•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jerman Unesa

 
Study Program  :  German Language Education
Establishment Date  :  11 Juli 1996
Study Program Coordinator  :  Dwi Imroatu Julaikah, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Unggul dalam Kependidikan Bahasa Jerman


Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, dan bimbingan dalam bidang Bahasa Jerman secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.
  2. Melaksanakan dan meningkatkan penelitian serta mengembangkan bidang keilmuan Pendidikan Bahasa Jerman secara aktif dan berkesinambungan dalam persaingan internasional
  3. Menerapkan hasil penelitian dan mengembangkan bidang keilmuan Pendidikan Bahasa Jerman kepada masyarakat
  4. Mengembangkan kompetensi ( bahasa Jerman ) yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja

Capaian Lulusan Program Studi German Language Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-5 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan berdasarkan agama, moral, dan etika.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-6 Menghargai keanekaragaman budaya, agama, kepercayaan, dan pendapat serta berkontribusi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-7 Menunjukkan sikap bertanggung jawab sesuai etika akademik dan etika profesi.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-8 Mampu merancang pembelajaran bahasa dan sastra Jerman yang tepat untuk pengembangan ilmu bahasa, sastra dan budaya Jerman serta keterampilan berbahasa Jerman sesuai konsep, metode, strategi baru, dan karakteritik peserta didik dengan pendekatan intra dan interdisplin.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-9 Mampu melakukan kajian kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan Jerman. Mampu melakukan kajian kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan Jerman
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-10 Mampu menguasai bahasa Jerman dalam dunia usaha dan industri (Wirtschaftskommunikationsdeutsch) dalam level B1 plus CEFR secara profesional sesuai dgn tanggung jawab keilmuan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-11 ampu menguasai konsep, metode, dan strategi untuk pemecahan masalah sesuai dengan profesi yang diemban melalui intra dan interdisiplin dalam bidang bahasa, sastra, budaya, pendidikan, psikologi, sosiologi, dan bidang ilmu lain yang terkait
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-12 Bekerjasama dan berpikir logis untuk menyelesaikan permasalahan, mengambil keputusan, serta mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-13 Menguasai ilmu kepariwisataan dan kepemanduwisataan dalam bhs Jerman pada level B1 plus CEFR
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-14 Mampu melakukan kegiatan kepariwisataan dan kepemanduwisataan dalam bhs Jerman pada level B1 plus CEFR
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-15 Mampu melakukakan kegiatan dalam dunia usaha dan industri dengan menggunakan bahasa Jerman (Wirtschaftskommunikationsdeutsch)dalam level B1 plus CEFR secara profesional sesuai dengan tanggung jawab keilmuan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-16 Menguasai ilmu penerjemahan dari bhs Jerman ke bahasa Indonesia dalam level B1 plus CEFR secara profesional sesuai dgn tanggung jawab keilmuan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-17 Mampu melakukan penerjemahan dari bhs Jerman ke bahasa Indonesia dalam level B1 plus CEFR secara profesional sesuai dgn tanggung jawab keilmuan
Dibebankan pada matakuliah:

Occupational Profiles Program Studi German Language Education
Universitas Negeri Surabaya

    Struktur Kurikulum German Language Education
    Universitas Negeri Surabaya

    Kurikulum KKNI S1 Pendidikan Bahasa Jerman

    Semester ke 1

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8820704257 Sprechen Fr Anfnger 4.00
    8820704259 Schreiben Fuer Anfaenger 4.00
    8820704055 Hoeren I 4.00
    8820704152 Sprechen I 4.00
    8820702052 Grammatic I 2.00
    8820704175 Uebersetzung Sup23 4.00
    8820702210 School Curriculum 2.00
    8820702053 Grammatic Ii 2.00
    8820704071 Lesen I 4.00
    8820704122 Schreiben I 4.00
    8820706134 Thesis 6.00
    1000002018 Pancasila Education 2.00

    Semester ke 2

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8820704123 Schreiben Ii 4.00
    8820704072 License Programs Ii 4.00
    8820704153 Sprechen Ii 4.00
    1000002020 Pancasila Education 2.00
    8820704056 Ho Eren Ii 4.00

    Semester ke 3

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8820702054 Grundlage Der Touristik 2.00
    8820702068 Kulturkunde 2.00
    1000002039 Psikologi Pendidikan 2.00
    8820702079 Instructional Media 2.00
    8820704032 Deutsch I 4.00
    1000002176 Entrepreneurship 2.00

    Semester ke 4

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8820702124 Schriftlicher Ausdruck 2.00
    1000003006 Dasar Dasar Pendidikan 3.00
    8820703163 Teori Belajar 3.00
    8820703162 School Curriculum Review 3.00
    1000002003 Indonesian 2.00
    8820704033 Deutsch Ii 4.00
    8820703097 Introductory Linguistics 3.00
    8820703091 Innovative Learning 3.00

    Semester ke 5

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8820702066 Correspondence 2.00
    8820702095 Introduction To Communication Sup23 2.00
    8820702179 Philosophy Of Science 2.00
    8820703016 Assessment Process Learning Outcomes 3.00
    8820703101 Introduction To Literature 3.00
    8820704010 Arbeit Am Text 4.00
    8820704174 Uebersetzung Sup13 4.00
    8820704169 Uebersetzung 4.00
    8820704035 Deutsch Iii 4.00

    Semester ke 6

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8820704132 Seminar Learning Language Teaching 4.00
    8820703102 Pengembangan Perangkat Pembelajaran 3.00
    8820703181 Community Service Program 3.00
    8820703187 Kreatives Schreiben 3.00
    8820702154 Statistik 2.00
    8820704036 Deutsch Iv 4.00
    8820704084 Research Methodology Language And Literature 4.00
    8820702185 Micro Teaching 2.00
    1000002177 English 2.00

    Semester ke 7

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8820702007 Discourse Analysis 2.00
    8820703178 Wissenschaftliches Schreiben 3.00
    8820704024 German For The Business World 4.00
    8820702120 Reiseleitung 2.00
    8820702037 Dolmetschen 2.00
    8820702110 Real Work Practices 2.00
    8820704049 Freier Vortrag 4.00
    8820702047 Fachliche Uebersetzung 2.00

    Semester ke 8

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8820702135 Sosiolinguistik 2.00
    8820702115 Pragmatics 2.00
    8820702128 Semantics 2.00
    8820706133 Thesis 6.00
    8820702239 Mikroteaching 2.00
    Evaluasi Kurikulum Program Studi German Language Education
    Universitas Negeri Surabaya

    Evaluasi kurikulum Prodi Pendidikan dilakukan secara periodik untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dari kurikulum. Perubahan dan penyuaian kurikulum dilakukan juga berdasarkan hasil tracer study yang dilakukan oleh prodi Pendidikan secara teratur. 

     

     

    Rekap PLO Program Studi German Language Education
    Universitas Negeri Surabaya
    Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
    PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9PLO10PLO11PLO12PLO13PLO14PLO15PLO16PLO17
    Grundgrammatic 2 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
    Telaah Kurikulum 2 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 100 %
    Pruefungsvorbereitung 2 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 100 %
    Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi German Language Education
    Universitas Negeri Surabaya

    Kurikulum penndidikan Bahasa Jerman Unesa dikembangkan berdasarkan empat landasan, yaitu

    (1) Landasan filosofis, 

    (2) landasan psikologis,

    (3)  sosiologis dan

    (4) landasan ilmu pengetahuan