•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana Unesa

 
Study Program  :  Apparel Design Education
Establishment Date  :  1 Agustus 2011
Study Program Coordinator  :  Imami Arum Tri Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi program studi yang kuat, adaptif, dan inovatif pada tahun 2027 dalam menghasilkan tenaga pendidik dan atau profesional (Fashion-preneur/wirausaha) di bidang tata busana yang kompeten, kreatif, bermoral tinggi dan berwawasan kewirausahaan


Misi
  1. Menyiapkan tenaga akademik dan atau profesional yang bermutu, bertanggung jawab dan mandiri di  bidang pendidikan Tata Busana guna menghadapi berbagai tantangan di masa depan.
  2. Menciptakan budaya akademik yang kondusif bagi pemberdayaan semua potensi secara optimal dan berkesinambungan. 
  3. Melakukan penelitian dasar dan terapan secara profesional pada taraf nasional, regional dan internasional dalam bidang Pendidikan Tata Busana .
  4. Mengembangkan berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan, teknologi dan seni yang berdaya guna dan berhasil guna dalam upaya memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  5. Melaksanakan kegiatan kewirausahaan dan bekerjasama dengan berbagai lembaga/dunia usaha dalam menerapkan prinsip-prinsip enterpreneurship untuk membangun masa depan yang lebih baik.

Tujuan
  1. Memiliki academic carrier, dengan kompetensi pedagogik pada pendidikan tata busana secara formal dan non formal  sepanjang hayat.
  2. Memiliki kompetensi professional dalam bidang keahlian tata busana meliputi  fashion designer, pattern-maker, dress-maker, dan kriya fashion berwawasan kewirausahaan.
  3. Memiliki kompetensi kepribadian dan sosial dengan mengedepankan moral dan kode etik yang berlaku.

Capaian Lulusan Program Studi Apparel Design Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-5 Memiliki sikap professional sebagai pendidik dan praktisi dalam bidang tata busana yang meliputi disiplin, jujur, bertanggung jawab dan bekerjasama.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-6 Terampil bekerjasama dan berkomunikasi efektif dalam bidang tata busana
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-7 Terampil merancang perangkat ajar dan menerapkan dalam pembelajaran bidang tata busana
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-8 Terampil dalam menerapkan konsep keilmuan tata busana dalam pengembangan inovasi dan kreativitas budaya daerah
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-9 Terampil dalam kompetensi keahlian di bidang tata busana meliputi: fashion designer, pattern maker dan dressmaker, dan kriya fashion berwawasan kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-10 Terampil merancang, melaksanakan penelitian, menganalisis dan mengimplentasikan hasil penelitian di bidang pendidikan tata busana dan kompetensi keahlian tata busana
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-11 Memiliki pemahaman konsep bidang pedagogik dan professional yang menunjang bidang pendidikan tata busana
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-12 Mampu menerapkan konsep bidang pedagogic dalam pembelajaran di sekolah menengah kejuruan yang meliputi perencanaan pembelajaran, pengembangan perangkat, evaluasi, dan media pembelajaran berbasis IPTEK
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-13 Mampu menerapkan konsep bidang profesional tata busana untuk pemecahan masalah terkait pembelajaran tata busana dan produksi busana
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-14 Mererapkan konsep enterpreneurship bidang tata busana
Dibebankan pada matakuliah:

Occupational Profiles Program Studi Apparel Design Education
Universitas Negeri Surabaya

    Struktur Kurikulum Apparel Design Education
    Universitas Negeri Surabaya

    KURIKULUM MBKM 2022

    Semester ke 1

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8321202093 History Of Development Of Fashion Fashion 2.00
    8321202024 Basic 2.00
    8321202107 Basic Design Sewing Techniques 2.00
    1000002048 Dasar Dasar Kependidikan 2.00
    8321202105 Basics Of Clothing 2.00
    8321202106 Construction Basic Patterns 2.00
    8321202042 Drawing Models 2.00

    Semester ke 2

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
        -  Agama Islam
        -  Agama Katholik
        -  Agama Protestan
    2.00
    8321202146 Teori Belajar 2.00
    1000002046 Literasi Digital 2.00
    8321203145 Pattern Analysis 3.00
    8321203099 Technology Sewing 3.00
    1000002033 Citizenship 2.00
    8321202051 Applied Computers 2.00
    8321202172 Pendidikan Agama Kristen 2.00
    8321202027 Fashion Design 2.00
    8321202047 Textile Science 2.00

