Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UNESA
Course Description
This course aims to provide students with an in-depth understanding of the integration of technology in the early childhood learning process. By using the Outcome-Based Education (OBE) approach, students will develop technology-based learning design, implementation and evaluation skills according to the needs of early childhood. Using lecture learning methods and project-based learning.
Program Objectives (PO)
Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi dalam penyelenggaran pendidikan anak usia dini menggunakan teknologi pembelajaran
Mengkaji dampak penggunaan teknologi terhadap perkembangan kognitif anak usia dini
Mengidentifikasi Tahapan Perkembangan Anak Usia Dini
Analisis Potensi dan Kebutuhan Penggunaan Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran
Merancang Instrumen Evaluasi Video Pembelajaran
Merefleksikan Pengalaman Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Tahapan perkembangan anak usia dini sebagai dasar perancangan pembelajaran.
Date 9 Februari 2024
Pertemuan 2
Teori perkembangan anak usia dini dan merancang video pembelajaran yang sesuai dengan teori tersebut.
Date 16 Februari 2024
Pertemuan 3
Implementasikan teori perkembangan anak usia dini dalam desain video pembelajaran.
Date 23 Februari 2024
Pertemuan 4
Menyusun skenario video pembelajaran yang mengakomodasi tahapan perkembangan anak usia dini.
Date 1 Maret 2024
Pertemuan 5
Konsep dan potensi penggunaan Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran anak usia dini.
Date 8 Maret 2024
Pertemuan 6
Potensi dan kebutuhan penggunaan AR untuk meningkatkan pembelajaran anak usia dini.
Date 15 Maret 2024
Pertemuan 7
Rancangan konten AR yang kreatif untuk meningkatkan interaktivitas dan keterlibatan anak.
Date 22 Maret 2024
Pertemuan 8
Konten AR dalam proses pembelajaran anak usia dini.
Date 29 Maret 2024
Pertemuan 9
Penggunaan instrumen evaluasi untuk mengukur efektivitas video pembelajaran anak usia dini.
Date 5 April 2024
Pertemuan 10
Perancangan instrumen evaluasi yang fokus pada kualitas pembelajaran anak usia dini.
Date 12 April 2024
Pertemuan 11
Implementasi instrumen evaluasi dalam uji coba video pembelajaran anak usia dini.
Date 19 April 2024
Pertemuan 12
Menganalisis hasil evaluasi dan memberikan pembaruan pada desain pembelajaran anak usia dini.
Date 26 April 2024
Pertemuan 13
Respon dan Refleksi pengalaman dalam merancang dan mengimplementasikan teknologi pembelajaran anak usia dini.
Date 3 Mei 2024
Pertemuan 14
Analisis dampak positif dan negatif penggunaan teknologi dalam pembelajaran anak usia dini.
Date 10 Mei 2024
Pertemuan 15
Rumusan strategi perbaikan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran anak usia dini.
Date 17 Mei 2024
Pertemuan 16
Representatif hasil akhir dan evaluasi dari proses implementasi teknologi pembelajaran anak usia dini.
This course discusses the application of social psychology in various areas of life including education, conflict and peace, terrorism, politics, masses/crowds, organizations, media, courts, health,
The Digital Literacy course is a general compulsory course (MKWU) for all Surabaya State University students which is presented in the first year of study.
This course contains descriptive and inferential statistics which contains statistical tests and is able to formulate procedural solutions to statistical problems in the field of