|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Desain dan Analisis Data Penelitian Kuantitatif |
8400103066 |
Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional |
T=3 |
P=0 |
ECTS=7.56 |
1 |
25 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Rudiana Agustini, M.Pd.
|
Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd.
|
Prof. Dr. Suyatno, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-7 |
Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional |
PLO-8 |
Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia |
PLO-9 |
Mampu memimpin dan mengelola penelitian interdisiplin, multidisiplin dan transdisiplin untuk menghasilkan inovasi dan pengembangan pendidikan sains |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menguasai filosofi untuk mengembangkan dan memperbarui pendidikan sains yang digunakan sebagai dasar untuk menyusun proposal penelitian kuantitatif secara benar
|
PO - 2 |
Menguasai teori terkini yang terkait dengan pengetahuan sains dan pendidikan sains yang digunakan sebagai dasar untuk menyusun proposal penelitian kuantitatif secara benar
|
PO - 3 |
Mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PO-1 | ✔ | ✔ | | | | PO-2 | | | ✔ | | | PO-3 | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Kajian tentang proses dan paradigma penelitian metode kuantitatif, kerangka berpikir, hipotesis dan variable penelitian, populasi dan sample, instrumen penelitian, penelitian eksperimen, penelitian survey, pengumpulan data, dan analisis data. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Jan van den Akker, Brenda Bannan, Anthony E. Kelly, Nienke Nieveen, Tjeerd Plomp. (2013). Educational Design Research. Netherlands: Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO
- John W. Creswel1.(2003). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed method. Approaches. 2nd ed. Sage Publications.
- John W. Creswell. (2012). Educational Research. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4th ed. Boston: Pearson Education, Inc.,
- Louis Cohen, Lawrence Manion, and Keith Morrison (2007). Research Methods in Education, Sixth edition. Routledge. USA and Canada.
- Prabhat Pandey, Meenu Mishra Pandey (2015). Research Methodology: Tools And Techniques, First published. Romania: Bridge Center
- Christensen, L.B. (2007). Experimental Methodology. (10th ed). Boston: Allyn and Bacon.
- Fraenkel, J.R. and Wallen, N.E. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education New York: McGraw-Hill .
- Krippendorff, K. (2018). Content Analysis. An Introduction to its Methodology. London: Sage Publications
- Vockell, E.L. and Asher, J.W. (1995). Educational Research. New Jersey: Prentice-Hall, Inc
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Hj. Rudiana Agustini, M.Pd. Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami filosofi disertasi |
Membedakan skripsi, tesis, dan disertasi Mendeskripsikan proses penelitian kuantitatif |
Kriteria:
Partisipasi dengan bobot 20%; Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah, Tanya jawab 3 x 50 menit |
|
Materi: Perbedaan skripsi, tesis dan disertasi Pustaka: John W. Creswel1.(2003). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed method. Approaches. 2nd ed. Sage Publications. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Menyusun latar belakang dan rumusan masalah secara benar |
Menganalisis artikel pada jurnal internasional bereputasi |
Kriteria:
Partisipasi dengan bobot 20%; Tugas dengan bobot 30% Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi/diskusi 3x50 menit |
Eksplorasi Artikel Berkualitas dan Mutakhir pada Jurnal Internasional Bereputasi
|
Materi: Proses penelitian kuantitatif Masalah dan Rumusan masalah Paradigma penelitian Pustaka: John W. Creswell. (2012). Educational Research. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4th ed. Boston: Pearson Education, Inc., |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menemukan dan Mengkaji Artikel Berkualitas dan Mutakhir pada Jurnal Internasional Bereputasi |
Menganalisis kebaruan dari penelitian doktor melalui kajian disertasi dan artikel pada jurnal internasional bereputasi |
Kriteria:
Kriteria: Partisipasi dengan bobot 20%; Tugas dengan bobot 30% Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi/diskusi kelompok
|
Eksplorasi artikel artikel berkualitas dan mutakhir pada jurnal internasional bereputasi 3x50 menit |
Materi: Analisis artikel pada jurnal internasional bereputasi Pustaka: John W. Creswell. (2012). Educational Research. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4th ed. Boston: Pearson Education, Inc., |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Menyusun rumusan masalah, kerangka berpikir, hipotesis, variable penelitian secara benar |
- Menentukan teori yang mendasari hal pokok penelitian
- Mendeskripsikan teori dasar penelitian
- Mendeskripsikan kerangka berpikir dan kerangka konseptual
- Merumuskan hipotesis dan variabel penelitian
|
Kriteria:
Kriteria: Partisipasi dengan bobot 20%; Tugas dengan bobot 30% Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi/diskusi kelompok
|
Eksplorasi kebaruan artikel pada jurnal internasional 3x50 menit |
Materi: kebaruan dari penelitian doktor melalui kajian disertasi dan artikel pada jurnal internasional bereputasi Pustaka: John W. Creswell. (2012). Educational Research. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4th ed. Boston: Pearson Education, Inc., |
7% |
5
Minggu ke 5 |
Mengkaji Rancangan Penelitian kuantitatif Disertasi Doktor Pendidikan Sains yang memenuhi KKNI level 9 |
Menganalisis rancangan penelitian kuantitatif |
Kriteria:
Partisipasi dengan bobot 20%; Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi/diskusi kelompok
|
Eksplorasi teori yang mendasari hal pokok penelitian 3x50 menit |
Materi: Penyusunan rumusan masalah, kerangka berpikir, hipotesis Pustaka: John W. Creswell. (2012). Educational Research. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4th ed. Boston: Pearson Education, Inc., |
7% |
6
Minggu ke 6 |
Mengkaji penelitian campuran (kualtitatif dan kuantitatif) |