    Semester ke 3

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8321202019 Cad 2.00
    8321202128 Draping 2.00
    8321202158 Pengembangan Bahan Ajar 2.00
    8321203156 Women‘s Clothing 3.00
    8321202153 School Curriculum 2.00
    8321202166 Accessories 2.00
    8321202061 Management 2.00
    8321202157 Evaluation Learning Learning 2.00
    8321202121 Statistics 2.00
    8321202045 Family Welfare Science 2.00

    Semester ke 4

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8321203072 Research Methodology 3.00
    8321202116 Men‘s Clothing 2.00
    8321203085 Perencanaan Pembelajaran 3.00
    8321203125 Fashion Business Management Clothing 3.00
    8321202031 Textile Design 2.00
    8321202163 Surface Design 2.00
    8321202076 Fashion Marketing 2.00
    8321202082 Management Lab Management Field Of Study 2.00
    8321202168 Custom Made Clothing 2.00

    Semester ke 5

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8321202164 Bridal Clothing East Java 2.00
    8321202169 Muslim Clothing 2.00
    8321202011 Children‘s Clothing 2.00
    8321202170 Fashion Portfolio 2.00
    8321202137 Writing Scientific Works 2.00
    8321202165 Monumental Textiles 2.00
    8321202167 Eco Fashion 2.00
    1000002176 Entrepreneurship 2.00
    8321202160 Teaching Skills And Microlearning 2.00

    Semester ke 6

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    1000002062 Penilaian Program 2.00
    1000002059 Manajemen Operasional 2.00
    1000004061 Pelaksanaan Program 4.00
    1000003060 Desain Program 3.00
    1000002104 Seminar Proposal Final Project 2.00
    1000003058 Keselamatan Dan Kesehatan Kerja 3.00
    1000002057 Perencanaan 2.00
    1000002063 Pendesiminasian Program 2.00
    1000002064 Pelaporan Program 2.00

    Semester ke 7

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    1000002051 Plp Analisis Kurikulum 2.00
    1000003053 Plp Pengembangan Bahan Ajar 3.00
    1000002050 Plp Pengembangan Program Sekolah 2.00
    1000002054 Plp Pengembangan Media Pembelajaran 2.00
    1000002055 Plp Asesmen Pembelajaran 2.00
    1000002049 Plp Manajemen Sekolah 2.00
    1000003052 Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran 3.00
    1000004056 Plp Praktik Mengajar 4.00

    Semester ke 8

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8321204021 Cipta Karya Clothing 4.00
    1000004105 Thesis 4.00
    Evaluasi Kurikulum Program Studi Apparel Design Education
    Universitas Negeri Surabaya

    Berdasarkan hasil evaluasi kurikulum tahun akademik 2022/2023 diperoleh hasil bahwa rata-rata ketercapaian Program Learning Outcomes (PLO) Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana sebesar 100% (diatas ambang batas minimal 80%) dengan rincian rata-rata ketercapaian sebagai berikut: PLO 1 sebesar 93,31%, PLO 2 sebesar 90,76%, PLO 3 sebesar 92,43%, PLO 4 sebesar 94,47%, PLO 5 sebesar 94,98%, PLO 6 sebesar 92,01%, PLO 7 sebesar 92,09%, PLO 8 sebesar 90,73%, PLO 9 sebesar 94,08%, dan PLO 10 sebesar 94,12%. Hasil tracer study pada alumni lulusan 2022 bahwa kompetensi yang dibutuhkan berkaitan dengan soft skill dan hard skill dan yang Perlu penguatan kompetensi alumni agar sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja adalah soft skill, Hasil ketercapaian IKU 1 adalah 67 dari 82  lulusan atau 81,71%. Lulusan yang mendukung ketercapaian IKU 1 Program Studi yang terdiri dari: 42 lulusan berwirausaha, 67 lulusan yang bekerja sebagai guru dan 15 lulusan bekerja diluar profesi guru dan wirausaha.

    Rekap PLO Program Studi Apparel Design Education
    Universitas Negeri Surabaya
    Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
    PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9PLO10PLO11PLO12PLO13PLO14
    Men‘s Clothing 2 40% 40% 20% 100 %
    Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Apparel Design Education
    Universitas Negeri Surabaya

    1. Pancasila dan UUD 1945

    2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;

    3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157,

    Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);

    4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158,

    Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);

    5. Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;

    6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;

    7. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;

    8. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);

    9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;

    10. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;

    11. Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan;

    12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;

    13. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;

    14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;

    15. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;

    16. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;

    17. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;

    18. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;

    19. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;

    20. Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA.