktur Kurikulum Apparel Design Education
Universitas Negeri Surabaya
KURIKULUM MBKM 2021
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8321202042
Drawing Models
2.00
1000002003
Indonesian
2.00
8321202105
Basics Of Clothing
2.00
8321202024
Basic
2.00
8321200155
Basics Of Education
2.00
8321202107
Basic Design Sewing Techniques
2.00
8321202106
Construction Basic Patterns
2.00
1000002047
Physical Education And Fitness
2.00
1000002018
Pancasila Education
2.00
8321202093
History Of Development Of Fashion Fashion
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002046
Literasi Digital
2.00
8321202047
Textile Science
2.00
8321203145
Pattern Analysis
3.00
8321202027
Fashion Design
2.00
8321202051
Applied Computers
2.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Protestan
2.00
✔
1000002033
Citizenship
2.00
8321203099
Technology Sewing
3.00
8321202146
Teori Belajar
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8321202166
Accessories
2.00
8321202128
Draping
2.00
8321202045
Family Welfare Science
2.00
8321203156
Women‘s Clothing
3.00
8321202019
Cad
2.00
8321202157
Evaluation Learning Learning
2.00
8321202061
Management
2.00
8321202158
Pengembangan Bahan Ajar
2.00
8321202121
Statistics
2.00
8321202153
School Curriculum
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8321202168
Custom Made Clothing
2.00
8321202116
Men‘s Clothing
2.00
8321202031
Textile Design
2.00
8321202076
Fashion Marketing
2.00
8321202082
Management Lab Management Field Of Study
2.00
8321203125
Fashion Business Management Clothing
3.00
8321203085
Perencanaan Pembelajaran
3.00
8321203072
Research Methodology
3.00
8321202163
Surface Design
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8321202011
Children‘s Clothing
2.00
8321202170
Fashion Portfolio
2.00
8321202169
Muslim Clothing
2.00
8321202164
Bridal Clothing East Java
2.00
8321202167
Eco Fashion
2.00
8321202160
Teaching Skills And Microlearning
2.00
1000002176
Entrepreneurship
2.00
8321202165
Monumental Textiles
2.00
8321202137
Writing Scientific Works
2.00
Semester ke 6
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002055
Plp Asesmen Pembelajaran
2.00
1000002049
Plp Manajemen Sekolah
2.00
1000003053
Plp Pengembangan Bahan Ajar
3.00
1000002054
Plp Pengembangan Media Pembelajaran
2.00
1000002050
Plp Pengembangan Program Sekolah
2.00
1000002051
Plp Analisis Kurikulum
2.00
1000003052
Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran
3.00
1000004056
Plp Praktik Mengajar
4.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8321204021
Cipta Karya Clothing
4.00
8321206094
Thesis
6.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8321202042 | Drawing Models | 2.00 | |
1000002003 | Indonesian | 2.00 | |
8321202105 | Basics Of Clothing | 2.00 | |
8321202024 | Basic | 2.00 | |
8321200155 | Basics Of Education | 2.00 | |
8321202107 | Basic Design Sewing Techniques | 2.00 | |
8321202106 | Construction Basic Patterns | 2.00 | |
1000002047 | Physical Education And Fitness | 2.00 | |
1000002018 | Pancasila Education | 2.00 | |
8321202093 | History Of Development Of Fashion Fashion | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 | |
8321202047 | Textile Science | 2.00 | |
8321203145 | Pattern Analysis | 3.00 | |
8321202027 | Fashion Design | 2.00 | |
8321202051 | Applied Computers | 2.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
1000002033 | Citizenship | 2.00 | |
8321203099 | Technology Sewing | 3.00 | |
8321202146 | Teori Belajar | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8321202166 | Accessories | 2.00 | |
8321202128 | Draping | 2.00 | |
8321202045 | Family Welfare Science | 2.00 | |
8321203156 | Women‘s Clothing | 3.00 | |
8321202019 | Cad | 2.00 | |
8321202157 | Evaluation Learning Learning | 2.00 | |
8321202061 | Management | 2.00 | |
8321202158 | Pengembangan Bahan Ajar | 2.00 | |
8321202121 | Statistics | 2.00 | |
8321202153 | School Curriculum | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8321202168 | Custom Made Clothing | 2.00 | |
8321202116 | Men‘s Clothing | 2.00 | |
8321202031 | Textile Design | 2.00 | |
8321202076 | Fashion Marketing | 2.00 | |
8321202082 | Management Lab Management Field Of Study | 2.00 | |
8321203125 | Fashion Business Management Clothing | 3.00 | |
8321203085 | Perencanaan Pembelajaran | 3.00 | |
8321203072 | Research Methodology | 3.00 | |
8321202163 | Surface Design | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8321202011 | Children‘s Clothing | 2.00 | |
8321202170 | Fashion Portfolio | 2.00 | |
8321202169 | Muslim Clothing | 2.00 | |
8321202164 | Bridal Clothing East Java | 2.00 | |
8321202167 | Eco Fashion | 2.00 | |
8321202160 | Teaching Skills And Microlearning | 2.00 | |
1000002176 | Entrepreneurship | 2.00 | |
8321202165 | Monumental Textiles | 2.00 | |
8321202137 | Writing Scientific Works | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002055 | Plp Asesmen Pembelajaran | 2.00 | |
1000002049 | Plp Manajemen Sekolah | 2.00 | |
1000003053 | Plp Pengembangan Bahan Ajar | 3.00 | |
1000002054 | Plp Pengembangan Media Pembelajaran | 2.00 | |
1000002050 | Plp Pengembangan Program Sekolah | 2.00 | |
1000002051 | Plp Analisis Kurikulum | 2.00 | |
1000003052 | Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran | 3.00 | |
1000004056 | Plp Praktik Mengajar | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8321204021 | Cipta Karya Clothing | 4.00 | |
8321206094 | Thesis | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Apparel Design Education
Universitas Negeri Surabaya
Berdasarkan hasil evaluasi kurikulum tahun akademik 2022/2023 diperoleh hasil bahwa rata-rata ketercapaian Program Learning Outcomes (PLO) Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana sebesar 100% (diatas ambang batas minimal 80%) dengan rincian rata-rata ketercapaian sebagai berikut: PLO 1 sebesar 93,31%, PLO 2 sebesar 90,76%, PLO 3 sebesar 92,43%, PLO 4 sebesar 94,47%, PLO 5 sebesar 94,98%, PLO 6 sebesar 92,01%, PLO 7 sebesar 92,09%, PLO 8 sebesar 90,73%, PLO 9 sebesar 94,08%, dan PLO 10 sebesar 94,12%. Hasil tracer study pada alumni lulusan 2022 bahwa kompetensi yang dibutuhkan berkaitan dengan soft skill dan hard skill dan yang Perlu penguatan kompetensi alumni agar sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja adalah soft skill, Hasil ketercapaian IKU 1 adalah 67 dari 82 lulusan atau 81,71%. Lulusan yang mendukung ketercapaian IKU 1 Program Studi yang terdiri dari: 42 lulusan berwirausaha, 67 lulusan yang bekerja sebagai guru dan 15 lulusan bekerja diluar profesi guru dan wirausaha.
Rekap PLO Program Studi Apparel Design Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | |||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | PLO12 | PLO13 | PLO14 | |||
Men‘s Clothing | 2 | 40% | 40% | 20% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Apparel Design Education
Universitas Negeri Surabaya
1. Pancasila dan UUD 1945
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157,
Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158,
Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
5. Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;
7. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
8. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
10. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;
11. Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan;
12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;
13. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;
14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;
15. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
16. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
17. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;
18. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
19. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
20. Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA.
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved