Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Desain dan Analisis Data Penelitian Kuantitatif

8400103066

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional

T=3

P=0

ECTS=7.56

1

25 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Rudiana Agustini, M.Pd.




Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd.




Prof. Dr. Suyatno, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-7

Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional

PLO-8

Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia

PLO-9

Mampu memimpin dan mengelola penelitian interdisiplin, multidisiplin dan transdisiplin untuk menghasilkan inovasi dan pengembangan pendidikan sains

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menguasai filosofi untuk mengembangkan dan memperbarui pendidikan sains yang digunakan sebagai dasar untuk menyusun proposal penelitian kuantitatif secara benar

PO - 2

Menguasai teori terkini yang terkait dengan pengetahuan sains dan pendidikan sains yang digunakan sebagai dasar untuk menyusun proposal penelitian kuantitatif secara benar

PO - 3

Mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-7PLO-8PLO-9
PO-1   
PO-2    
PO-3  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Kajian tentang proses dan paradigma penelitian metode kuantitatif, kerangka berpikir, hipotesis dan variable penelitian, populasi dan sample, instrumen penelitian, penelitian eksperimen, penelitian survey, pengumpulan data, dan analisis data.

Pustaka

Utama :

  1. Jan van den Akker, Brenda Bannan, Anthony E. Kelly, Nienke Nieveen, Tjeerd Plomp. (2013). Educational Design Research. Netherlands: Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO
  2. John W. Creswel1.(2003). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed method. Approaches. 2nd ed. Sage Publications.
  3. John W. Creswell. (2012). Educational Research. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4th ed. Boston: Pearson Education, Inc.,
  4. Louis Cohen, Lawrence Manion, and Keith Morrison (2007). Research Methods in Education, Sixth edition. Routledge. USA and Canada.
  5. Prabhat Pandey, Meenu Mishra Pandey (2015). Research Methodology: Tools And Techniques, First published. Romania: Bridge Center
  6. Christensen, L.B. (2007). Experimental Methodology. (10th ed). Boston: Allyn and Bacon.
  7. Fraenkel, J.R. and Wallen, N.E. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education New York: McGraw-Hill .
  8. Krippendorff, K. (2018). Content Analysis. An Introduction to its Methodology. London: Sage Publications
  9. Vockell, E.L. and Asher, J.W. (1995). Educational Research. New Jersey: Prentice-Hall, Inc

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Hj. Rudiana Agustini, M.Pd.

Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami filosofi disertasi

Membedakan skripsi, tesis, dan disertasi Mendeskripsikan proses penelitian kuantitatif

Kriteria:

Partisipasi dengan bobot 20%; Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, Tanya jawab
3 x 50 menit

Materi: Perbedaan skripsi, tesis dan disertasi
Pustaka: John W. Creswel1.(2003). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed method. Approaches. 2nd ed. Sage Publications.
5%

2

Minggu ke 2

Menyusun latar belakang dan rumusan masalah secara benar

Menganalisis artikel pada jurnal internasional bereputasi

Kriteria:

Partisipasi dengan bobot 20%; Tugas dengan bobot 30% Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif,


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi/diskusi
3x50 menit
Eksplorasi Artikel Berkualitas dan Mutakhir pada Jurnal Internasional Bereputasi
Materi: Proses penelitian kuantitatif Masalah dan Rumusan masalah Paradigma penelitian
Pustaka: John W. Creswell. (2012). Educational Research. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4th ed. Boston: Pearson Education, Inc.,
5%

3

Minggu ke 3

Menemukan dan Mengkaji Artikel Berkualitas dan Mutakhir pada Jurnal Internasional Bereputasi

Menganalisis kebaruan dari penelitian doktor melalui kajian disertasi dan artikel pada jurnal internasional bereputasi

Kriteria:

Kriteria: Partisipasi dengan bobot 20%; Tugas dengan bobot 30% Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif,


