Matakuliah ini mengajarkan agar Mahasiswa memiliki Kemampuan menganalisis kegiatan usaha secara mandiri sebagai syarat mutlak bagi praktisi usaha mandiri , seperti wirausahawan, pelaku bisnis . Mata kuliah ini didesain untuk mengembangkan kemampuan yang diperlukan untuk memahami berwirausaha serta mengevaluasi peluang usaha berdasarkan informasi yang terdapat di kehidupan masyarakat sesuai dengan kebutuhan. Mata kuliah Pemasaran bagi Wirausaha dirancang untuk mendorong minat mahasiswa, sekaligus mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan secara riil. Menjadi wirausaha bukan menciptakan produk yang inovatif saja tetapi perlu strategi untuk meraih pasar dan menghadapi persaingan sebagai tantangan menghadapi pembeli/pengguna produk. Perkembangan jaman menuntut dan tertantang untuk mencari strategi menjual produk dengan berbagai terobosan-terobosan baru misalnya dengan market place atau penjualan secara online yang nantinya akan menggerus penjualan secara konvensional. Manajemen strategis dapat meningkatkan efektivitas usaha dimulai dari usaha kecil yang harus memiliki proisedur yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen .