Course Description
Mata kuliah ini mengkaji tentang; (1) konsep dasar pembelajaran, prinsip pembelajaran, dan karakteristik teori pembelajaran, (2) pembelajaran dengan pendekatan teori behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, dan konektivisme, dan (3) karakteristik peserta didik, antara lain gaya belajar, gaya kognitif, aspek perkembangan (kognitif, fisik, bahasa, emosional), demografi dan sosial budaya, (4) karakteristik proses pembelajaran yang mencakup interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontektual, tematik, efektif, klaboratif, dan berpusat pada peserta didik, dan (5) landasan teori pembelajaran inovatif seperti Project based learning, Case Based learning, Collaborative learning, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis masalah, atau model pembelajaran lain melalui berbagai metode seperti diskusi kelompok, simulasi, studi kasus yang secara efektif dapat memfasilitasi capaian pembelajaran.
Program Objectives (PO)
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memahami konsep dasar, prinsip pembelajaran, dan karakteristik teori pembelajaran.
- Mahasiswa mampu menganalisis dan membandingkan berbagai pendekatan teori pembelajaran (behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, konektivisme) dalam konteks pendidikan.
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memahami karakteristik peserta didik yang meliputi gaya belajar, gaya kognitif, aspek perkembangan, serta demografi dan sosial budaya.
- Mahasiswa mampu menganalisis karakteristik proses pembelajaran yang efektif, kolaboratif, dan berpusat pada peserta didik.
- Mahasiswa mampu merancang dan menerapkan teori pembelajaran inovatif seperti Project-based learning, Case-based learning, Collaborative learning, pembelajaran kooperatif, dan pembelajaran berbasis masalah.