•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Philosophy of Basic Education Science

Program Studi S3 Pendidikan Dasar UNESA

 
Card image

Course Description

Mata kuliah ini memperdalam pemahaman tentang pendekatan umum filsafat pendidikan, filsafat pendidikan dasar, dan konseptualisasi serta isu-isu yang lebih mendalam dan luas yang melibatkan ilmu, teknologi, dan masyarakat. Selain itu, mata kuliah ini dirancang untuk mengevaluasi dengan mendalam tentang ontologi, epistemologi, aksiologi, dan metodologi pendidikan, karakteristik dan hakikat pendidikan dasar sebagai wahana untuk memperluas visi calon doktor sehingga dapat menjadi pemicu kemampuan berfikir reflektif dan berfikir kritis dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu pendidikan serta keterkaitannya dengan teknologi dan masyarakat. Pembelajaran dilaksanakan berbasis kasus yang relevan dengan pembahasan. Penilaian dengan penilaian partisipatif, penugasan, dan tes.

Program Objectives (PO)

  • Mengembangkan pengetahuan untuk menjawab tiga pertanyaan keilmuan (ontologi, epistemologi, aksiologi, dan metodologi) atas Pendidikan Dasar sehingga memperoleh pemahaman yang komprehensif.
  • Mengubah paradigma berpikir yang selama ini ada untuk membantu memecahkan secara mendalam (melalui pendekatan inter atau multidisipliner) setiap permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, khususnya permasalahan terkait pendidikan dasar di Indonesia.
  • Mengembangkan nalar yang benar dan komprehensif serta memanfaatkan logika ontologi mengenai ilmu pendidikan dasar dalam memperoleh pemahaman keilmuan (epistemologi) untuk kebijaksanaan atau kemaslahatan umat manusia (nilai aksiologi).

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Menganalisis ilmu pendidikan secara komprehensif (mendalam dan meluas), yang menjawab 3 pertanyaan keilmuan (ontologi, epistemologi, aksiologi).
    • Date  4 September 2024

  • Pertemuan 2
    Menganalisis dasar-dasar ilmu pengetahuan pendidikan dasar
    • Date  11 September 2024

  • Pertemuan 3
    Menganalisis dasar-dasar ilmu pengetahuan pendidikan dasar
    • Date  18 September 2024

  • Pertemuan 4
    Menganalisis ontology pendidikan dasar
    • Date  25 September 2024

  • Pertemuan 5
    Membuat kajian 4 prinsip dasar (filosofis, sosiologis-antropologis, psikologis, dan pedagogis) dari pendidikan dasar.
    • Date  2 Oktober 2024

  • Pertemuan 6
    Menganalisis 8 aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran pendidikan dasar (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme).
    • Date  9 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Menganalisis 8 aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran pendidikan dasar (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme).
    • Date  16 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    UTSKemampuan Akhir: meliputi pertemuan 1-7
    • Date  23 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Dasar filsafat pendidikan di Indonesia.
    • Date  30 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Dasar filsafat pendidikan di Indonesia.
    • Date  6 November 2024

  • Pertemuan 11
    Dasar filsafat pendidikan di Indonesia.
    • Date  13 November 2024

  • Pertemuan 12
    Dasar filsafat pendidikan di Indonesia.
    • Date  20 November 2024

  • Pertemuan 13
    Membuat kajian pemikiran para tokoh pendidikan di Indonesia
    • Date  27 November 2024

  • Pertemuan 14
    Membuat kajian pemikiran para tokoh pendidikan di Indonesia
    • Date  4 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Menganalisis bukti keterkaitan antara pendidikan dasar, teknologi, dan masyarakat.
    • Date  11 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    • Date  18 Desember 2024

References

Lecturer

MOCHAMAD NURSALIM
MOCHAMAD NURSALIM
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

WAHONO WIDODO
WAHONO WIDODO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS3 Pendidikan Dasar
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10