Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Ekonomi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Analisis Pasar

8722004145

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

5

1 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Ladi wajuba perdini fisabilillah,M.SE




Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E.




Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu menganalisis konsep teoritis ekonomi secara keseluruhan

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa memiliki kemampuan menerapkan dalam rencana mengembangkan pasar untuk menciptakan pemasaran yang kreatif dan memberikan informasi kegiatan usaha yang dilakukan yang berguna untuk menyesesuaian bisnis starup dalam menjalankan usaha.

PO - 2

Mahasiswa memiliki kemampuan melakukan analisis laporan mengelola keuangan dalam berusaha dengan cara mengidentifikasi, menganalisis dan mengevaluasi informasi yang terdapat di dalam laporan kemajuan dalam memasarkan produk , mengelola usaha serta membantu manajemen di dalam membuat keputusan organisasi dan bisnis terutama membangunloyalitas pelanggan dan memperluas pangsa pasar

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-4PLO-5
PO-1  
PO-2  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini mengajarkan agar Mahasiswa memiliki Kemampuan menganalisis kegiatan usaha secara mandiri sebagai syarat mutlak bagi praktisi usaha mandiri , seperti wirausahawan, pelaku bisnis . Mata kuliah ini didesain untuk mengembangkan kemampuan yang diperlukan untuk memahami berwirausaha serta mengevaluasi peluang usaha berdasarkan informasi yang terdapat di kehidupan masyarakat sesuai dengan kebutuhan. Mata kuliah Pemasaran bagi Wirausaha dirancang untuk mendorong minat mahasiswa, sekaligus mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan secara riil. Menjadi wirausaha bukan menciptakan produk yang inovatif saja tetapi perlu strategi untuk meraih pasar dan menghadapi persaingan sebagai tantangan menghadapi pembeli/pengguna produk. Perkembangan jaman menuntut dan tertantang untuk mencari strategi menjual produk dengan berbagai terobosan-terobosan baru misalnya dengan market place atau penjualan secara online yang nantinya akan menggerus penjualan secara konvensional. Manajemen strategis dapat meningkatkan efektivitas usaha dimulai dari usaha kecil yang harus memiliki proisedur yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen .

Pustaka

Utama :

  1. Thomas W. Zimmerer. Norman M. Scarborough, Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Salemba Empat. Hendro, 2011 Dasar-dasar Kewirausahaan, Panduan bagi mahasiswa untuk Mengenal, memahami dan memasuki Dunia Bisnis. Hendro, 2011 Dasar-dasar Kewirausahaan, Panduan bagi mahasiswa untuk Mengenal, memahami dan memasuki Dunia

Pendukung :

  1. Ciptono Fandy: Strategi Pemasaran , Andi Yogyakarta
  2. Bruce R. Barringer, R. Duane Ireland, Entrepreneurship, successfullynLaunching New Ventures, Fourth Edition, Prentice Hall
  3. Hendro, 2011 Dasar-dasar Kewirausahaan, Panduan bagi mahasiswa untuk Mengenal, memahami dan memasuki Dunia Bisnis.
  4. Cannon, Perreaullt, Mc Carthy, Pemasaran Dasar, Pendekatan Manajerial Global , Salemba Empat

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengenal Digital preneurship, serta tips, taktik, dan strategi untuk membangunnya

  1. Tren Kewirausahaan, Mengembangkan bisnis dan Trend Baru Entrepreneur ship
  2. Tren Kewirausahaan, Mengembangkan bisnis dan Jenis Bisnis Digital

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah, Diskusi dalam kelompok Kolaboratif
4 X 50
Kuliah, Diskusi dalam kelompok Kolaboratif
4 X 50
4%

2

Minggu ke 2

  1. Mampu menjelaskan rencana pemasaran , strategi dan taktik pemasaran
  2. Mampu menjelaskan bauran pemasaran, kebijakan harga dan promosi
  1. Keterampilan Menjual dan Negosiasi
  2. Selling Skill Is An Embryo of Entrepreneurship Skill
Kriteria:

Penyelesaian soal Pemasaran dengan analisis menyampaikan peluang usaha dengan menghubungkan 4P


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kelompok dan tanya jawab
4 X 50
Diskusi kelompok dan tanya jawab
4 X 50
Materi: Keterampilan menjual dan negosiasi
Pustaka: Ciptono Fandy: Strategi Pemasaran , Andi Yogyakarta
4%

3

Minggu ke 3

  1. Mampu menjelaskan perbedaan Marketing dan Selling
  2. Mampu menjelaskan pentingnya kualitas dalam visi menjual
  3. Mampu menjelaskan tahapan-tahapan menjual
  4. Mampu menjelaskan cara dan strategi dalam bernegosiasi dan memahami tentang kepuasan pelangan
  1. Keterampilan Menjual dan Negosiasi
  2. -Selling Skill Is An Embryo of Entrepreneurship Skill
Kriteria:

Penyelesaian soal Strategi/ Teknik menjual

Diskusi kelompok dan tanya jawab
4 x 50
Diskusi kelompok dan tanya jawab
4 x 50
Materi: Keterampilan menjual dan negosiasi
Pustaka: Ciptono Fandy: Strategi Pemasaran , Andi Yogyakarta
4%

4

Minggu ke 4

  1. Mampu membangun pola pikir pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasarannya
  2. Mampu menjelaskan Strategi pemasaran berisi strategi yang spesifik
  1. -Konsep Kepuasan Pelanggan
  2. -Teori dan Model kepuasan Pelanggan
  3. Pengukuran Kepuasan Pelanggan
Kriteria:

pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan dan Tanya Jawab
4 x 50
Penjelasan dan Tanya Jawab
4 x 50
Materi: pemasaran
Pustaka: Ciptono Fandy: Strategi Pemasaran , Andi Yogyakarta
4%

5

Minggu ke 5

  1. Mampu Menjelaskan pentingnya atribut Produk
  2. Mampu memahami perubahan struktur pasar Dalam memposisikan produk
  3. Menjelskan lingkup produk yang dicari konsumen
  4. Mampu menjelaskan keanekaragaman produk untuk mengatasi kejenuhan konsumen
  1. Atribut Produk
  2. Positioning produk
  3. Lingkup Produk
  4. Strategi Diversifikasi Produk
Kriteria:

Bentuk non tes – Tanya Jawab


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Penjelasan, Tanya Jawab dan Pembahasan Kasus
4 x 50
Penjelasan, Tanya Jawab dan Pembahasan Kasus
4 x 50
Materi: strategi produk
Pustaka: Bruce R. Barringer, R. Duane Ireland, Entrepreneurship, successfullynLaunching New Ventures, Fourth Edition, Prentice Hall
4%

6

Minggu ke 6

  1. Memahami hal-hal yang disiratkan oleh kelompok-kelompok produk berdasarkan distribusinya
  2. Memahami bagaimana dan mengapa pemasaran mengembangkan sistem penyalur yang efektif
  3. Memahami perbedaan jenis distribusi yang membantu memasarkan produk
  1. Tujuan distribusi
  2. Sistem penyalur yang efektif
  3. Distribusi intensif, selektif dan eksklusif

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Penjelasan,Tanya Jawab Pembahasan Kasus
4 x 50
Penjelasan,Tanya Jawab Pembahasan Kasus
4 x 50
Materi: distribusi produk
Pustaka: Cannon, Perreaullt, Mc Carthy, Pemasaran Dasar, Pendekatan Manajerial Global , Salemba Empat
5%

7

Minggu ke 7

Menjelaskan pentingnya pasar untuk mencapai target produk aktual dan pembeli potensial

Presentasi Kemampuan dalam Mengembangkan Pasar

Kriteria:

Deskripsi dan metode analisis


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Presentsi kelompok untuk memahami pentingnya memasarkan produk
4 x 50
Presentsi kelompok untuk memahami pentingnya memasarkan produk
4 x 50
10%

8

Minggu ke 8

UTS

Kriteria:

Kriteria: pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
UTS
4 X 50

0%

9

Minggu ke 9

  1. Mengetahui perbedaan utama antara barang dan jasa
  2. Mengetahui perbedaan diantara berbagai kelas konsumen dan kelompok produk bisnis
  3. Memahami pentingnya kemasan dan peran garansi dalam perencanaan strategi memasarkan produk
  1. Perbedaan produk dan jasa
  2. Kelas Konsumen
  3. Kemasan, Peran Garansi
Kriteria:

tanya jawab tentang perbedaan produk barang dan jasa


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Penjelasan dan Tanya Jawab
4 x 50
Penjelasan dan Tanya Jawab
4 x 50
Materi: pemasaran
Pustaka: Cannon, Perreaullt, Mc Carthy, Pemasaran Dasar, Pendekatan Manajerial Global , Salemba Empat
5%

10

Minggu ke 10

  1. Mahasiswa mampu mengenal startegi memetakan produk, kualitas dan harga dengan pesaing
  2. Memahami supply dan Demand untuk suatu produk
  3. Mampu memahami proses keputusan pembelian dari konsumen
  1. Product Mapping
  2. Memahami Teori Permintaan dan Penwaran
  3. Perilaku Konsumen
Kriteria:
  1. Penyelesaian kasus
  2. Tehnik dan Metode Analisis Prospektif Strategi Mengembangkan Bisnis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Uji Pengetahuan, Tugas Individu dan Kelompok serta Diskusi Kelas
4 x 50
Uji Pengetahuan, Tugas Individu dan Kelompok serta Diskusi Kelas
4 x 50
Materi: manajemen dan strategi pengembangan bisnis
Pustaka: Hendro, 2011 Dasar-dasar Kewirausahaan, Panduan bagi mahasiswa untuk Mengenal, memahami dan memasuki Dunia Bisnis.
4%

11

Minggu ke 11

  1. Mampu mengambil keputusan bisnis pemula yang bisa di lakukan di rumah
  2. Mampu menentukan layout dalam memasarkan produk agar menjadi daya tarik bagi konsumen
  3. Mengetahui arti pentingnya kelengkapan fasilitas fisik sebagai penunjang usaha
  1. Memilih Lokasi dan Merencanakan Fasilitas: bisnis dari rumah
  2. Merancang Fasilitas Fisik
  3. Melengkapi Fasilitas Fisik
Kriteria:

Tanya Jawab Pentingnya Lokasi Bisnis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah, Presentasi & Diskusi dalam kelompok Kolaboratif
4 x 50
Kuliah, Presentasi & Diskusi dalam kelompok Kolaboratif
4 x 50
Materi: usaha UMKM
Pustaka: Thomas W. Zimmerer. Norman M. Scarborough, Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Salemba Empat. Hendro, 2011 Dasar-dasar Kewirausahaan, Panduan bagi mahasiswa untuk Mengenal, memahami dan memasuki Dunia Bisnis. Hendro, 2011 Dasar-dasar Kewirausahaan, Panduan bagi mahasiswa untuk Mengenal, memahami dan memasuki Dunia
5%

12

Minggu ke 12

  1. Memahami pentingnya riset pasar dalam membuat rencana pemasaran gerilya dan menguraikan proses riset pasar
  2. Mampu menjelaskan cara bisnis dalam menentukan pasar sasaran
  3. Mampu mendiskripsikan cara usaha dalam menghadapi persaingan
  4. Mampu menjelaskn pentingnya komunikasi pemasaran melalui WWW
  1. Menyusun Rencana Pemasaran yang Kuat: Pasar Gerilya
  2. Menentukan Pasar Sasaran
  3. Keunggulan Bersaing
  4. Pemasaran di Word Wide Web
Kriteria:

