Educational science provides provisions for students to be able to contribute in overcoming educational problems and can provide educational innovation in Indonesia and globally. An indicator of the success of this course is if students are able to implement theory into Non-Formal Education practice.
Program Objectives (PO)
Bertanggung jawab terhadap kinerja pembelajaran diri, kesepakatan dengan rekan sejawat/kelompok dalam memahami konsep dasar ilmu pendidikan baik secara teoritis maupun praktis, serta menerapkan dengan baik teori pendidikan yang relevan dalam bidang studinya
Menguasai konsep teoritis tentang ilmu pendidikan secara mendalam serta memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural
Memiliki kemampuan mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi data tentang permasalahan pendidikan dan/atau pembeljaran serta dapat memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
Memiliki kemampuan mengaplikasikan bidang keahlian pendidikan dan memanfaatkan IPTEKS dalam menyelesaikan masalah-masalah yang terkait pendidikan dan/atau pembelajaran, baik secara teoritis maupun praktis serta bisa beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Bisa menjelaskan konsep dasar ilmu pendidikan.
Date 29 Agustus 2023
Pertemuan 2
Landasan dan/atau dasar-dasar pendidikan.
Date 5 September 2023
Pertemuan 3
Hakikat Manusia dan Pengembangannya
Date 12 September 2023
Pertemuan 4
Bisa menjelaskan hakikat pendidikan dan pembelajaran.
Date 19 September 2023
Pertemuan 5
Bisa menjelaskan komponen pendidikan
Date 26 September 2023
Pertemuan 6
Sistem pendidikan nasional
Date 3 Oktober 2023
Pertemuan 7
Bisa menjelaskan sistem pendidikan nasional
Date 10 Oktober 2023
Pertemuan 8
UTS
Date 17 Oktober 2023
Pertemuan 9
Menganalisis konsep guru sebagai profesi dan administrator pembelajaran
Date 24 Oktober 2023
Pertemuan 10
Bisa menganalisis permasalahan pendidikan dan/atau pembelajaran
Date 31 Oktober 2023
Pertemuan 11
Bisa menganalisis usaha-usaha mengatasi permasalahan pendidikan di Indonesia.
Examines the basic concepts and theories of environmental psychology related to how the environment influences human behavior, social dilemmas related to the environment, pro-environmental behavior,
This course discusses the nature of entrepreneurship, characteristics and general characteristics of entrepreneurs, the process of entrepreneurship, entrepreneurial motivation, strategies for creating entrepreneurial opportunities, production,
Study of: (1) learning theory which includes: introduction to the study of learning; neuroscience of learning; behaviorism, social cognitive theory, information processing theory; constructivism; cognitive