|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Ekonomi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analisis Pasar |
8722004145 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
5 |
1 September 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Ladi wajuba perdini fisabilillah,M.SE
|
Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E.
|
Dr. Tony Seno Aji, S.E., M.E. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu menganalisis konsep teoritis ekonomi secara keseluruhan |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa memiliki kemampuan menerapkan dalam rencana mengembangkan pasar untuk menciptakan pemasaran yang kreatif dan memberikan informasi kegiatan usaha yang dilakukan yang berguna untuk menyesesuaian bisnis starup dalam menjalankan usaha.
|
PO - 2 |
Mahasiswa memiliki kemampuan melakukan analisis laporan mengelola keuangan dalam berusaha dengan cara mengidentifikasi, menganalisis dan mengevaluasi informasi yang terdapat di dalam laporan kemajuan dalam memasarkan produk , mengelola usaha serta membantu manajemen di dalam membuat keputusan organisasi dan bisnis terutama membangunloyalitas pelanggan dan memperluas pangsa pasar
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PO-1 | ✔ | ✔ | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini mengajarkan agar Mahasiswa memiliki Kemampuan menganalisis kegiatan usaha secara mandiri sebagai syarat mutlak bagi praktisi usaha mandiri , seperti wirausahawan, pelaku bisnis . Mata kuliah ini didesain untuk mengembangkan kemampuan yang diperlukan untuk memahami berwirausaha serta mengevaluasi peluang usaha berdasarkan informasi yang terdapat di kehidupan masyarakat sesuai dengan kebutuhan. Mata kuliah Pemasaran bagi Wirausaha dirancang untuk mendorong minat mahasiswa, sekaligus mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan secara riil. Menjadi wirausaha bukan menciptakan produk yang inovatif saja tetapi perlu strategi untuk meraih pasar dan menghadapi persaingan sebagai tantangan menghadapi pembeli/pengguna produk. Perkembangan jaman menuntut dan tertantang untuk mencari strategi menjual produk dengan berbagai terobosan-terobosan baru misalnya dengan market place atau penjualan secara online yang nantinya akan menggerus penjualan secara konvensional. Manajemen strategis dapat meningkatkan efektivitas usaha dimulai dari usaha kecil yang harus memiliki proisedur yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen . |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Thomas W. Zimmerer. Norman M. Scarborough, Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Salemba Empat. Hendro, 2011 Dasar-dasar Kewirausahaan, Panduan bagi mahasiswa untuk Mengenal, memahami dan memasuki Dunia Bisnis. Hendro, 2011 Dasar-dasar Kewirausahaan, Panduan bagi mahasiswa untuk Mengenal, memahami dan memasuki Dunia
|
Pendukung : |
|
- Ciptono Fandy: Strategi Pemasaran , Andi Yogyakarta
- Bruce R. Barringer, R. Duane Ireland, Entrepreneurship, successfullynLaunching New Ventures, Fourth Edition, Prentice Hall
- Hendro, 2011 Dasar-dasar Kewirausahaan, Panduan bagi mahasiswa untuk Mengenal, memahami dan memasuki Dunia Bisnis.
- Cannon, Perreaullt, Mc Carthy, Pemasaran Dasar, Pendekatan Manajerial Global , Salemba Empat
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mengenal Digital preneurship, serta tips, taktik, dan strategi untuk membangunnya |
- Tren Kewirausahaan, Mengembangkan bisnis dan Trend Baru Entrepreneur ship
- Tren Kewirausahaan, Mengembangkan bisnis dan Jenis Bisnis Digital
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Diskusi dalam kelompok Kolaboratif 4 X 50 |
Kuliah, Diskusi dalam kelompok Kolaboratif 4 X 50 |
|
4% |
2
Minggu ke 2 |
- Mampu menjelaskan rencana pemasaran , strategi dan taktik pemasaran
- Mampu menjelaskan bauran pemasaran, kebijakan harga dan promosi
|
- Keterampilan Menjual dan Negosiasi
- Selling Skill Is An Embryo of Entrepreneurship Skill
|
Kriteria:
Penyelesaian soal Pemasaran dengan analisis menyampaikan peluang usaha dengan menghubungkan 4P Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kelompok dan tanya jawab 4 X 50 |
Diskusi kelompok dan tanya jawab 4 X 50 |
Materi: Keterampilan menjual dan negosiasi Pustaka: Ciptono Fandy: Strategi Pemasaran , Andi Yogyakarta |
4% |
3
Minggu ke 3 |
- Mampu menjelaskan perbedaan Marketing dan Selling
- Mampu menjelaskan pentingnya kualitas dalam visi menjual
- Mampu menjelaskan tahapan-tahapan menjual
- Mampu menjelaskan cara dan strategi dalam bernegosiasi dan memahami tentang kepuasan pelangan
|
- Keterampilan Menjual dan Negosiasi
- -Selling Skill Is An Embryo of Entrepreneurship Skill
|
Kriteria:
Penyelesaian soal Strategi/ Teknik menjual |
Diskusi kelompok dan tanya jawab 4 x 50 |
Diskusi kelompok dan tanya jawab 4 x 50 |
Materi: Keterampilan menjual dan negosiasi Pustaka: Ciptono Fandy: Strategi Pemasaran , Andi Yogyakarta |
4% |
4
Minggu ke 4 |
- Mampu membangun pola pikir pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasarannya
- Mampu menjelaskan Strategi pemasaran berisi strategi yang spesifik
|
- -Konsep Kepuasan Pelanggan
- -Teori dan Model kepuasan Pelanggan
- Pengukuran Kepuasan Pelanggan
|
Kriteria:
pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan dan Tanya Jawab 4 x 50 |
Penjelasan dan Tanya Jawab 4 x 50 |
Materi: pemasaran Pustaka: Ciptono Fandy: Strategi Pemasaran , Andi Yogyakarta |
4% |
5
Minggu ke 5 |
- Mampu Menjelaskan pentingnya atribut Produk
- Mampu memahami perubahan struktur pasar Dalam memposisikan produk
- Menjelskan lingkup produk yang dicari konsumen
- Mampu menjelaskan keanekaragaman produk untuk mengatasi kejenuhan konsumen
|
- Atribut Produk
- Positioning produk
- Lingkup Produk
- Strategi Diversifikasi Produk
|
Kriteria:
Bentuk non tes – Tanya Jawab Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Penjelasan, Tanya Jawab dan Pembahasan Kasus 4 x 50 |
Penjelasan, Tanya Jawab dan Pembahasan Kasus 4 x 50 |
Materi: strategi produk Pustaka: Bruce R. Barringer, R. Duane Ireland, Entrepreneurship, successfullynLaunching New Ventures, Fourth Edition, Prentice Hall |
4% |
6
Minggu ke 6 |
- Memahami hal-hal yang disiratkan oleh kelompok-kelompok produk berdasarkan distribusinya
- Memahami bagaimana dan mengapa pemasaran mengembangkan sistem penyalur yang efektif
- Memahami perbedaan jenis distribusi yang membantu memasarkan produk
|
- Tujuan distribusi
- Sistem penyalur yang efektif
- Distribusi intensif, selektif dan eksklusif
|
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Penjelasan,Tanya Jawab Pembahasan Kasus 4 x 50 |
Penjelasan,Tanya Jawab Pembahasan Kasus 4 x 50 |
Materi: distribusi produk Pustaka: Cannon, Perreaullt, Mc Carthy, Pemasaran Dasar, Pendekatan Manajerial Global , Salemba Empat |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Menjelaskan pentingnya pasar untuk mencapai target produk aktual dan pembeli potensial |
Presentasi Kemampuan dalam Mengembangkan Pasar |
Kriteria:
Deskripsi dan metode analisis Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Presentsi kelompok untuk memahami pentingnya memasarkan produk 4 x 50 |
Presentsi kelompok untuk memahami pentingnya memasarkan produk 4 x 50 |
|
10% |
8
Minggu ke 8 |
|
UTS |
Kriteria:
Kriteria: pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
UTS 4 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
- Mengetahui perbedaan utama antara barang dan jasa
- Mengetahui perbedaan diantara berbagai kelas konsumen dan kelompok produk bisnis
- Memahami pentingnya kemasan dan peran garansi dalam perencanaan strategi memasarkan produk
|
- Perbedaan produk dan jasa
- Kelas Konsumen
- Kemasan, Peran Garansi
|
Kriteria:
tanya jawab tentang perbedaan produk barang dan jasa Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Penjelasan dan Tanya Jawab 4 x 50 |
Penjelasan dan Tanya Jawab 4 x 50 |
Materi: pemasaran Pustaka: Cannon, Perreaullt, Mc Carthy, Pemasaran Dasar, Pendekatan Manajerial Global , Salemba Empat |
5% |
10
Minggu ke 10 |
- Mahasiswa mampu mengenal startegi memetakan produk, kualitas dan harga dengan pesaing
- Memahami supply dan Demand untuk suatu produk
- Mampu memahami proses keputusan pembelian dari konsumen
|
- Product Mapping
- Memahami Teori Permintaan dan Penwaran
- Perilaku Konsumen
|
Kriteria:
- Penyelesaian kasus
- Tehnik dan Metode Analisis Prospektif Strategi Mengembangkan Bisnis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Uji Pengetahuan, Tugas Individu dan Kelompok serta Diskusi Kelas 4 x 50 |
Uji Pengetahuan, Tugas Individu dan Kelompok serta Diskusi Kelas 4 x 50 |
Materi: manajemen dan strategi pengembangan bisnis Pustaka: Hendro, 2011 Dasar-dasar Kewirausahaan, Panduan bagi mahasiswa untuk Mengenal, memahami dan memasuki Dunia Bisnis. |
4% |
11
Minggu ke 11 |
- Mampu mengambil keputusan bisnis pemula yang bisa di lakukan di rumah
- Mampu menentukan layout dalam memasarkan produk agar menjadi daya tarik bagi konsumen
- Mengetahui arti pentingnya kelengkapan fasilitas fisik sebagai penunjang usaha
|
- Memilih Lokasi dan Merencanakan Fasilitas: bisnis dari rumah
- Merancang Fasilitas Fisik
- Melengkapi Fasilitas Fisik
|
Kriteria:
Tanya Jawab Pentingnya Lokasi Bisnis Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Presentasi & Diskusi dalam kelompok Kolaboratif 4 x 50 |
Kuliah, Presentasi & Diskusi dalam kelompok Kolaboratif 4 x 50 |
Materi: usaha UMKM Pustaka: Thomas W. Zimmerer. Norman M. Scarborough, Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Salemba Empat. Hendro, 2011 Dasar-dasar Kewirausahaan, Panduan bagi mahasiswa untuk Mengenal, memahami dan memasuki Dunia Bisnis. Hendro, 2011 Dasar-dasar Kewirausahaan, Panduan bagi mahasiswa untuk Mengenal, memahami dan memasuki Dunia |
5% |
12
Minggu ke 12 |
- Memahami pentingnya riset pasar dalam membuat rencana pemasaran gerilya dan menguraikan proses riset pasar
- Mampu menjelaskan cara bisnis dalam menentukan pasar sasaran
- Mampu mendiskripsikan cara usaha dalam menghadapi persaingan
- Mampu menjelaskn pentingnya komunikasi pemasaran melalui WWW
|
- Menyusun Rencana Pemasaran yang Kuat: Pasar Gerilya
- Menentukan Pasar Sasaran
- Keunggulan Bersaing
- Pemasaran di Word Wide Web
|
Kriteria:
Penyelesaian Rencana Pemasaran yang efektif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kuliah, Presentasi, Diskusi dalam kelompok Tanya jawab,Tugas merancang komunikasi pemasaran. 4 X 50 |
Kuliah, Presentasi, Diskusi dalam kelompok Tanya jawab,Tugas merancang komunikasi pemasaran. 4 X 50 |
Materi: rencana pemasaran Pustaka: Thomas W. Zimmerer. Norman M. Scarborough, Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Salemba Empat. Hendro, 2011 Dasar-dasar Kewirausahaan, Panduan bagi mahasiswa untuk Mengenal, memahami dan memasuki Dunia Bisnis. Hendro, 2011 Dasar-dasar Kewirausahaan, Panduan bagi mahasiswa untuk Mengenal, memahami dan memasuki Dunia |
5% |
13
Minggu ke 13 |
- Mampu memahami pentingnya manajemen keuangan dalam menjaga kelangsungan sebuah bisnis beserta ruang lingkupnya
- Mampu mempelajari dan mengenal dministrasi keuangn, pencatatan transaksi keuangan, peyusunan laporan dan cara menganalisa laporan keuangan
|
- Manajemen dan Administrasi Keuangan: Time Value of Money
- Administrasi dan Pembukuan
- Transaksi Keuangan dan Pelaporan anggaran
|
Kriteria:
Penyelesaian soal Analisis , Likuiditas, Modal Kerja dan Pencatatan transaksi Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah, Presentasi & Diskusi dalam kelompok Kolaboratif dan evaluasi 4 x 50 |
Kuliah, Presentasi & Diskusi dalam kelompok Kolaboratif dan evaluasi 4 x 50 |
Materi: manajemen dan administrasi keuangan Pustaka: Thomas W. Zimmerer. Norman M. Scarborough, Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Salemba Empat. Hendro, 2011 Dasar-dasar Kewirausahaan, Panduan bagi mahasiswa untuk Mengenal, memahami dan memasuki Dunia Bisnis. Hendro, 2011 Dasar-dasar Kewirausahaan, Panduan bagi mahasiswa untuk Mengenal, memahami dan memasuki Dunia |
5% |
14
Minggu ke 14 |
- Mampu menjelaskan keunggulan dan kelemahan dari bentuk kepemilikan bisnis
- Mampu menguraikan keunggulan dan kelemahan setiap kepemilikan usaha
- mampu menjelaskan supply dan demand
|
- Bentuk-bentuk Kepemilikan Usaha: Perusahaan Perseorangan
- Bentuk-bentuk Kepemilikan Usaha: persekutuan
- Bentuk-bentuk Kepemilikan Usaha: perseroan
- Bentuk-bentuk Kepemilikan Usaha: bentuk kepemilikan lainnya
|
Kriteria:
Penyelesaian soal mengenai Pengembangan Bisinis Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Kuliah, Presentasi & Diskusi dalam kelompok Kolaboratif Tugas : Strategi mengembangkan usaha 4 x 50 |
Kuliah, Presentasi & Diskusi dalam kelompok Kolaboratif Tugas : Strategi mengembangkan usaha 4 x 50 |
Materi: kepemilikan bisnis Pustaka: Thomas W. Zimmerer. Norman M. Scarborough, Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Salemba Empat. Hendro, 2011 Dasar-dasar Kewirausahaan, Panduan bagi mahasiswa untuk Mengenal, memahami dan memasuki Dunia Bisnis. Hendro, 2011 Dasar-dasar Kewirausahaan, Panduan bagi mahasiswa untuk Mengenal, memahami dan memasuki Dunia |
5% |
15
Minggu ke 15 |
- Memahami Pentingnya merencanakan modal dalam Bisnis
- Mengetahui arti Ketangguhan, Mental, resiko Kegagalan
- Menimbulkan Semangat Berwirausaha bagi pemula maupun yang sedang merintis usaha
|
Sukses Story dalam memasarkan produk |
Kriteria:
Penyelesaian soal Startup wirausaha Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Observasi,wawancara , survey produk dan pasar 4 x 50 |
Observasi,wawancara , survey produk dan pasar 4 x 50 |
|
10% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
mahasiswa melakukan presentasi produk yang dihasilkan |
Kriteria:
pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
presentasi produk 4 x 50 |
presentasi produk 4 x 50 |
|
30% |