•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unesa

 
Study Program  :  Elementary School Teachers Education
Establishment Date  :  1 September 2006
Study Program Coordinator  :  Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Mewujudkan keilmuan pendidikan guru Sekolah Dasar yang unggul melalui paradigma reflektif kritis berdasarkan kearifan lokal dan wawasan global.


Misi
  1. Menyelenggarakan Pendidikan calon guru sekolah dasar yang berprinsip reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
  2. Memanfaatkan dan melaksanakan hasil penelitian di bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.

Tujuan
  1. Menghasilkan calon guru sekolah dasar yang menguasai substansi dan pembelajaran bidang studi yang reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
  2. Menghasilkan karya ilmiah pada bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berdasarkan keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.

Capaian Lulusan Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5 Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal.

PLO-6 Mampu mengembangkan, memelihara jaringan kerja serta menjalin komunikasi secara efektif dengan civitas akademika untuk menunjang belajar sepanjang hayat.

PLO-7 Membedakan karakteristik jenis penelitian dan menerapkannya dalam merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian melalui publikasi artikel sebagai pengembangan ilmu pengetahuan ke SD an.

PLO-8 Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-9 Memecahkan masalah pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-10 Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pedagogik terkait merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian.

PLO-11 Menunjukkan kemampuan pemecahan pembelajaran melalui penelitian.

Occupational Profiles Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya
  • Pendidik

    Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu secara kritis dan reflektif merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan berwawasan global dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi secara inovatif

  • Peneliti Pemula/ Asisten Peneliti

    Peneliti Pemula atau Asisten Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar.

  • Edupreneur

    Edupreneur yang mampu mengelola usaha di bidang pendidikan, memiliki sikap tanggung jawab, adaptif, inovatif dan tangguh

     


Struktur Kurikulum Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum KKNI S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8620602005 Computer Applications 2.00
1000002177 English 2.00
8620603012 Numbers And Data Processing 3.00
8620602015 Basic Basics Of Educational Management 2.00
8620603248 Ethnoscience In 3.00
8620602205 Geometri Dan Pengukuran 2.00
8620603025 Language Studies An 3.00
8620603042 Konsep Dasar Ips 3.00
8620603195 Basic Concepts Of Social Science Elementary School 3.00
1000002039 Psikologi Pendidikan 2.00
8620602163 Children‘s Literature 2.00
8620603166 Socio Anthropology Education 3.00
8620603049 Basic Concepts Of Civics 3.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8620602006 Literature Appreciation 2.00
8620602007 Local Language 2.00
8620602013 Guidance In Elementary School 2.00
8620602202 Evaluation Of Learning And Learning 2.00
8620603198 Konsep Dasar Ipa 3.00
8620603247 Balanced Literacy 3.00
1000002046 Literasi Digital 2.00
8620602097 Pendidikan Inklusif 2.00
8620603199 Fine Arts Education And 3.00
8620602201 Pengembangan Bahan Ajar 2.00
8620602173 Statistik 2.00
1000002033 Citizenship 2.00
8620602086 Pembelajaran Terpadu 2.00

Semester ke 5

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8620603238 Development Of Dramatic Arts For Children 3.00

Semester ke 7

Evaluasi Kurikulum Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya

hasil evaluasi pelaksanaan kurikulum yang telah dan sedang berjalan dengan menyajikan mekanisme dan hasil evaluasi kurikulum. Hasil tracer study juga dijelaskan sebagai bentuk analisis kebutuhan berdasarkan kebutuhan pemangku kepentingan.

Rekap PLO Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9PLO10PLO11
Statistik 2 16.67% 33.33% 16.67% 33.33% 100 %
Basic English 2 18.18% 18.18% 18.18% 18.18% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
Konsep Dasar Ipa 3 50% 33.33% 16.67% 100 %
Numbers and Data Processing 2 16.67% 33.33% 33.33% 16.67% 100 %
Fine Arts Education and 3 18.18% 18.18% 27.27% 36.36% 99.99 %
Listening And Speaking 3 18.18% 18.18% 18.18% 18.18% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
English Language Development For Children 4 18.18% 18.18% 18.18% 18.18% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
Pendidikan Seni Musik 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Entrepreneurship 2 50% 50% 100 %
Guidance in Elementary School 2 33.33% 44.44% 22.22% 99.99 %
Pendidikan Inklusif 2 100% 100 %
Literature Appreciation 2 16.67% 33.33% 16.67% 33.33% 100 %
School Curriculum for Primary Schools 2 71.43% 28.57% 100 %
Steam Education in Elementary School 3 44.44% 11.11% 44.44% 99.99 %
Balanced Literacy 3 27.27% 27.27% 18.18% 27.27% 99.99 %
Development of Indonesian Language Learning in Elementary School 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Basic Concepts of Social Science Elementary School 3 3.03% 30.3% 33.33% 33.33% 99.99 %
Character building 2 7.69% 7.69% 46.15% 15.38% 23.08% 99.99 %
Language Studies 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Geometri dan Pengukuran 2 33.33% 11.11% 33.33% 22.22% 99.99 %
Development of Social Science Dimensions Elementary School 3 20% 20% 40% 20% 100 %
Research methodology 3 33.33% 16.67% 50% 100 %
Mathematics Learning in Elementary School 3 15.38% 15.38% 15.38% 23.08% 15.38% 15.38% 99.98 %
Skills Improving Indonesian Language Skills 3 14.29% 21.43% 28.57% 35.71% 100 %
Innovative Learning Planning in Elementary School 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Science Learning Innovation Elementary School 3 10% 20% 20% 30% 10% 10% 100 %
Rme Based on Ethnomathematics in Elementary School 3 16.67% 25% 25% 33.33% 100 %
Fine Arts Development for Children 3 11.11% 22.22% 33.33% 33.33% 99.99 %
Pembelajaran Ipa Sd 3 25% 33.33% 41.67% 100 %
Learning Evaluation 2 37.5% 25% 37.5% 100 %
Reading Writing and Dictation For Primary School 3 18.18% 18.18% 18.18% 18.18% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
Ethnoscience in 3 50% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 100 %
Learning Media Innovation in Elementary School 2 13.33% 6.67% 20% 26.67% 20% 13.33% 100 %
Mathematical Thinking Skills 2 16.67% 33.33% 33.33% 16.67% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum yang berlaku saat ini di PS S1 PGSD adalah Kurikulum Merdeka Belajar –
Kampus Merdeka (MBKM).
Berikut merupakan beberapa kebijakan yang menjadi dasar pengembangan kurikulum pada Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PS S1 PGSD):
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023, tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Perguruan Tinggi;
3. Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tahun 2014, tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi;
5. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012, tentang KKNI;
6. Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan;
7. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Tahun 2020;
8. Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Unesa Tahun 2016;
9. Buku Standar Mutu Program Sarjana Unesa Tahun 2020;
10. Standar Mutu Unesa no. 31 tentang Kurikulum;
11. Pedoman Akademik Unesa Tahun 2020;
12. Pedoman Kurikulum MBKM Unesa Tahun 2020;
13. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 9 Tahun 2020 tentang Peraturan Akademik Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka;
14. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 3 Tahun 2021 tentang Penerapan Program Merdeka Belajar serta Pengakuan dan Konversi Mata Kuliah pada Universitas Negeri Surabaya;
15. Buku Panduan Penulisan Skripsi Tahun 2014;
16. Prosedur Operasional Standar Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar No. POS/01/GPM/FIP-UNESA.