Penyelesaian Rencana Pemasaran yang efektif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kuliah, Presentasi, Diskusi dalam kelompok Tanya jawab,Tugas merancang komunikasi pemasaran.
4 X 50
Kuliah, Presentasi, Diskusi dalam kelompok Tanya jawab,Tugas merancang komunikasi pemasaran.
4 X 50
Materi: rencana pemasaran
Pustaka: Thomas W. Zimmerer. Norman M. Scarborough, Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Salemba Empat. Hendro, 2011 Dasar-dasar Kewirausahaan, Panduan bagi mahasiswa untuk Mengenal, memahami dan memasuki Dunia Bisnis. Hendro, 2011 Dasar-dasar Kewirausahaan, Panduan bagi mahasiswa untuk Mengenal, memahami dan memasuki Dunia
5%

13

Minggu ke 13

  1. Mampu memahami pentingnya manajemen keuangan dalam menjaga kelangsungan sebuah bisnis beserta ruang lingkupnya
  2. Mampu mempelajari dan mengenal dministrasi keuangn, pencatatan transaksi keuangan, peyusunan laporan dan cara menganalisa laporan keuangan
  1. Manajemen dan Administrasi Keuangan: Time Value of Money
  2. Administrasi dan Pembukuan
  3. Transaksi Keuangan dan Pelaporan anggaran
Kriteria:

Penyelesaian soal Analisis , Likuiditas, Modal Kerja dan Pencatatan transaksi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah, Presentasi & Diskusi dalam kelompok Kolaboratif dan evaluasi
4 x 50
Kuliah, Presentasi & Diskusi dalam kelompok Kolaboratif dan evaluasi
4 x 50
Materi: manajemen dan administrasi keuangan
Pustaka: Thomas W. Zimmerer. Norman M. Scarborough, Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Salemba Empat. Hendro, 2011 Dasar-dasar Kewirausahaan, Panduan bagi mahasiswa untuk Mengenal, memahami dan memasuki Dunia Bisnis. Hendro, 2011 Dasar-dasar Kewirausahaan, Panduan bagi mahasiswa untuk Mengenal, memahami dan memasuki Dunia
5%

14

Minggu ke 14

  1. Mampu menjelaskan keunggulan dan kelemahan dari bentuk kepemilikan bisnis
  2. Mampu menguraikan keunggulan dan kelemahan setiap kepemilikan usaha
  3. mampu menjelaskan supply dan demand
  1. Bentuk-bentuk Kepemilikan Usaha: Perusahaan Perseorangan
  2. Bentuk-bentuk Kepemilikan Usaha: persekutuan
  3. Bentuk-bentuk Kepemilikan Usaha: perseroan
  4. Bentuk-bentuk Kepemilikan Usaha: bentuk kepemilikan lainnya
Kriteria:

Penyelesaian soal mengenai Pengembangan Bisinis


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Kuliah, Presentasi & Diskusi dalam kelompok Kolaboratif Tugas : Strategi mengembangkan usaha
4 x 50
Kuliah, Presentasi & Diskusi dalam kelompok Kolaboratif Tugas : Strategi mengembangkan usaha
4 x 50
Materi: kepemilikan bisnis
Pustaka: Thomas W. Zimmerer. Norman M. Scarborough, Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Salemba Empat. Hendro, 2011 Dasar-dasar Kewirausahaan, Panduan bagi mahasiswa untuk Mengenal, memahami dan memasuki Dunia Bisnis. Hendro, 2011 Dasar-dasar Kewirausahaan, Panduan bagi mahasiswa untuk Mengenal, memahami dan memasuki Dunia
5%

15

Minggu ke 15

  1. Memahami Pentingnya merencanakan modal dalam Bisnis
  2. Mengetahui arti Ketangguhan, Mental, resiko Kegagalan
  3. Menimbulkan Semangat Berwirausaha bagi pemula maupun yang sedang merintis usaha

Sukses Story dalam memasarkan produk

Kriteria:

Penyelesaian soal Startup wirausaha


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Observasi,wawancara , survey produk dan pasar
4 x 50
Observasi,wawancara , survey produk dan pasar
4 x 50
10%

16

Minggu ke 16

UAS

mahasiswa melakukan presentasi produk yang dihasilkan

Kriteria:

pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
presentasi produk
4 x 50
presentasi produk
4 x 50
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 30%
3. Praktik / Unjuk Kerja 40%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.