•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Sustainable Ethnopedagogy in Basic Education

Program Studi S2 Pendidikan Dasar UNESA

 
Card image

Course Description

Mata kuliah ini mampu menggali, menginteprestasikan, menghubungkan praktik sosial budaya berbasis etnopedagogi yang dihubungkan dengan konteks komunitas berkelanjutan. Aktivitas pada mata kuliah ini dirancang untuk menganalisis reflektif kritis pada penerapan praktik nilai sosial budaya di dalam pembelajaran di pendidikan dasar. Mata kuliah ini diharapkan dapat mengantarkan pemahaman terhadap praktik etnopedagogi yang dikombinasikan dengan pemahaman kritis prinsip-prinsip SDG berkelanjutan. Pendekatan pada mata kuliah ini menggunakan studi kasus praktik-praktik etnopedagogi di pendidikan dasar dengan melihat rubrik portofolio showcase.

Program Objectives (PO)

  • CPMK-3 Menggali dan menginteprestasikan praktik sosial budaya berbasis etnopedagogi yang dihubungkan dengan konteks lokalitas komunitas berkelanjutan.
  • CPMK-4 Menunjukkan sikap inklusifitas, sikap terbuka, dan empati dalam keanekaragaman budaya, pandangan, dan kepercayaan berorientasi reflektif komunitas berkelanjutan.
  • CPMK-7 Mengambil keputusan dalam penerapan praktik nilai sosial budaya melalui analisis praksis konteks komunitas berkelanjutan.
  • CPMK-9 Menganalisis praktik sosial budaya melalui konteks komunitas berkelanjutan ke dalam inovasi pendidikan dasar yang dikaitkan lintas bidang ilmu.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Filosofis, teoritis, dan praksis etnopedagogi yang dihubungkan dengan perspektif lingkungan sosial budaya untuk menggali konteks dan refleksi praktik sosial budaya pada komunitas lokal.
  • Pertemuan 2
    Filosofis, teoritis, dan praksis etnopedagogi yang dihubungkan dengan perspektif lingkungan sosial budaya untuk menggali konteks dan refleksi praktik sosial budaya pada komunitas lokal.
  • Pertemuan 3
    Menganalisis landasan dan orientasi pendidikan berkelanjutan dalam perspektif lingkungan ditinjau dari aspek sosial, budaya, media, dan digital untuk menginteprestasikan konteks praktik sosial budaya yang dihubungkan dengan kehidupan berkelanjutan.
  • Pertemuan 4
    Menganalisis landasan dan orientasi pendidikan berkelanjutan dalam perspektif lingkungan ditinjau dari aspek sosial, budaya, media, dan digital untuk menginteprestasikan konteks praktik sosial budaya yang dihubungkan dengan kehidupan berkelanjutan.
  • Pertemuan 5
    Analitik praksis pendidikan berkelanjutan dan transformatif dalam tinjauan kurikulum dan pembelajaran di pendidikan dasar.
  • Pertemuan 6
    Analitik praksis pendidikan berkelanjutan dan transformatif dalam tinjauan kurikulum dan pembelajaran di pendidikan dasar.
  • Pertemuan 7
    Analitik praksis pendidikan berkelanjutan dan transformatif dalam tinjauan kurikulum dan pembelajaran di pendidikan dasar.
  • Pertemuan 8
    Menganalisis landasan filosofis, teoritis, dan praksis etnopedagogi yang dihubungkan dengan perspektif lingkungan sosial budaya untuk menggali konteks dan refleksi praktik sosial budaya pada komunitas lokal.
  • Pertemuan 9
    Menganalisis keterkaitan lintas bidang ilmu dalam praktik pembelajaran etnopedagogi di pendidikan dasar (termasuk di dalamnya meliputi etnosains, etnomatematika, etnolinguistik, etnososial, etnomusikologi, dsb)
  • Pertemuan 10
    Menganalisis keterkaitan lintas bidang ilmu dalam praktik pembelajaran etnopedagogi di pendidikan dasar (termasuk di dalamnya meliputi etnosains, etnomatematika, etnolinguistik, etnososial, etnomusikologi, dsb)
  • Pertemuan 11
    Konsep etnopedagogi pada dua kasus pembelajaran di pendidikan dasar melalui kajian hasil riset dari jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi
  • Pertemuan 12
    Konsep etnopedagogi pada dua kasus pembelajaran di pendidikan dasar melalui kajian hasil riset dari jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi
  • Pertemuan 13
    Konsep etnopedagogi pada dua kasus pembelajaran di pendidikan dasar melalui kajian hasil riset dari jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi
  • Pertemuan 14
    Konsep etnopedagogi pada dua kasus pembelajaran di pendidikan dasar melalui kajian hasil riset dari jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi
  • Pertemuan 15
    Konsep etnopedagogi pada dua kasus pembelajaran di pendidikan dasar melalui kajian hasil riset dari jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi
  • Pertemuan 16
    Menganalisis keterkaitan lintas bidang ilmu dalam praktik pembelajaran etnopedagogi di pendidikan dasar (termasuk di dalamnya meliputi etnosains, etnomatematika, etnolinguistik, etnososial, etnomusikologi, dsb)

References

Lecturer

GANES GUNANSYAH
GANES GUNANSYAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

WAHONO WIDODO
WAHONO WIDODO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Pendidikan Dasar
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10