Examining the background, foundation, various models and methods, as well as cases of integrated science learning in order to develop integrated science learning tools according to dissertation ideas
Program Objectives (PO)
Menguasai landasan filosofis kurikulum pembelajaran sains dalam rangka memperbaharui keilmuan pendidikan IPA (Sains)
Mengembangkan teori, konsep, gagasan ilmiah dalam rangka memberikan kontribusi terhadap pengembangan dan pengamalan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan IPA (Sains) secara komprehensif dan kontekstual dgn pendekatan inter, multi, dan transdisiplin
Menyusun perangkat pembelajaran sains terintegrasi
Mengembangkan sikap, ketrampilan, dan kemampuan mahasiswa (kognitif, afektif, dan psikomotor) secara terintegrasi
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Latar belakang & landasan filosofis pembelajaran sains terintegrasi.
Date 6 Februari 2024
Pertemuan 2
Menganalisis konsep dan penerapan pengintegrasian dengan STSE
Date 13 Februari 2024
Pertemuan 3
Menganalisis konsep dan implementasi STEM
Date 20 Februari 2024
Pertemuan 4
Menganalisis konsep dan implementasi pembelajaran terintegrasi etnosains
Date 27 Februari 2024
Pertemuan 5
Menganalisis konsep dan implementasi pembelajaran terintegrasi model nested
Date 5 Maret 2024
Pertemuan 6
Menganalisis konsep dan implementasi pembelajaran terintegrasi model webbed
Date 12 Maret 2024
Pertemuan 7
Menganalisis konsep dan implementasi pembelajaran terintegrasi model integrated dan networked
Date 19 Maret 2024
Pertemuan 8
Kemampuan akhir dari TM-1 sampai TM-7
Date 26 Maret 2024
Pertemuan 9
Membuat pemetaan untuk rencana pembelajaran sains terintegrasi
Date 2 April 2024
Pertemuan 10
Membuat pemetaan untuk rencana pembelajaran sains terintegrasi
Date 9 April 2024
Pertemuan 11
Merancang tujuan pembelajaran dan indikator pencapaian tujuan pembelajaran sains terintegrasi berdasarkan pemetaan yang dibuat
Provides a foundation for understanding linear algebra. Some of the study materials that will be discussed in this course include: systems of linear equations (SPL),
Study of the principles and ways students learn according to behavioral learning theory, social learning theory, cognitive learning theory, constructivist approach, as well as motivating