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi/diskusi kelompok
Eksplorasi artikel artikel berkualitas dan mutakhir pada jurnal internasional bereputasi
3x50 menit
Materi: Analisis artikel pada jurnal internasional bereputasi
Pustaka: John W. Creswell. (2012). Educational Research. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4th ed. Boston: Pearson Education, Inc.,
5%

4

Minggu ke 4

Menyusun rumusan masalah, kerangka berpikir, hipotesis, variable penelitian secara benar

  1. Menentukan teori yang mendasari hal pokok penelitian
  2. Mendeskripsikan teori dasar penelitian
  3. Mendeskripsikan kerangka berpikir dan kerangka konseptual
  4. Merumuskan hipotesis dan variabel penelitian
Kriteria:

Kriteria: Partisipasi dengan bobot 20%; Tugas dengan bobot 30% Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif,


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi/diskusi kelompok
Eksplorasi kebaruan artikel pada jurnal internasional
3x50 menit
Materi: kebaruan dari penelitian doktor melalui kajian disertasi dan artikel pada jurnal internasional bereputasi
Pustaka: John W. Creswell. (2012). Educational Research. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4th ed. Boston: Pearson Education, Inc.,
7%

5

Minggu ke 5

Mengkaji Rancangan Penelitian kuantitatif Disertasi Doktor Pendidikan Sains yang memenuhi KKNI level 9

Menganalisis rancangan penelitian kuantitatif

Kriteria:

Partisipasi dengan bobot 20%; Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi/diskusi kelompok
Eksplorasi teori yang mendasari hal pokok penelitian
3x50 menit
Materi: Penyusunan rumusan masalah, kerangka berpikir, hipotesis
Pustaka: John W. Creswell. (2012). Educational Research. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4th ed. Boston: Pearson Education, Inc.,
7%

6

Minggu ke 6

Mengkaji penelitian campuran (kualtitatif dan kuantitatif)

Menganalisis rancangan penelitian campuran (kualtitatif dan kuantitatif)

Kriteria:

Partisipasi dengan bobot 20%; Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi
Eksplorasi rancangan penelitian campuran (kualtitatif dan kuantitatif)
3 x50 m3nit
Materi: rancangan penelitian kuantitatif
Pustaka: John W. Creswel1.(2003). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed method. Approaches. 2nd ed. Sage Publications.
7%

7

Minggu ke 7

Mengkaji model- model penelitian pengembangan (R&D)

Merancang penelitian pengembangan (R&D)

Kriteria:

Kriteria: Partisipasi dengan bobot 20%; Tugas dengan bobot 30% Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif,


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi/diskusi kelompok
Eksplorasi model-model penelitian pengembangan
3x50 menit
Materi: Rancangan penelitian pengembangan
Pustaka: Fraenkel, J.R. and Wallen, N.E. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education New York: McGraw-Hill .
7%

8

Minggu ke 8

Kemampuan Akhir dari TM-1 sampai dengan TM-7

Indikator TM-1 sampai dengan indikator TM-7

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS
3 x 50 menit

Materi: Topik pembelajaran dari TM-1 sampai TM-7
Pustaka:
5%

9

Minggu ke 9

Menyusun bab 1 pendahuluan sesuai topik disertasi

Menyusun draft pendahuluan proposal disertasi

Kriteria:

Partisipasi dengan bobot 20%; Tugas dengan bobot 30% Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Produk.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PJBL, Presentasi. diskusi kelas
Mengkaji artikel dan teari-teori terkait sebagai dasar untuk menyusun pendahuluan proposal disertasi
3x50 menit
Materi: Pendahuluan: Latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan definsi istilah
Pustaka: John W. Creswell. (2012). Educational Research. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4th ed. Boston: Pearson Education, Inc.,
7%

10

Minggu ke 10

Menyusun bab 2 kajian teori proposal disertasi

Menyusun kajian teori proposal disertasi

Kriteria:

Partisipasi dengan bobot 20%; Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif dan penilaian produk


