Kajian tentang proses dan paradigma penelitian metode kuantitatif, kerangka berpikir, hipotesis dan variable penelitian, populasi dan sample, instrumen penelitian, penelitian eksperimen, penelitian survey, pengumpulan data, dan analisis data.
Program Learning Outcomes (PLO)
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
PLO-7 Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional
PLO-8 Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia
PLO-9 Mampu memimpin dan mengelola penelitian interdisiplin, multidisiplin dan transdisiplin untuk menghasilkan inovasi dan pengembangan pendidikan sains
Program Objectives (PO)
PO-1 Menguasai filosofi untuk mengembangkan dan memperbarui pendidikan sains yang digunakan sebagai dasar untuk menyusun proposal penelitian kuantitatif secara benar
PO-2 Menguasai teori terkini yang terkait dengan pengetahuan sains dan pendidikan sains yang digunakan sebagai dasar untuk menyusun proposal penelitian kuantitatif secara benar
PO-3 Mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional