Course Description
Brief Description of MK This course discusses the concept of class-based assessment, can develop various tools for measuring learning outcomes, is skilled at planning, implementing, processing and reporting evaluations of learning processes and outcomes. Lectures are carried out using blended learning. The assessment is carried out by means of question and answer and in writing.
Program Objectives (PO)
- Mampu menunjukkan sikap ilmiah, kritis dan inovatif dalam Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran secara professional dan memiliki kepekaan serta bertanggung jawab. Memiliki kemampuan berkolaborasi secara efektif dalam pembelajaran. Terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik.
- Mampu menjelaskan: a. Konsep penilaian b. Konsep KKM c. Konsep pedoman penilaian metode PAN dan PAP d. Ragam jenis tes dan cara penyusunannya e. Prosedur pengembangan tes f. Prosedur pengembangan non-tes g. Konsep analisis butir soal (tingkat kesukaran, daya beda, daya pengecoh, validasi, dan reliabilitas butir soal)
- Memecahkan masalah berdasarkan metode pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Mahasiswa mampu : a. Menyusun butir tes objektif b. Mengujicobakan butir tes objektif ke sekolah c. Menghitung dan menganalisis kesukaran butir soal d. Menghitung dan menganalisis daya beda butir soal e. Menghitung dan menganalisis daya pengecoh butir soal f. Menghitung dan menganalisis validasi dan reliabilitas butir soal g. Menafsirkan hasil tes objektif
- Memperbaiki kualitas pembelajaran berdasarkan konsep teoritis penilaian secara inovatif, terencana menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan kreativitas peserta didik.