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PJBL, Presentasi, diskusi kelompok
Menyiapkan kajian teori proposal disertasi
3x50 menit
Materi: Penyusunan kajian teori
Pustaka: John W. Creswell. (2012). Educational Research. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4th ed. Boston: Pearson Education, Inc.,
7%

11

Minggu ke 11

Menyusun bab 3 metode penelitian

Menyusun rancangan penelitian (jenis penelitian, populasi, sampel, rancangan penelitian, variabel penelitian)

Kriteria:

Partisipasi dengan bobot 20%; Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif dan penilaian produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PJBL, Presentasi dan diskusi kelompok
Menyiapkan rancangan penelitian ((jenis penelitian, populasi, sampel, rancangan penelitian, variabel penelitian)
3x50 menit
Materi: rancangan penelitian sesuai disertasi
Pustaka: John W. Creswell. (2012). Educational Research. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4th ed. Boston: Pearson Education, Inc.,
7%

12

Minggu ke 12

Menyusun bab 3 metode penelitian

Menyusun rancangan penelitian (jenis penelitian, populasi, sampel, rancangan penelitian, variabel penelitian

Kriteria:

Kriteria: Partisipasi dengan bobot 20%; Tugas dengan bobot 30% Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Produk.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PJBL, Presentasi dan diskusi kelas
Menyiapkan rancangan penelitian ((jenis penelitian, populasi, sampel, rancangan penelitian, variabel penelitian)
3x50 menit
Materi: Rancangan penelitian
Pustaka: John W. Creswell. (2012). Educational Research. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4th ed. Boston: Pearson Education, Inc.,
7%

13

Minggu ke 13

Menyusun bab 3 metode penelitian: instrumen penelitian

Menyusun proposal dengan benar

Kriteria:

Partisipasi dengan bobot 20%; Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif dan penilaian produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PJBL, Presentasi dan diskusi kelas
Menyiapkan instrumen penelitian
3 x 50 menit
Materi: Penyusunan instrumen penelitian
Pustaka: Fraenkel, J.R. and Wallen, N.E. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education New York: McGraw-Hill .
7%

14

Minggu ke 14

Menentukan dan menerapkan teknik pengumpulan data dan analis data secara benar.

  1. Menjelaskan teknik pengumpulan data melalui wawancara, angket, dan observasi
  2. Menentukan teknik pengumpulan data yang tepat untuk penelitian
  3. Menjelaskan a nalisis deskriptif dan statistik
  4. Menentukan analisis data yang tepat untuk penelitian
Kriteria:

Partisipasi dengan bobot 20%; Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif dan penilaian produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PJBL, Presentasi dan diskusi kelas
Menyiapkan teknik pengumpulan data dan analis data
3x50 menit
Materi: Teknik pengumpulan data dan analisis data
Pustaka: John W. Creswell. (2012). Educational Research. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4th ed. Boston: Pearson Education, Inc.,
7%

15

Minggu ke 15

Menerapkan Statistik parametrik dan non parametrik ke dalam proposal penelitian kuantitatif

  1. Menentukan jenis statistik untuk analisis data
  2. Menentukan syarat uji statistik
Kriteria:

Kriteria: Partisipasi dengan bobot 20%; Tugas dengan bobot 30% Penilaian kinerja dilakukan secara terintegrasi dengan pembelajaran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Produk


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PJBL, Presentasi dan diskusi kelas
Menyiapkan teknik analis data
3x50 menit
Materi: Statistik parametrik dan non parametrik
Pustaka: John W. Creswell. (2012). Educational Research. Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4th ed. Boston: Pearson Education, Inc.,
5%

16

Minggu ke 16

Kemampuan Akhir dari TM-9 sampai dengan TM-15

Indikator TM-9 sampai dengan indikator TM-15

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk

Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UAS
2 x 50 menit
Materi: Topik pembelajaran dari TM-9 sampai TM-15
Pustaka:
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 63%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 37%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.