Course Information and Communication Technology-Based Learning
Program Studi S1 Teknologi Pendidikan UNESA
Course Description
This course discusses ICT-based open learning, learning design and its various components through collaborative learning. Lectures are held by means of blended learning. Assessment is done by way of question and answer and written.
Program Objectives (PO)
Mampu menganalisis kebutuhan pembelajaran digital dan merancang struktur course yang sesuai dalam Learning Management System (LMS)
Mampu mengembangkan course pembelajaran digital secara lengkap di LMS, yang mencakup materi ajar, aktivitas pembelajaran, penugasan, dan evaluasi.
Mampu mengelola fitur-fitur LMS secara efektif, termasuk pengaturan pengguna, pelacakan aktivitas mahasiswa, serta integrasi dengan alat bantu eksternal dan sumber belajar lainnya.
Mampu mengevaluasi dan menyempurnakan course yang dikembangkan di LMS berdasarkan prinsip desain instruksional dan umpan balik dari pengguna.
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Menganalisis konsep dasar pembelajaran berbasis e-learning
Date 6 Februari 2025
Pertemuan 2
Menganalisis peran Learning Management System (LMS) dalam konteks pendidikan
Date 13 Februari 2025
Pertemuan 3
Melakukan analisis kebutuhan pembelajaran untuk pengembangan LMS
Date 20 Februari 2025
Pertemuan 4
Menganalisis Moodle sebagai pilihan LMS
Date 27 Februari 2025
Pertemuan 5
Merencanakan pengembangan LMS, termasuk pemilihan dan persiapan server
Date 6 Maret 2025
Pertemuan 6
Merancang antarmuka pengguna (UI/UX) LMS
Date 13 Maret 2025
Pertemuan 7
Modul pembelajaran dalam LMS
Date 20 Maret 2025
Pertemuan 8
UTS
Date 27 Maret 2025
Pertemuan 9
Mengelola pengguna dan hak akses di dalam LMS
Date 3 April 2025
Pertemuan 10
Interaktifitas dan keterlibatan siswa dalam LMS
Date 10 April 2025
Pertemuan 11
Bentuk evaluasi dan penilaian dalam LMS
Date 17 April 2025
Pertemuan 12
LMS dengan alat eksternal
Date 24 April 2025
Pertemuan 13
Mengelola keamanan dan kebijakan penggunaan di dalam LMS
This course provides an understanding of the comparison of types of informal non-formal education programs in various countries (8 types of programs organized by the
Mata kuliah Analisis Penelitian Mutakhir Dan Penelisan Ilmiah Tentang Aud pada jenjang S2 program studi Pendidikan Anak Usia Dini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang
Mata kuliah ini mengkaji media yang meliputi batasan, fungsi, peran dalam proses belajar mengajar, prinsip dasar, jenis-jenis, karakteristik, pemilihan, penggunaan, perawatan, dan evaluasi media untuk