This course studies the main concepts in general software interface design and their application in products using data science. This course reviews the use of design, evaluation, analysis and data visualization concepts.
Program Objectives (PO)
Mahasiswa menguasai konsep teoritis dalam desain interaksi antarmuka pengguna secara mendalam
Mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam mendesain, mengimplementasikan, serta mengevaluasi antarmuka pengguna yang memperhatikan kebutuhan pengguna
Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip desain untuk mengembangkan produk digital yang dibutuhkan masyarakat dan/atau industri
Mahasiswa mampu merancang antarmuka pengguna yang inovatif, inklusif, dan adaptif dengan semangat kolaboratif serta ketangguhan dalam menghadapi tantangan usability
Mahasiswa mampu berkolaborasi dalam tim untuk menyelesaikan permasalahan
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Perlunya mempelajari interaksi manusia-komputer
Date 4 Februari 2025
Pertemuan 2
User experience (UX) process untuk merancang produk interaktif
Date 11 Februari 2025
Pertemuan 3
User experience (UX) process untuk merancang produk interaktif
Date 18 Februari 2025
Pertemuan 4
Menganalisis karakteristik dan kebutuhan pengguna
Date 25 Februari 2025
Pertemuan 5
Menganalisis karakteristik dan kebutuhan pengguna
Date 4 Maret 2025
Pertemuan 6
Menganalisis karakteristik dan kebutuhan pengguna
Date 11 Maret 2025
Pertemuan 7
Kebutuhan Pengguna
Date 18 Maret 2025
Pertemuan 8
Merancang design interaksi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna
Date 25 Maret 2025
Pertemuan 9
Merancang desain interaksi untuk produk digital yang dikembangkan
Date 8 April 2025
Pertemuan 10
Merancang desain interaksi untuk produk digital yang dikembangkan
Date 15 April 2025
Pertemuan 11
User experience (UX) desain interaksi
Date 22 April 2025
Pertemuan 12
User experience (UX) desain interaksi
Date 29 April 2025
Pertemuan 13
Merancang desain interaksi untuk produk digital yang dikembangkan
Date 6 Mei 2025
Pertemuan 14
Merancang desain interaksi untuk produk digital yang dikembangkan
Date 13 Mei 2025
Pertemuan 15
User experience (UX) desain interaksi
Date 20 Mei 2025
Pertemuan 16
Merancang desain interaksi untuk produk digital yang dikembangkan
Examining theories that explain how students learn including behavioral learning theory, social learning theory, cognitive learning theory, constructivist learning theory, and theories of motivating students
This course‘s main aim is to teach basic concepts and techniques for creating computer programs using the object-oriented paradigm. The study material includes basic programming,