•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unesa

 
Study Program  :  Elementary School Teachers Education
Establishment Date  :  1 September 2006
Study Program Coordinator  :  Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Mewujudkan keilmuan pendidikan guru Sekolah Dasar yang unggul melalui paradigma reflektif kritis berdasarkan kearifan lokal dan wawasan global.


Misi
  1. Menyelenggarakan Pendidikan calon guru sekolah dasar yang berprinsip reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
  2. Memanfaatkan dan melaksanakan hasil penelitian di bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.

Tujuan
  1. Menghasilkan calon guru sekolah dasar yang menguasai substansi dan pembelajaran bidang studi yang reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
  2. Menghasilkan karya ilmiah pada bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berdasarkan keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.

Capaian Lulusan Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5 Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal.

PLO-6 Mampu mengembangkan, memelihara jaringan kerja serta menjalin komunikasi secara efektif dengan civitas akademika untuk menunjang belajar sepanjang hayat.

PLO-7 Membedakan karakteristik jenis penelitian dan menerapkannya dalam merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian melalui publikasi artikel sebagai pengembangan ilmu pengetahuan ke SD an.

PLO-8 Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-9 Memecahkan masalah pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-10 Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pedagogik terkait merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian.

PLO-11 Menunjukkan kemampuan pemecahan pembelajaran melalui penelitian.

Occupational Profiles Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya
  • Pendidik

    Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu secara kritis dan reflektif merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan berwawasan global dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi secara inovatif

  • Peneliti Pemula/ Asisten Peneliti

    Peneliti Pemula atau Asisten Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar.

  • Edupreneur

    Edupreneur yang mampu mengelola usaha di bidang pendidikan, memiliki sikap tanggung jawab, adaptif, inovatif dan tangguh

     


Struktur Kurikulum Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8620602161 Psikologi Umum 2.00
8620603169 Sociology Anthropology Education 3.00
8620603052 Foundations Of Education 3.00
8620602010 English I 2.00
8620603026 Linguistic Studies 3.00
8620603042 Konsep Dasar Ips 3.00
8620602027 Basicity Studies 2.00
8620602028 Literary Studies 2.00
8620603047 Basic Concepts Of Civics 1 3.00
8620603043 Basic Concepts Of Social Sciences 1 Science 3.00
8620602060 Mathematics I 2.00
8620604122 Introduction To Educational Science 4.00
8620602149 Elementary School Education And Student Learning 2.00
8620602124 Introduction To Computers 2.00
8620603154 Ppkn 3.00
1000002003 Indonesian 2.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Protestan
2.00
8620604035 Konsep Dasar Ipa 1 4.00
8620602061 Mathematics Ii 2.00
8620603048 Basic Concepts Of Civics 2 3.00
8620602011 English Ii 2.00
8620602005 Computer Applications 2.00
8620603044 Basic Concepts Of Social Science 2 3.00
8620603096 English Language And Literature Education Early Kls Elementary School 3.00
8620602174 Strategi Pembelajaran 2.00
8620603198 Konsep Dasar Ipa 3.00
8620606164 Thesis 6.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000003040 Psikologi Pendidikan 3.00
8620602064 Learning Media In Elementary School 2.00
8620602062 Matematika Iii 2.00
8620602058 Manajemen Pendidikan 2.00
8620602017 Learning Evaluation 2.00
8620604036 Konsep Dasar Ipa 2 4.00
8620603092 Pendbhssastra Ind Kls Higher 3.00
8620603157 Elementary School Early Kls 3.00
8620602177 Learning Theory 2.00
8620602165 Social Anthropology Education Education 2.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8620602037 Basic Concepts Of Science 3 2.00
8620603018 Evaluasi Pendidikan 3.00
8620602013 Guidance In Elementary School 2.00
8620603109 Pendidikan Matematika 1 3.00
8620602120 Pendidikan Seni Tari Dan Drama 2.00
8620603156 Ppkn Advanced Class 3.00
8620602116 Music Arts Education 1 2.00
8620603104 Social Sciences Education Elementary School 3.00
8620603171 Statistik 3.00
8620603083 Pembelajaran Pkn Sd 3.00
8620602121 Introduction To Educational Philosophy 2.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8620602178 Toefl Preparation 2.00
8620602007 Local Language 2.00
8620604065 Research Methodology 4.00
8620602069 Science Learning Model 2.00
8620604099 Pendidikan Ipa Sd 4.00
8620603110 Mathematics Education 2 3.00
8620602118 Fine Arts Education 2.00
8620603102 Social Sciences Education Early Grade 3.00
8620603081 Pembelajaran Ips Sd 3.00
8620602072 Orthopedagogic 2.00
8620602150 Planning Learning 2.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8620602067 Microteaching 2.00
8620602108 Skills Education Crafts 2.00
8620602068 English Language Learning Models In Elementary School School 2.00
8620603103 Social Sciences Education Advanced Classes 3.00
8620602086 Pembelajaran Terpadu 2.00
8620602097 Pendidikan Inklusif 2.00
8620603160 Learning Management Programs 3.00
8620602151 Perspektif Global 2.00
8620602106 Handicraft Education 2.00
8620603111 Mathematics Education 3 3.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8620602022 Ilmu Kealaman Dasar 2.00
8620602180 Philosophy Of Science 2.00
8620602031 Literary Skills 2.00
8620602003 Music Ensemble 2.00
8620602029 Capita Selecta Religion 2.00
8620603186 Advanced Classes Elementary Schools 3.00
8620602159 Ppl Ii 2.00
8620602126 Drama Development In Elementary School 2.00
8620604204 Introduction To School Fields 4.00
1000002176 Entrepreneurship 2.00
1000002177 English 2.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8620603183 Community Service Program 3.00
1000002033 Citizenship 2.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya

hasil evaluasi pelaksanaan kurikulum yang telah dan sedang berjalan dengan menyajikan mekanisme dan hasil evaluasi kurikulum. Hasil tracer study juga dijelaskan sebagai bentuk analisis kebutuhan berdasarkan kebutuhan pemangku kepentingan.

Rekap PLO Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9PLO10PLO11
Statistik 2 16.67% 33.33% 16.67% 33.33% 100 %
Basic English 2 18.18% 18.18% 18.18% 18.18% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
Konsep Dasar Ipa 3 50% 33.33% 16.67% 100 %
Numbers and Data Processing 2 16.67% 33.33% 33.33% 16.67% 100 %
Fine Arts Education and 3 18.18% 18.18% 27.27% 36.36% 99.99 %
Listening And Speaking 3 18.18% 18.18% 18.18% 18.18% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
English Language Development For Children 4 18.18% 18.18% 18.18% 18.18% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
Pendidikan Seni Musik 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Entrepreneurship 2 50% 50% 100 %
Guidance in Elementary School 2 33.33% 44.44% 22.22% 99.99 %
Pendidikan Inklusif 2 100% 100 %
Literature Appreciation 2 16.67% 33.33% 16.67% 33.33% 100 %
School Curriculum for Primary Schools 2 71.43% 28.57% 100 %
Steam Education in Elementary School 3 44.44% 11.11% 44.44% 99.99 %
Balanced Literacy 3 27.27% 27.27% 18.18% 27.27% 99.99 %
Development of Indonesian Language Learning in Elementary School 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Basic Concepts of Social Science Elementary School 3 3.03% 30.3% 33.33% 33.33% 99.99 %
Character building 2 7.69% 7.69% 46.15% 15.38% 23.08% 99.99 %
Language Studies 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Geometri dan Pengukuran 2 33.33% 11.11% 33.33% 22.22% 99.99 %
Development of Social Science Dimensions Elementary School 3 20% 20% 40% 20% 100 %
Research methodology 3 33.33% 16.67% 50% 100 %
Mathematics Learning in Elementary School 3 15.38% 15.38% 15.38% 23.08% 15.38% 15.38% 99.98 %
Skills Improving Indonesian Language Skills 3 14.29% 21.43% 28.57% 35.71% 100 %
Innovative Learning Planning in Elementary School 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Science Learning Innovation Elementary School 3 10% 20% 20% 30% 10% 10% 100 %
Rme Based on Ethnomathematics in Elementary School 3 16.67% 25% 25% 33.33% 100 %
Fine Arts Development for Children 3 11.11% 22.22% 33.33% 33.33% 99.99 %
Pembelajaran Ipa Sd 3 25% 33.33% 41.67% 100 %
Learning Evaluation 2 37.5% 25% 37.5% 100 %
Reading Writing and Dictation For Primary School 3 18.18% 18.18% 18.18% 18.18% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
Ethnoscience in 3 50% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 100 %
Learning Media Innovation in Elementary School 2 13.33% 6.67% 20% 26.67% 20% 13.33% 100 %
Mathematical Thinking Skills 2 16.67% 33.33% 33.33% 16.67% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Elementary School Teachers Education
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum yang berlaku saat ini di PS S1 PGSD adalah Kurikulum Merdeka Belajar –
Kampus Merdeka (MBKM).
Berikut merupakan beberapa kebijakan yang menjadi dasar pengembangan kurikulum pada Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PS S1 PGSD):
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023, tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Perguruan Tinggi;
3. Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tahun 2014, tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi;
5. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012, tentang KKNI;
6. Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan;
7. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Tahun 2020;
8. Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Unesa Tahun 2016;
9. Buku Standar Mutu Program Sarjana Unesa Tahun 2020;
10. Standar Mutu Unesa no. 31 tentang Kurikulum;
11. Pedoman Akademik Unesa Tahun 2020;
12. Pedoman Kurikulum MBKM Unesa Tahun 2020;
13. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 9 Tahun 2020 tentang Peraturan Akademik Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka;
14. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 3 Tahun 2021 tentang Penerapan Program Merdeka Belajar serta Pengakuan dan Konversi Mata Kuliah pada Universitas Negeri Surabaya;
15. Buku Panduan Penulisan Skripsi Tahun 2014;
16. Prosedur Operasional Standar Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar No. POS/01/GPM/FIP-UNESA.