•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Molecular Genetics

Program Studi S2 Pendidikan Biologi UNESA

 
Card image

Course Description

This course examines the basics of recombinant DNA technology, gene libraries, cloning vectors, PCR methods, DNA sequencing, and other molecular analysis, as well as transgenic organisms and the pros and cons of their use. Apart from that, it also discusses the implementation of genomics and biomolecules which supports strengthening the concept of utilizing natural resources based on local wisdom to improve life skills as a basis for laying the spirit of bioecopreneurship. This course is presented in theory and assignments.

Program Objectives (PO)

  • CPMK 1: Menguasai teori dan konsep-konsep terkait genetika molekuler dan proses analisis molekuler serta penerapannya untuk berbagai keperluan
  • CPMK 2: Memiliki alur pikir dan keterampilan untuk membuat rekomendasi di dalam penerapan genetika molekuler dan analisisnya dalam berbagai bidang kehidupan sehari-hari
  • CPMK3: Memiliki kemampuan menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab di bidang genetika molekuler serta mengomunikasikannya kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas secara global
  • CPMK 4: Mengembangkan konsep bioecopreunership dalam bidang genetika molekuler
  • CPMK 5: Memiliki sikap bertanggung jawab, objektif, memperhatikan etika di dalam menerapkan konsep-konsep dan hasil-hasil analisis terkait genetika molekuler
  • Mahasiswa dapat menerapkan prinsip-prinsip dasar genetika molekuler dalam penelitian biologi dan pendidikan (C3)
  • Mahasiswa dapat menganalisis data genetik untuk memahami pola hereditas dan variabilitas genetik pada populasi (C4)
  • Mahasiswa dapat mengevaluasi metodologi dalam penelitian genetika molekuler untuk memastikan integritas dan etika penelitian (C5)
  • Mahasiswa dapat menciptakan desain eksperimen baru yang inovatif dalam studi genetika molekuler yang berfokus pada isu-isu lokal (C6)
  • Mahasiswa dapat menerapkan teknik-teknik molekuler untuk analisis genetik dalam konteks eduecopreneurship (C3)
  • Mahasiswa dapat menganalisis implikasi etis dari teknologi genetika molekuler dalam konteks sosial dan budaya (C4)
  • Mahasiswa dapat mengevaluasi hasil penelitian genetika molekuler berdasarkan kriteria ilmiah dan etika penelitian (C5)
  • Mahasiswa dapat menciptakan proposal penelitian yang mengintegrasikan konsep genetika molekuler dengan pendekatan eduecopreneurship (C6)
  • Menerapkan prinsip-prinsip dasar genetika molekuler dalam penelitian biologi dan pendidikan (C3)
  • Menganalisis data genetik untuk memahami pola hereditas dan variabilitas genetik pada populasi (C4)
  • Mengevaluasi metodologi dalam eksperimen genetika molekuler untuk memastikan integritas dan etika penelitian (C5)
  • Menciptakan desain eksperimental baru yang mengintegrasikan teknik-teknik genetika molekuler untuk memecahkan masalah biologis (C6)
  • Menerapkan teknik-teknik molekuler untuk analisis DNA, RNA, dan protein dalam konteks pendidikan dan penelitian (C3)
  • Menganalisis hasil eksperimen genetik untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi ekspresi gen (C4)
  • Mengevaluasi penggunaan teknologi CRISPR-Cas9 dalam konteks etika dan sosial di masyarakat (C5)
  • Menciptakan materi pendidikan yang inovatif berbasis genetika molekuler untuk meningkatkan pemahaman konsep genetik di kalangan siswa (C6)
  • Menerapkan konsep genetika molekuler dalam pengembangan strategi eduecopreneurship (C3)
  • Menganalisis kasus-kasus genetika dalam konteks kearifan lokal untuk mengidentifikasi peluang eduecopreneurship (C4)
  • -

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Sejarah dan ruang lingkup genetika molekuler
    • Date  5 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Asam nukleat dan perannya dalam sel
    • Date  12 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Struktur dan fungsi genom serta kaitannya dengan kelainan genetik tertentu
    • Date  19 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Menganalisis central dogma
    • Date  26 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Metode identifikasi gen
    • Date  5 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Dasar-dasar teknologi DNA rekombinan
    • Date  12 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Menyusun perpustakaan gen (gene library) dan vektor kloning
    • Date  19 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Ujian Tengah Semester
    • Date  26 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Metode PCR dan sekuensing DNA
    • Date  2 April 2025

  • Pertemuan 10
    Teknik-teknik analisis molekuler dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari
    • Date  9 April 2025

  • Pertemuan 11
    Menganalisis organisme transgenik dan pro-kontra pemanfaatannya.
    • Date  16 April 2025

  • Pertemuan 12
    Implementasi genomik dan biomolekuler sebagai dasar pemanfaatan sumber daya alam berbasis kearifan lokal
    • Date  23 April 2025

  • Pertemuan 13
    Pengetahuan di bidang genomik dan biomolekuler sebagai dasar pemanfaatan sumber daya alam berbasis kearifan lokal secara bertanggung jawab
    • Date  30 April 2025

  • Pertemuan 14
    Merancang kegiatan bioecopreneurship di bidang genetika molekuler
    • Date  7 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Merancang kegiatan bioecopreneurship di bidang genetika molekuler
    • Date  14 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    Ujian Akhir Semester
    • Date  21 Mei 2025

Lecturer

ISNAWATI
ISNAWATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

LISA LISDIANA
LISA LISDIANA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Pendidikan Biologi
  • Semester2
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10