Menganalisis rancangan penelitian campuran (kualtitatif dan kuantitatif) |
Kriteria:
Partisipasi dengan bobot 20%; Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi
|
Eksplorasi rancangan penelitian campuran (kualtitatif dan kuantitatif) 3 x50 m3nit |
Materi: rancangan penelitian kuantitatif Pustaka: John W. Creswel1.(2003). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed method. Approaches. 2nd ed. Sage Publications. |
7% |
7
Minggu ke 7 |
Mengkaji model- model penelitian pengembangan (R&D) |
Merancang penelitian pengembangan (R&D) |
Kriteria:
Kriteria: Partisipasi dengan bobot 20%; Tugas dengan bobot 30% Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi/diskusi kelompok
|
Eksplorasi model-model penelitian pengembangan 3x50 menit |
Materi: Rancangan penelitian pengembangan Pustaka: Fraenkel, J.R. and Wallen, N.E. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education New York: McGraw-Hill . |
7% |
8
Minggu ke 8 |
Kemampuan Akhir dari TM-1 sampai dengan TM-7 |
Indikator TM-1 sampai dengan indikator TM-7 |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS 3 x 50 menit |
|
Materi: Topik pembelajaran dari TM-1 sampai TM-7 Pustaka: |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Menyusun bab 1 pendahuluan sesuai topik disertasi |
Menyusun draft pendahuluan proposal disertasi |
Kriteria:
Partisipasi dengan bobot 20%; Tugas dengan bobot 30% Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Produk. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL, Presentasi. diskusi kelas
|
Mengkaji artikel dan teari-teori terkait sebagai dasar untuk menyusun pendahuluan proposal disertasi 3x50 menit |
Materi: Pendahuluan: Latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan definsi istilah Pustaka: John W. Creswell. (2012). Educational Research. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4th ed. Boston: Pearson Education, Inc., |
7% |
10
Minggu ke 10 |
Menyusun bab 2 kajian teori proposal disertasi |
Menyusun kajian teori proposal disertasi |
Kriteria:
Partisipasi dengan bobot 20%; Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif dan penilaian produk Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL, Presentasi, diskusi kelompok
|
Menyiapkan kajian teori proposal disertasi 3x50 menit |
Materi: Penyusunan kajian teori Pustaka: John W. Creswell. (2012). Educational Research. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4th ed. Boston: Pearson Education, Inc., |
7% |
11
Minggu ke 11 |
Menyusun bab 3 metode penelitian |
Menyusun rancangan penelitian (jenis penelitian, populasi, sampel, rancangan penelitian, variabel penelitian) |
Kriteria:
Partisipasi dengan bobot 20%; Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif dan penilaian produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL, Presentasi dan diskusi kelompok
|
Menyiapkan rancangan penelitian ((jenis penelitian, populasi, sampel, rancangan penelitian, variabel penelitian) 3x50 menit |
Materi: rancangan penelitian sesuai disertasi Pustaka: John W. Creswell. (2012). Educational Research. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4th ed. Boston: Pearson Education, Inc., |
7% |
12
Minggu ke 12 |
Menyusun bab 3 metode penelitian |
Menyusun rancangan penelitian (jenis penelitian, populasi, sampel, rancangan penelitian, variabel penelitian |
Kriteria:
Kriteria: Partisipasi dengan bobot 20%; Tugas dengan bobot 30% Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Produk. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL, Presentasi dan diskusi kelas
|
Menyiapkan rancangan penelitian ((jenis penelitian, populasi, sampel, rancangan penelitian, variabel penelitian) 3x50 menit |
Materi: Rancangan penelitian Pustaka: John W. Creswell. (2012). Educational Research. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4th ed. Boston: Pearson Education, Inc., |
7% |
13
Minggu ke 13 |
Menyusun bab 3 metode penelitian: instrumen penelitian |
Menyusun proposal dengan benar |
Kriteria:
Partisipasi dengan bobot 20%; Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif dan penilaian produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL, Presentasi dan diskusi kelas
|
Menyiapkan instrumen penelitian 3 x 50 menit |
Materi: Penyusunan instrumen penelitian Pustaka: Fraenkel, J.R. and Wallen, N.E. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education New York: McGraw-Hill . |
7% |
14
Minggu ke 14 |
Menentukan dan menerapkan teknik pengumpulan data dan analis data secara benar. |
- Menjelaskan teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket, dan observasi
- Menentukan teknik pengumpulan data yang tepat untuk penelitian
- Menjelaskan a nalisis deskriptif dan statistik
- Menentukan analisis data yang tepat untuk penelitian
|
Kriteria:
Partisipasi dengan bobot 20%; Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif dan penilaian produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL, Presentasi dan diskusi kelas
|
Menyiapkan teknik pengumpulan data dan analis data 3x50 menit |
Materi: Teknik pengumpulan data dan analisis data Pustaka: John W. Creswell. (2012). Educational Research. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4th ed. Boston: Pearson Education, Inc., |
7% |
15
Minggu ke 15 |
Menerapkan Statistik parametrik dan non parametrik ke dalam proposal penelitian kuantitatif |
- Menentukan jenis statistik untuk analisis data
- Menentukan syarat uji statistik
|
Kriteria:
Kriteria: Partisipasi dengan bobot 20%; Tugas dengan bobot 30% Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Produk Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL, Presentasi dan diskusi kelas
|
Menyiapkan teknik analis data 3x50 menit |
Materi: Statistik parametrik dan non parametrik Pustaka: John W. Creswell. (2012). Educational Research. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4th ed. Boston: Pearson Education, Inc., |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Kemampuan Akhir dari TM-9 sampai dengan TM-15 |
Indikator TM-9 sampai dengan indikator TM-15 |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UAS 2 x 50 menit |
Materi: Topik pembelajaran dari TM-9 sampai TM-15 Pustaka: |
5% |