•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Penilaian Pembelajaran

Program Studi S1 Teknologi Pendidikan UNESA

 
Card image

Course Description

Brief Description of MK This course discusses the concept of class-based assessment, can develop various tools for measuring learning outcomes, is skilled at planning, implementing, processing and reporting evaluations of learning processes and outcomes. Lectures are carried out using blended learning. The assessment is carried out by means of question and answer and in writing.

Program Objectives (PO)

  • Mampu menunjukkan sikap ilmiah, kritis dan inovatif dalam Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran secara professional dan memiliki kepekaan serta bertanggung jawab. Memiliki kemampuan berkolaborasi secara efektif dalam pembelajaran. Terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik.
  • Mampu menjelaskan: a. Konsep penilaian b. Konsep KKM c. Konsep pedoman penilaian metode PAN dan PAP d. Ragam jenis tes dan cara penyusunannya e. Prosedur pengembangan tes f. Prosedur pengembangan non-tes g. Konsep analisis butir soal (tingkat kesukaran, daya beda, daya pengecoh, validasi, dan reliabilitas butir soal)
  • Memecahkan masalah berdasarkan metode pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Mahasiswa mampu : a. Menyusun butir tes objektif b. Mengujicobakan butir tes objektif ke sekolah c. Menghitung dan menganalisis kesukaran butir soal d. Menghitung dan menganalisis daya beda butir soal e. Menghitung dan menganalisis daya pengecoh butir soal f. Menghitung dan menganalisis validasi dan reliabilitas butir soal g. Menafsirkan hasil tes objektif
  • Memperbaiki kualitas pembelajaran berdasarkan konsep teoritis penilaian secara inovatif, terencana menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan kreativitas peserta didik.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep dasar penilaian pembelajaran dengan benar
    • Date  2 September 2024

  • Pertemuan 2
    KKM dan langkah-langkah menentukan KKM dengan benar
    • Date  9 September 2024

  • Pertemuan 3
    Konsep penilaian acuan PAP dan PAN dengan benar
    • Date  16 September 2024

  • Pertemuan 4
    Metode penilaian dan alat evaluasi
    • Date  23 September 2024

  • Pertemuan 5
    Prosedur pengembangan tes dengan benar
    • Date  30 September 2024

  • Pertemuan 6
    Prosedur pengembangan non-tes dengan benar
    • Date  7 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Analisis butir soal (tingkat kesukaran, daya beda, daya pengecoh, validasi, dan reliabilitas butir soal) dengan benar
    • Date  14 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    U T S (Ujian Tengah Semester)
    • Date  21 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Dan mampu Me-ngembangkan alat evaluasi non-tes
    • Date  28 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Butir tes objektif ke sekolah dengan benar
    • Date  4 November 2024

  • Pertemuan 11
    Menghitung dan menganalisis kesukaran butir soal dengan benar
    • Date  11 November 2024

  • Pertemuan 12
    Menghitung dan menganalisis daya beda butir soal dengan benar
    • Date  18 November 2024

  • Pertemuan 13
    Konsep dasar dan mampu menganalisis butir soal
    • Date  25 November 2024

  • Pertemuan 14
    Menghitung dan menganalisis validasi dan reliabilitas butir soal dengan benar
    • Date  2 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Hasil tes objektif dengan benar
    • Date  9 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  16 Desember 2024

Lecturer

CITRA FITRI KHOLIDYA
CITRA FITRI KHOLIDYA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Teknologi Pendidikan
  • Semester5
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10