•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual Unesa

 
Study Program  : 
Establishment Date  :  14 Oktober 2014
Study Program Coordinator  :  Marsudi, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi Program Studi Penyelenggara Pendidikan Desain Komunikasi Visual Dalam Pengembangan Karya Desain Berbasis Kearifan Lokal dan Berwawasan Global Sesuai Dengan Perkembangan Teknologi
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan berkarakter yang akuntabel, efisien, efektif, transparan, dan mandiri.
  2. Mengembangkan penelitian bidang desain komunikasi visual berbasis kearifan lokal sesuaidengan perkembangan teknologi, untuk memberikan alternatif pemecahan masalah yang ada di masyarakat.
  3. Mengeksplorasi ide kreatif untuk menghasilkan karya desain komunikasi visual yang didasarkan pada kearifan lokal dengan memanfaatkan teknologi.
  4. Menjalin hubungan kerjasama denganberbagai lembaga dan stakeholders

Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan yang dapat berkarir sebagai desainer, akademisi, dan entrepreneur di bidang desain komunikasi visual yang menguasai metode desain komunikasi visual dan mengaplikasikannnya untuk problem solving pekerjaannya.
  2. Menghasilkan lulusanyang mampu menjadipembelajar sepanjang hayat di bidang desain komunikasi visual melalui pendidikan, baik formal maupun informal, serta berkolaborasi dengan membangun jejaring.

Capaian Lulusan Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-5 Menguasai fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan metodologi bidang inti Desain Komunikasi Visual.

PLO-6 Menguasai teori dan metodologi perancangan Desain Komunikasi Visual dengan berbagai pendekatan fungsional dan pemecahan masalah.

PLO-7 Mampu merencanakan proses perancangan Desain Komunikasi Visual dari tahap konsep, metode, hingga penyelesaian akhir dengan menggunakan pendekatan keilmuan Desain Komunikasi Visual berbasis perangkat lunak terkini

PLO-8 Mampu merencanakan proses pengkajian karya Desain Komunikasi Visual dari tahap konsep, metode, hingga penyelesaian akhir dengan menggunakan pendekatan keilmuan Desain Komunikasi Visual berbasis perkembangan teknologi terkini.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-9 Mampu merancang karya Desain Komunikasi Visual yang berorientasi pada pemecahan masalah dengan pendekatan berbasis kreativitas dan teknologi serta menggunakan perangkat lunak terkini.

PLO-10 Mampu mengkaji karya Desain Komunikasi Visual yang berorientasi pada pendekatan teoretik dan kontekstual dengan mengikuti perkembangan teknologi terkini.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-11 Mampu mengembangkan Desain Komunikasi Visual dengan pendekatan creativepreneurship yang berorientasi pada perkembangan teknologi informasi terkini.

Occupational Profiles Program Studi
Universitas Negeri Surabaya

    Struktur Kurikulum
    Universitas Negeri Surabaya

    KURIKULUM MBKM S1 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 2022

    Semester ke 1

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
        -  Agama Budha
        -  Agama Hindu
        -  Agama Islam
        -  Agama Katholik
        -  Agama Khonghucu
        -  Agama Protestan
    2.00
    1000002177 English 2.00
    9024103060 Archipelago Fine Culture 3.00
    1000002046 Literasi Digital 2.00
    9024104062 Basics Of 4.00
    9024103059 Design History 3.00
    9024104061 Sketches Design 4.00

    Semester ke 2

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    1000002003 Indonesian 2.00
    9024103079 Aesthetics 3.00
    9024103078 Communication Advertising 3.00
    1000002018 Pancasila Education 2.00
    9024102058 Physical Education And Fitness 2.00
    9024104077 Typography 4.00
    9024103052 Videography Design 3.00

    Semester ke 3

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    9024105068 Identity Design Imaging 5.00
    9024104066 Photography 4.00
    9024104064 Illustrations 4.00
    1000002033 Citizenship 2.00
    9024104067 Computer Graphics 4.00
    9024103065 Design Methods 3.00

    Semester ke 4

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    9024105074 Branding 5.00
    1000002176 Entrepreneurship 2.00
    9024103071 Management 3.00
    9024103030 Research Methodology 3.00
    9024102100 Statistik 2.00
    9024104112 Print Technology 4.00
    9024104107 Visual Overview 4.00

    Semester ke 5

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    1000020155 Final Project Seminar 2.00

    Semester ke 6

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    9024104104 Applicative Animation 4.00
    9024104101 Graphics Advertising Design 4.00
    9024104103 Applicative Photography 4.00
    9024104102 Applicative Illustrations 4.00
    1000002062 Penilaian Program 2.00
    1000002057 Perencanaan 2.00
    1000002104 Seminar Proposal Final Project 2.00

    Semester ke 7

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    9024104106 Artpreneur 4.00
    9024104015 Environmental Graphic 4.00
    9024102110 Program Evaluation 2.00
    9024104105 Public Service Advertisements 4.00
    9024104111 Merchandise 4.00
    9024102109 Program Planning 2.00

    Semester ke 8

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    1000004105 Thesis 4.00
    Evaluasi Kurikulum Program Studi
    Universitas Negeri Surabaya

     

     

    Evaluasi Kurikulum

    Sejak dibuka pada tahun 2015, Prodi S1 Desain Komunikasi Visual melakukan 1 kali peninjauan kurikulum, yaitu pada tahun 2019. Pada tahun 2015 Prodi Desain Komunikasi Visual menerapkan Kurikulum KKNI sesuai dengan Peraturan Presiden RI nomor8 tahun 2012 tentang KerangkaKualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), yang selanjutnya disebut Kurikulum KKNI Desain Komunikasi Visual 2015. Kurikulum tersebut diterapkan untuk mahasiswa angkatan 2015 hingga angkatan2019. Selama kurikulumtersebut ditetapkan, tidak ada peninjauan kurikulum yang berdampak pada perubahan subtansi kurikulum maupunstruktur kurikulum, dikarenakan kurikulum tersebut masihsangat relevan denganprofil lulusan yang telah ditetapkan. Namun demikian setiaptahun tim TaskforceProgram Studi melakukanevaluasi terhadap ketercapaian pembelajaran berdasarkan kurikulum KKNI 2019.

    Pada awal 2020, dengan munculnya Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sesuai dengan Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentangStandar Nasional Pendidikan Tinggi,maka Kurikulum DesainKomunikasi Visual perlu dilakukan penyesuaian. Sesuai kebijakan Unesa, mahasiswa angkatan 2019 mulai semester 3 diterapkan kurikulum MBKM transisi sehingga diperlukan adanya penyelarasan-penyelarasan mata kuliah maupun beban sks. Sedangkan mahasiswa angkatan 2020 yang masuk pada bulan Agustus 2020, mengikuti kurikulum MBKM 2020. Penyusunan kurikulum MBKM tersebut dilakukan atas dasar kebijakan pemerintah yang ingin memberikan hak belajar mahasiswa di luar kampus lebih banyak dibandingkan sebeumnya,yaitu belajar 3 semester di luar program studi, baik di prodi lain di dalam Unesa maupun kegiatan belajar di luar kampus.

    Mekanisme pelaksanaan penyusunan kurikulum di Prodi S1 Desain Komunikasi Visual mengacu pada prosedur mutu pengembangan perangkat kurikulum yaitu Prosedur Mutu no PM/01/GPM/FBS-UNESA, dengan prosedur sebagai berikut

    • Ketua jurusan membentuk tim pengembang kurikulum Prodi Desain Komunikasi Visual untuk melakukan peninjauan dan pengembangan kurikulum beranggotakan para dosen di Jurusan Desain
    • Tim pengembang kurikulum melakukan identifikasi awal dengan menelaahbeberapa mata kuliahdan melakukan analisiskebutuhan dan kondisidunia industryberdasarkan kurikulum yang ditetapkan sebelumnya.
    • Tim pengembang kurikulum mengundang pihak-pihak terkait untuk melakukan FGD (forum group discussion) yang melibatkan pihak industri, alumni, praktisi,dan pakar sejawatuntuk mendapatkan masukantentang trend perkembangan ilmu pengetahuan dan trend dunia industri.
    • Selanjutnya tim pengembang kurikulum mereview kurikulum lama dan menyusun draf kurikulum baru dengan mempertimbangkan masukan dari pihak yang telah diundang.
    • Draf kurikulum dibahasoleh tim pengembang kurikulum bersama para dosen dalam rapat Prodi. Pembahasan dan revisi draf kurikulum dilakukanbeberapa kali untuk menjaminkualitas kurikulum.
    • Tim pengembang kurikulum selanjutnya melakukan sanctioning terhadap draf akhir kurikulum. Draf akhir kurikulum kemudian direvisi oleh tim pengembang kurikulum berdasarkan hasil sanctioning. Setelah draf akhir kurikulum disempurnakan dan kurikulum baru tersusun denganbaik, maka tim pengembang kurikulum melakukan finalisasi. 
    • Kurikulum final diserahkan ke Ketua Jurusan/Prodi untuk diberikan persetujuan serta diberikan ke Dekan untuk disahkan dan dianggap layak untuk diimplementasikan.
    • Kurikulum baru diimplementasikan pada semester gasal 2020/2021
    Tahapan I. AnalisisTahapan II. PerancanganTahapan III. PengembanganTahapan IV. PelaksanaanTahapan V. EvaluasiTahapan VI. Tindak Lanjut Perbaikan
    1. Menetapkan Visi, Misi, Landasan kurikulum (filosofis, sosiologis, yuridis) dan Tujuan Pendidikan
    Memilih dan Menata komponen-komponen kurikulum:8. Menjabarkan CPL-PRODI pada tingkat mata kuliah (MK) menjadi CPMK, Sub-CPMK, dan tahapan-tahapan belajar bersifat lebih spesifik, dapat diukur dan diamati;13. Mengidentifikasi kemungkinan masalah yang menghambat implementasi kurikulum;16. Melakukan evaluasi formatif terhadap implementasi kurikulum; 
    2. Analisis kebutuhan: kebutuhan sosial, profesional, industri, standard, dan scientific vision.4. Capaian pembelajaran Lulusan PRODI (CPL Prodi);9. Pembentukan MK dan menetapkan bobot SKS‘nya, serta menyusun matriks kurikulum;14. Melakukan sosialisasi, workshop, dan bimtek pada mahasiswa, dosen, pimpinan, dan tendik;17. Melakukan evaluasi sumatif terhadap implementasi kurikulum; 
    3. Penetapan Profil Lulusan.5. Bahan Kajian (subject matter) berdasarkan disiplin ilmu atau body of knowledge;10. Merancang pembelajaran dan menyusun RPS15. Melaksanakan Kurikulum dan monitoring;  
     6. Pengalaman belajar (learning experience - learning methods);11. Menyusun instrumen penilaian dan evaluasi (formatif dan sumatif);   
     7. Penilaian (assesment);12. Mengembangkan bahan ajar dan perangkat pembelajaran lainnya.   

    Gambar 1 TahapanPenyusunan Kurikulum

    Tracer Study

    Pada tahun 2019 – 2021 LulusanProdi Desain Komunikasi Visual sejumlah 135 orang. Dari total lulusan tersebut berdasarkan hasil tracer study masa tunggu lulusan mendapatkan pekerjaan kurang dari 6 bulan mencapai 100%. Lulusan yang mendapatkan pekerjaan sesuai bidang ilmu terlacak sebanyak 127 orang, sedangkan sisanya, 8 orang kurang sesuaibidang ilmu. Faktorpendorong lulusan mendapatkan pekerjaan kurang dari 6 bulan tersebut dikarenakan banyak lulusan prodi DKV yang sudah mendapatkan pekerjaan saat aktif menjadi mahasiswa. Bahkan di antara mereka telah mendapatkan pekerjaan saat melakukan PraktikKerja Lapangan/Magang. Faktor lain yang menjadi pendorong saat ini bidang DKV sangat dibutuhkan hampir di semua industri sesuai dengan kebutuhan pada era teknologi informasi yang terus berkembang dengan pesat. Berdasarkan hasil tracer tersebut,maka menjadi bahan pertimbangan dalam menetapkan profil lulusan dalam pengembangan kurikulum.

     

    Profil Lulusan & Rumusan CapaianPembelajaran Lulusan (CPL)

    1. Profil Lulusan

    Profil lulusanprogram studi merupakan postur yang diharapkan pada saat mahasiswa lulus atau menyelesaikan seluruh proses pembelajaran dengan kesesuaian jenjang KKNI. Berdasarkan hasil tracer study dan analisis SWOT Program Studi Desain Komunikasi Visual merumuskan profil utama lulusan sebagai Desainer yaitu Lead project designer yang profesional di bidang desain komunikasi visual berdasarkan ruang lingkup okupasinya. Sedangkan profil pendukungmeliputi; 1) Akademisi, yaitu Instruktur dan Pelatih bidangDesain Komunikasi Visual, 2) Entrepreneur, Pengusaha bidang Desain Komunikasi Visual

    Tabel 1. Profil Lulusan S1 Desain Komunikasi Visual

    No

    Profil Lulusan Sarjana

    Desain (S.Ds)

    Deskripsi Profil Lulusan
    1Desainer
    • Mampu menganalisis client brief,menyusun projectbrief, menganalisis masalahberdasarkan kebutuhan
    • Mampu menyusun konsep desain, mengevaluasi hasil karya desain, dan merumuskan strategi planner.
    • Mampu merancang produk desain komunikasi visual sesuai permasalahan dan kebutuhan dengan memanfaatkan teknologi mutakhir.
    2Akademisi
    • Mampu menganalisis kebutuhan sasaran, merencankan program, melaksanakan dan mengelola kegiatan, mengevaluasi dan menyusun tindak lanjut kegiatan.
    • Mampu menjelaskan materipengetahuan dalam lingkup desain komunikasi visualkepada audien
    • Mampu membimbing audien dalam pembuatanperancangan desain komunikasi visual secara teknis
    3Entrepreneur
    • Mampu menganalisis kebutuhan pasar, menyusun Bisnis (Bussines Plan) yang terkait dengan bidang usaha jasa, dibidang desainkomunikasi visual.
    • Mampu mengelola usaha/manajemen usaha, Mampu mengevaluasi permasalahan dan menyusun strategi pemecahan masalah

     

    Perumusan CapaianPembelajaran Lulusan

    Capaian Pembelajaran Lulusan pada Program Studi Desain Komunikasi Visual terdiri dari Capaian Sikap, Ketrampilan Umum, Ketrampilan Khusus dan Pengetahuan. Rumusan Capaian Sikap dan Capaian Ketrampilan Umum mengacu pada Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dam Pendidikan Tinggi Republik IndonesiaNomor 44 Tahun 2015 TentangStandar Nasional Pendidikan Tinggi, dengan melakukan modifikasi/penyederhanaan dari 12 butir CPL menjadi 6 butir CPL

    Rumusan Capaian Keterampilan Khusus dan Pengetahuan disesuaikan dengn kebutuhan ProfilLulusan yang ingindicapai dengan tetapmengacu dan sesuai dengan penjabaran yang ada dalam Keputusan MenteriKetenagakerjaan Republik IndonesiaNomor 301 Tahun 2016 serta memperhatikan kesepakatan Asosiasi.

    Tabel 2. CapaianPembelajaran Lulusan ProgramStudi

    RANAHCAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN PROGRAM STUDI
    Sikap 
    PLO 1Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
    PLO 2Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
    Keterampilan Umum 
    PLO 3Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
    PLO 4Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
    Pengetahuan 
    PLO 5Menguasai fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan metodologi bidang inti Desain Komunikasi Visual. 
    PLO 6Menguasai teori dan metodologi perancangan Desain Komunikasi Visual dengan berbagai pendekatan fungsional dan pemecahan masalah. 
    Keterampilan Khusus 
    PLO 7Mampu merencanakan proses perancangan Desain Komunikasi Visual dari tahap konsep, metode, hingga penyelesaian akhir dengan menggunakan pendekatan keilmuan Desain Komunikasi Visual berbasis perangkat lunak terkini
    PLO 8Mampu merencanakan proses pengkajian karya Desain Komunikasi Visual dari tahap konsep, metode, hingga penyelesaian akhir dengan menggunakan pendekatan keilmuan Desain Komunikasi Visual berbasis perkembangan teknologi terkini.
    PLO 9Mampu merancang karya Desain Komunikasi Visual yang berorientasi pada pemecahan masalah dengan pendekatan berbasis kreativitas dan teknologi serta menggunakan perangkat lunak terkini.
    PLO 10Mampu mengkaji karya Desain Komunikasi Visual yang berorientasi pada pendekatan teoretik dan kontekstual dengan mengikuti perkembangan teknologi terkini
    PLO 11Mampu mengembangkan Desain Komunikasi Visual dengan pendekatan creativepreneurship yang berorientasi pada perkembangan teknologi informasi terkini.

     

    Matrik hubungan CPL dengan Profil Lulusan

    Tabel 3. Matrikhubungan CPL denganProfil Lulusan

     PL 1PL 2PL 3
    CPL/PLODesainerAkademisiEntrepreneur

    CPL-1 (S-1)

    Memiliki sikap religius, menjunjung nilai kemanusiaan

     PL 1PL 2PL 3
    CPL/PLODesainerAkademisiEntrepreneur

    berdasarkan agama,moral, dan

    etika.

       

    CPL -2 (S-2)

    Berkontribusi dan memiliki rasa tanggung jawab dalam upaya peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara berdasarkan Pancasila

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    CPL -3 (S-3)

    Bekerjasama dan memiliki kepekaan social, serta menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil yang lain

     

     

     

     

     

     

    CPL -4 (S-4)

    Taat hukum, dan memiliki sikap disiplin, mandiri, kejuangan, dan kewirausahaanserta menginternalisasinilai, norma, danetika akademik

     

     

     

     

     

     

    CPL -5 (S-5)

    Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

     

     

     

    CPL -6 (S-6)

    Mewujudkan karakter “Iman, Cerdas, Mandiri, Jujur, Peduli dan Tangguh”

     

     

     

    CPL -7 (KU-1)

    Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudahbaku

     

     

     

     

     

     

    CPL -8 (KU-2)

    Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovasi, serta mewujudkan bekerja bermutu dan terukur.

     

     

     

    CPL -9 (KU-3)

    Mampu menyelesaikan dan memecahkan masalah

     PL 1PL 2PL 3
    CPL/PLODesainerAkademisiEntrepreneur

    pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku, di dasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas

    hasilnya secara mandiri.

       

    CPL -10(KU-4)

    Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengkomunikasikannya secra efektif kepada pihaklain yang membutuhkan

     

     

     

     

     

     

    CPL -11(KU-5)

    Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan sertamencegah plagiasi

     

     

     

     

     

     

    CPL -12 (P-1)

    Menguasai fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan metodologi bidang inti Desain Komunikasi Visual.

     

     

     

    CPL -13 (P-2)

    Menguasai teori perancangan Desain Komunikasi Visual dengan berbagai pendekatan fungsional dan pemecahan masalah.

     

     

     

     

     

     

    CPL -14 (P-3)

    Menguasai metodologi perancangan Desain Komunikasi Visual.

     

     

     

    CPL -15(KK-1)

    Mampu merencanakan prosesperancangan Desain Komunikasi Visual dari tahap konsep, metode, hingga penyelesaian akhir.

     

     

     

     

     

     

    CPL -16(KK-2)

    Mampu merencanakan proses pengkajian karya Desain Komunikasi Visual dari tahap konsep, metode, hingga penyelesaian akhir.

     

     

     

     

     

     

    CPL -17(KK-3)
     PL 1PL 2PL 3
    CPL/PLODesainerAkademisiEntrepreneur

    Mampu merancang karya Desain Komunikasi Visual dengan pendekatan kreativitas yang berorientasi

    pada fungsi danpemecahan.

       

    CPL -18(KK-4)

    Mampu mengkaji karyaDesain Komunikasi Visual dengan pendekatan teoretik dan kontekstual dalam konteks kekinian.

     

     

     

     

     

     

    CPL -19(KK-5)

    Mampu mengembangkan Desain Komunikasi Visual dengan pendekatan creativepreneurship.

     

     

     

    Matriks hubungan CPL Prodi dengan Tujuan Pendidikan Program Studi Tabel 4. Keterkaitan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL/PLO) dengan Tujuan Pendidikan Program Studi (PEO)

     PEO 1PEO 2PEO 2

     

     

     

     

    CPL/PLO

    Menghasilkan lulusan yang dapat berkarir sebagai desainer, akademisi, dan entrepreneur di bidang desain komunikasi visual yang menguasai metode desain komunikasi visual dan mengaplikasikannnya untuk problem solving pekerjaannyaMenghasilkan lulusan yang mampu menjadi pembelajar sepanjang hayat di bidang desain komunikasi  visual melalui pendidikan, baik formal maupun informal, serta berkolaborasi denganmembangun jejaringMenghasilkan lulusan yang memahami etika profesi,bertanggungjawab, berkontribusi secara positif, befikir  kritis, kreatif dan menunjukkan kepeloporan dan kepemimpinan, terutama dalam mengembangkan karya desain berbasis nilai kearifan lokal sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

    CPL-1 (S-1)

    Memiliki sikap religius, menjunjung nilai kemanusiaan berdasarkan agama,moral, dan etika.

     

     

     

    CPL -2 (S-2)

    Berkontribusi dan memiliki rasa tanggung jawab dalam upaya peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa,

     

     

     

     PEO 1PEO 2PEO 2

     

     

     

     

    CPL/PLO

    Menghasilkan lulusan yang dapat berkarir sebagai desainer, akademisi, dan entrepreneur di bidang desain komunikasi visual yang menguasai metode desain komunikasi visual dan mengaplikasikannnya untuk problem solving pekerjaannyaMenghasilkan lulusan yang mampu menjadi pembelajar sepanjang hayat di bidang desain komunikasi  visual melalui pendidikan, baik formal maupun informal, serta berkolaborasi denganmembangun jejaringMenghasilkan lulusan yang memahami etika profesi, bertanggungjawab, berkontribusi secara positif, befikir kritis, kreatif dan menunjukkan kepeloporan dan kepemimpinan, terutama dalam mengembangkan karya desain berbasis nilai kearifan lokal sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
    bernegara berdasarkan Pancasila   

    CPL -3 (S-3)

    Bekerjasama dan memiliki kepekaan social, serta menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil yang lain

     

     

     

     

     

     

    CPL -4 (S-4)

    Taat hukum, dan memiliki sikap disiplin, mandiri, kejuangan, dan kewirausahaanserta menginternalisasinilai, norma, danetika akademik

     

     

     

     

     

     

    CPL -5 (S-5)

    Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

     

     

     

    CPL -6 (S-6)

    Mewujudkan karakter “Iman, Cerdas, Mandiri, Jujur, Peduli dan Tangguh”

     

     

     

    CPL -7 (KU-1)

    Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yangsudah baku

     

     

     

     

     

     

    CPL -8 (KU-2)

    Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovasi,

     PEO 1PEO 2PEO 2

     

     

     

     

    CPL/PLO

    Menghasilkan lulusan yang dapat berkarir sebagai desainer, akademisi, dan entrepreneur di bidang desain komunikasi visual yang menguasai metode desain komunikasi visual dan mengaplikasikannnya untuk problem solving pekerjaannyaMenghasilkan lulusan yang mampu menjadi pembelajar sepanjang hayat di bidang desain komunikasi  visual melalui pendidikan, baik formal maupun informal, serta berkolaborasi denganmembangun jejaringMenghasilkan lulusan yang memahami etika profesi, bertanggungjawab, berkontribusi secara positif, befikir kritis, kreatif dan menunjukkan kepeloporan dan kepemimpinan, terutama dalam mengembangkan karya desain berbasis nilai kearifan lokal sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
    serta mewujudkan bekerjabermutu dan terukur.   

    CPL -9 (KU-3)

    Mampu menyelesaikan dan memecahkan masalah pekerjaan berlingkup luas danmenganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku, di dasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri.

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    CPL -10(KU-4)

    Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengkomunikasikannya secra efektif kepada pihaklain yang membutuhkan

     

     

     

     

     

     

    CPL -11(KU-5)

    Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan sertamencegah plagiasi

     

     

     

     

     

     

    CPL -12 (P-1)

    Menguasai fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan metodologi bidang inti Desain Komunikasi Visual.

     

     

     

    CPL -13 (P-2)

    Menguasai teori perancangan Desain Komunikasi Visual dengan berbagai pendekatan fungsional dan pemecahan masalah.

     

     

     

     

     

     

    CPL -14 (P-3)
     PEO 1PEO 2PEO 2

     

     

     

     

    CPL/PLO

    Menghasilkan lulusan yang dapat berkarir sebagai desainer, akademisi, dan entrepreneur di bidang desain komunikasi visual yang menguasai metode desain komunikasi visual dan mengaplikasikannnya untuk problem solving pekerjaannyaMenghasilkan lulusan yang mampu menjadi pembelajar sepanjang hayat di bidang desain komunikasi  visual melalui pendidikan, baik formal maupun informal, serta berkolaborasi denganmembangun jejaringMenghasilkan lulusan yang memahami etika profesi, bertanggungjawab, berkontribusi secara positif, befikir kritis, kreatif dan menunjukkan kepeloporan dan kepemimpinan, terutama dalam mengembangkan karya desain berbasis nilai kearifan lokal sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
    Menguasai metodologi perancangan Desain Komunikasi Visual.   

    CPL -15(KK-1)

    Mampu merencanakan prosesperancangan Desain Komunikasi Visual dari tahap konsep, metode, hingga penyelesaian akhir.

     

     

     

     

     

     

    CPL -16(KK-2)

    Mampu merencanakan prosespengkajian karya Desain Komunikasi Visual dari tahap konsep, metode, hingga penyelesaian akhir.

     

     

     

     

     

     

    CPL -17(KK-3)

    Mampu merancang karya Desain Komunikasi Visual dengan pendekatan kreativitas yang berorientasi pada fungsidan pemecahan.

     

     

     

     

     

     

    CPL -18(KK-4)

    Mampu mengkaji karyaDesain Komunikasi Visual dengan pendekatan teoretik dan kontekstual dalam konteks kekinian.

     

     

     

     

     

     

    CPL -19(KK-5)

    Mampu mengembangkan Desain Komunikasi Visual dengan pendekatan creativepreneurship.

     

     

     

     

     

     

    Rekap PLO Program Studi
    Universitas Negeri Surabaya
    Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
    PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9PLO10PLO11
    Design Overview 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Entrepreneurship 2 57.14% 14.29% 28.57% 100 %
    Design History 3 12.5% 25% 25% 37.5% 100 %
    Research methodology 4 28.57% 14.29% 57.14% 100 %
    Visual Communication Design III 4 16.67% 50% 33.33% 100 %
    Computer Graphics 4 50% 50% 100 %
    Identity Design Imaging 5 12.5% 25% 12.5% 25% 25% 100 %
    Archipelago Fine Culture 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Digital 3 50% 25% 25% 100 %
    Aesthetics 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Communication Advertising 3 42.86% 28.57% 14.29% 14.29% 100 %
    Tipografi Dasar 3 25% 37.5% 25% 12.5% 100 %
    Visual Communication Design I 4 37.5% 37.5% 25% 100 %
    Branding Insights 2 66.67% 33.33% 100 %
    Print Technology 3 50% 50% 100 %
    Videography Design 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Management 2 50% 50% 100 %
    Visual Communication Design Ii 4 25% 50% 25% 100 %
    Research methodology 3 20% 80% 100 %
    Infographics 3 25% 75% 100 %
    Portfolio 2 50% 50% 100 %
    Thesis 6 62.5% 37.5% 100 %
    Packaging Design 3 8.7% 34.78% 8.7% 34.78% 13.04% 100 %
    Book and Comic Illustrations 3 35.71% 35.71% 28.57% 99.99 %
    Integrated Marketing Communication 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Tipografi Aplikatif 3 25% 37.5% 25% 12.5% 100 %
    Design Brand Identity 4 33.33% 66.67% 100 %
    Promotion Digital 4 12.5% 25% 12.5% 25% 25% 100 %
    Packaging Design 4 50% 50% 100 %
    Infographics 4 25% 75% 100 %
    Motion Graphic 4 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Desktop Publishing 4 50% 50% 100 %
    Illustrations 4 50% 50% 100 %
    Design Methods 3 33.33% 66.67% 100 %
    English 2 42.86% 28.57% 28.57% 100 %
    Sketches Design 4 57.14% 28.57% 14.29% 100 %
    Photography 4 50% 50% 100 %
    Visual Overview 3 60% 40% 100 %
    Branding 5 50% 50% 100 %
    Entrepreneurship 3 40% 40% 20% 100 %
    Statistik 3 50% 50% 100 %
    Typography 4 15.38% 15.38% 23.08% 23.08% 15.38% 7.69% 99.99 %
    Basics of 4 10% 30% 30% 30% 100 %
    Applicative Illustrations 3 42.86% 28.57% 28.57% 100 %
    Media 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    2d Basic Visual 3 60% 40% 100 %
    Artpreneur 3 25% 50% 25% 100 %
    Design and Culture 2 66.67% 33.33% 100 %
    Motion Graphics 3 66.67% 33.33% 100 %
    Introduction to Design Studies 2 12.5% 50% 37.5% 100 %
    Communication Process I 2 25% 50% 25% 100 %
    Applicative Animation 3 50% 50% 100 %
    Computer Graphics 3 40% 40% 20% 100 %
    3d Basic 3 75% 25% 100 %
    Graphics Advertising Design 5 40% 20% 40% 100 %
    Environmental Graphic 4 50% 50% 100 %
    Publication Work 3 40% 60% 100 %
    Environmental Graphic 3 25% 37.5% 25% 12.5% 100 %
    Ethics 2 50% 16.67% 33.33% 100 %
    Advertising Theory 2 28.57% 42.86% 28.57% 100 %
    Exhibition Design 3 25% 50% 25% 100 %
    Management 3 16.67% 33.33% 16.67% 33.33% 100 %
    Philosophy of Science 2 57.14% 42.86% 100 %
    Merchandise 3 40% 60% 100 %
    Aesthetics 2 25% 50% 25% 100 %
    Print Application 3 42.86% 42.86% 14.29% 100 %
    Basics of Teaching Design 3 44.44% 33.33% 22.22% 99.99 %
    Public Service Advertisements 3 40% 60% 100 %
    Teaching Graphic Design 3 12.5% 37.5% 50% 100 %
    Desktop Publishing 3 75% 25% 100 %
    Visual Language 2 25% 50% 25% 100 %
    Drawing 3 37.5% 25% 37.5% 100 %
    Archipelago Fine Culture 2 66.67% 33.33% 100 %
    Videography 3 50% 50% 100 %
    Basic Illustrations 3 40% 60% 100 %
    Design Web 3 22.22% 33.33% 44.44% 99.99 %
    Print Technology 4 50% 50% 100 %
    Applicative Animation 4 60% 40% 100 %
    Visual Overview 4 14.29% 14.29% 28.57% 42.86% 100 %
    Applicative Illustrations 4 25% 37.5% 37.5% 100 %
    Videography Design 4 25% 50% 25% 100 %
    Statistik 2 20% 40% 20% 20% 100 %
    Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi
    Universitas Negeri Surabaya
    1. Landasan Kurikulum
      1. Nilai-nilai Universitas

    Pengembangan kurikulum pada program S1 Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Surabaya merupakan upaya yangdilandasi kebutuhan yaitusebagai acuan dalam penyelenggaraan kegiatanakademik terutama pembelajaran di prodi guna memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat. Pengembangan kurikulum Prodi Desain Komunikasi Visual didasarkan pada penerapan nilai-nilai kearifan lokal sesuai dengan visi yang telah ditetapkan. Hal ini juga selaras dengan nilai karakter Universitas Negeri Surabaya yaitu Growing with Character’ dengan menetapkan karakter, Iman, Cerdas, Jujur, Peduli dan Tangguh ‘idamanjelita’ yang diharapkan dapat diinternalisasikan ke dalam capaian pembelajaran prodi dan pada semua aktivitas civitas akademika.

    1. Landasan Filosofi

    Landasan filosofis pengembangan kurikulum didasarkan pada falsafah perenialisme dimaksudkan untuk mengembangkan intelektualisme yang ditujukan untuk mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai nilai kearifan lokal yang dipalikasikan dalam karya desain sebagai bentuk solusi dari permasalahan yang ditetapkan. Falsafah perenialisme dalampengembangan kurikulum merupakanperpindahan budaya (transfer of culture) antarsetiap generasi. Berikutnya adalah falsafah esensialisme yang dijadikan falsafah pengembangan kurikulum sebagai pemahaman bahwa kecemerlangan ilmu harus menjadikepedulian setiap generasi. Penguasaan ilmu merupakan pokok perkembangan masyarakat. Selanjutnya adalah falsafah progresivisme yang digunakan sebagai falsafah pengembangan kurikulum Desain Komunikasi Visual sebagaijalan untuk menemukan solusi dari setiap permasalahan.

    1. Landasan Sosiologis

    Program Studi Desain Komunikasi Visual dalam menyusun kurikulum sesuai dengan tujuan, kebutuhan, aspirasi, serta tuntutan kehidupan masa depan melalui keilmuan desain komunikasi visual yang terintgrasi dengan berbagai bidang keilmuan yang lain. Beberapalandasan sosiologis dalampengembangan kurikulum Program Studi Desain Komunikasi Visual ini sebagaiberikut:

    1. Kurikulum Desain Komunikasi Visual beradaptasi dengan perubahan sosial budaya masyarakat di era teknologi informasi yang berkembang pesat, berlandaskan pada falsafah hidup, nilai-nilai, ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan demikian, Program Studi Desain Komunikasi Visual dalam menyusunkurikulum dan mengembangkan relevan dengan tuntutan serta kebutuhan masyarakat yang terus berkembang seiring kemajuan teknologi informasi dengan berdasarkan pada nilai kearifan lokal masyarakat.
    2. Kurikulum Desain Komunikasi Visual disusun melalui sistem secara terintegrasi mencakup input, process,output, dan outcome agarmenghasilkan lulusan yang peduli, mandiri, produktif, inovatif, dan adaptif serta memiliki karakterIman, Cerdas, Jujur,Peduli dan Tangguh.
    3. Kurikulum yang dikembangkan sebagai upaya penyiapan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang desainkomunikasi visual sesuaituntutan era Revolusi Industri4.0 dan Revolusi Industri 5.0 mendatang.
    4. Kurikulum Program Studi Desain Komunikasi Visual dirancang berdasar kurikulum MerdekaBelajar Kampus Merdeka(MBKM) dengan mengedepankan hak bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar lebih luas melaluiaktivitas belajar di dalam dan di luar kampus.

     

    1. Landasan Historis

    ProgramStudi Desain Komunikasi Visual dibuka dan menerima mahasiswa pertama kali pada tahun 2015. Pada tahun 2015 kurikulum yang dikembangkan adalah Kurikulum Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).Kulirikulum KKNI ProgramStudi Desain Komunikasi Visual berlaku tahun 2015 hinggatahun 2020. Sejakmenerapkan Kurikulum KKNIpada 2015, ProdiDesain Komunikasi Visual pertama kali melakukan restrukturisasi kurikulum pada 2020. Restrukturisasi kurikulumini dilakukan karena adanya kebijakanpenerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang tertuang dalam Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Penyusunan kurikulum tersebut melibatkan pakar dan praktisi, pengguna lulusan, dan beberapa alumni, untuk memberikan masukan terhadap kurikulum Desain Komunikasi Visual.Kegiatan restrukturisasi kurikulum ini didahului dengan pembentukan tim penyusun kurikulum, melakukan kajian terhadapdokumen kurikulum sebelumnya, melakukan tracer study, melakukan kajian terkait dokumen kebijakan MBKM yang menjadi dasar penyusunan kurikulum Desain Komunikasi Visual, dan menyusun draf kurikulum, meliputi kajian visi misi, penetapan profil lulusan, penetapan capaian pembelajaran, penyusunan bahan kajian, serta pembentukan mata kuliah.

    Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang yang telah disusun memberikan hak dan ruang kepada mahasiswa untuk belajar di luar prodi selama 1 semester, dan belajar di luar kampus selama maksimal 2 semester melalui program-program MBKM yaitu pertukaran mahasiswa, magang kerja, magang riset,kewirausahaan, studi independen bersertifikat, KKN di desa, dan program lainnyayang telah dikembangkan oleh Kemdikbud dan melalui beberapakegiatan sesuai denganregulasi MBKM Unesa.

    1. Landasan Hukum
    2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentangGuru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran NegaraRepublik Indonesia Nomor 4586);
    3. Undang-Undang RepublikIndonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik IndonesiaTahun 2012 Nomor158, Tambahan LembaranNegara Republik IndonesiaNomor 5336);
    4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
    5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang PenerapanKKNI Bidang PerguruanTinggi;
    6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RepublikIndonesia Nomor 3 Tahun 2020, TentangStandar Nasional Pendidikan Tinggi;
    7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RepublikIndonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
    8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RepublikIndonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;
    9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2014, Tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi;
    10. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 Tahun2016 Tentang SistemPenjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
    11. Peraturan Rektor Nomor 3 Tahun 2020 tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal;

    Peraturan Rektor Nomor 3 Tahun 2021 tentangPenerapan Program MerdekaBelajar Serta Pengakuan dan Konversi Mata Kuliah pada Universitas Negeri Surabaya.