•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Biologi Unesa

 
Study Program  :  Biology
Establishment Date  :  10 Juni 1998
Study Program Coordinator  :  Dr. H. Sunu Kuntjoro, S.Si., M.Si.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Biologi
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi Program Studi Biologi yang Unggul dan Kukuh dalam Keilmuan Biologi


Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran di bidang biologi tropis yang inovatif dan berbasis informasi riset dan teknologi untuk menghasilkan lulusan dengan karakter berwawasan lingkungan dan berjiwa wirausaha
  2. Menyelenggarakan penelitian biologi tropis dan terapannya yang inovatif, bermanfaat bagi pengembangan keilmuan dan kesejahteraan masyarakat
  3. Menyebarluaskan hasil penelitian biologi tropis melalui pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi kepada pemberdayaan masyarakat
  4. Membangun jejaring kerjasama yang kuat dengan stakeholders untuk peningkatan mutu dan pencitraan Prodi S1 Biologi
  5. Menyelenggarakan tata pamong Prodi S1 Biologi yang otonom, kredibel, adil, akuntabel, dantransparan untuk penjaminan mutu dan peningkatan kualitas

Tujuan
  1. Menguasai konsep dasar biologi, sumber daya alam hayati dan lingkungan serta dapat menerapkan dalam penyelesaian masalah-masalah Biologi dalam pekerjaan profesional.
  2. Mampu mengelola sumber daya alam hayati dan lingkungan, serta mengembangkan produk hayati sesuai dengan penguatan bioecopreunership.
  3. Menguasai   metode   ilmiah   untuk   menganalisis   permasalahan   biologi   dan penerapannya, bekerja secara sistematis dan metodis.
  4. Memiliki etika, tanggungjawab, jiwa kepemimpinan, dan berwawasan lingkungan.
  5. Mampu mengembangkan diri dalam kecerdasan dan keterampilan biologis baik secara formal maupun informal, serta mampu berkomunikasi dalam kegiatan profesional.

Capaian Lulusan Program Studi Biology
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-5 Mampu mengomunikasikan ide-ide ilmiah, baik secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan media komunikasi yang tepat sesuai sasaran, sebagai bekal belajar sepanjang hayat untuk pengembangan diri secara akademik.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-9 Mampu secara mandiri untuk bekerja di laboratorium dan mengembangkan keterampilan yang relevan dengan menerapkan bioetika dan keselamatan kerja
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-10 Mampu merancang dan melakukan eksperimen dalam bidang biologi, mengelola, menganalisis, menafsirkan, mendokumentasikan, dan menyimpan data penelitian, untuk mengelola sumber daya alam hayati
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-11 Mampu menerapkan keterampilan yang dapat ditransfer dalam biologi untuk mengembangkan ecopreneurship (eco- inovation, eco- oppurtunity, eco- comitmen)
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-12 Mampu mendemonstrasikan pengetahuan dasar biologi yang relevan dengan sains dan matematika untuk memahami fenomena dan isu-isu sains terkini dan menerapkannya dalam pemecahan masalah
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-13 Mampu mendemonstrasikan pengetahuan dasar tentang biologi sel dan molekuler, biologi organisme, ekologi dan evolusi untuk menganalisis isu-isu biologi terkini
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-14 Mampu mengaplikasikan pengetahuan dan teknologi biologi untuk pemecahan masalah sumber daya alam dan lingkungan baik di laboratorium maupun praktik nyata yang mendukung profesi dan atau kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-15 Mampu mendemonstrasikan prinsip-prinsip dasar aplikasi dan instrumen perangkat lunak, metode analisis standar, dan sintesis dalam biologi
Dibebankan pada matakuliah:

Occupational Profiles Program Studi Biology
Universitas Negeri Surabaya

    Struktur Kurikulum Biology
    Universitas Negeri Surabaya

    Kurikulum KKNI S1 Biologi

    Semester ke 1

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    4620103033 Biologi Umum 3.00
    4620103073 Fisika Umum 3.00
    4620103198 Kimia Umum 3.00
    4620102197 Matematika Dasar 2.00
    1000002047 Physical Education And Fitness 2.00
    1000002018 Pancasila Education 2.00
    4620101199 Practical Laboratory Techniques 1.00
    4620102187 Laboratory Engineering 2.00
    4620102021 English For Biology 2.00

    Semester ke 2

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    4620104010 Animal Anatomy 4.00
    4620103209 Cell And Molecular Biology 3.00
    4620102106 Conservation Of Natural Resources 2.00
    100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
        -  Agama Budha
        -  Agama Hindu
        -  Agama Islam
        -  Agama Katholik
        -  Agama Khonghucu
        -  Agama Protestan
    2.00
    1000002033 Citizenship 2.00
    4620101206 Structure Practicum 1.00
    4620104173 Structure Plant Development 4.00
    1000002046 Literasi Digital 2.00

    Semester ke 3

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    4620102030 Cell Biology 2.00
    4620102068 Philosophy Of Natural Sciences 2.00
    4620104076 Plant Physiology 4.00
    4620104210 Genetics And Genomics 4.00
    4620103127 Mikrobiologi 3.00
    4620102229 Biological Control 2.00
    4620104161 Animal Systematics 4.00
    4620104163 Systematic 4.00
    4620103036 Biostatistics And Biocomputers 3.00
    4620102216 Kesehatan Lingkungan 2.00
    1000002176 Entrepreneurship 2.00

    Semester ke 4

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    4620102028 Molecular Biology 2.00
    4620104044 Ecology 4.00
    4620102213 Animal Ecology 2.00
    4620102062 Ethnobotany 2.00
    4620104074 Physics Animal Physiology 4.00
    4620104081 Genetics 4.00
    4620102099 Advanced Entrepreneurship 2.00
    4620103108 Culture 3.00
    4620103117 Quality Control Management 3.00
    4620103215 Medical Microbiology 3.00
    4620102219 Morfogenesis Hewan 2.00
    4620102220 Nutrition 2.00
    4620104211 Structure Animal Development 4.00

    Semester ke 5

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    4620102003 Algology 2.00
    4620102022 Bacteriology 2.00
    4620102224 Bioinformatics 2.00
    4620102037 Bioteknologi 2.00
    4620103200 Biotechnology Soil Tissue 3.00
    4620103041 Ecophysiology 3.00
    4620102048 Marine Ecology 2.00
    4620102054 Ecotoxicology 2.00
    4620102059 Plant Embryology 2.00
    4620102060 Endocrinology 2.00
    4620102064 Evolution 2.00
    4620102066 Pharmacognosy 2.00
    4620102077 Phytogeography 2.00
    4620102078 Phytohormones 2.00
    4620102083 Population Genetics 2.00
    4620102222 Gerontology 2.00
    4620102088 Histology 2.00
    4620102092 Nutrient Science 2.00
    4620102094 Immunology 2.00
    4620103124 Metodologi Penelitian Biologi 3.00
    4620102125 Mikologi 2.00
    4620102134 Mikroteknik 2.00
    4620102139 Ornithology 2.00
    4620102148 Environmental Knowledge 2.00
    4620102223 Practical Microtechniques 2.00
    4620102156 Protozoology 2.00
    4620102158 Animal Reproduction 2.00
    4620102162 Systematics Microbes 2.00
    4620103202 Plants Fruit 3.00
    4620102186 Analysis Techniques Molecular Biology 2.00
    4620102191 Zoogeography 2.00
    4620102112 Limnology 2.00
    4620102153 Planktonology 2.00

    Semester ke 6

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    4620102217 Environmental Impact Analysis 2.00
    4620102007 Environmental Impact Analysis 2.00
    4620102009 Anatomy And Physiology Human 2.00
    4620102023 Bioexploration 2.00
    4620102218 Biofertilizer 2.00
    4620102029 Food Biology 2.00
    4620102032 Biologi Terapan 2.00
    4620102038 Cultivation Of Aquatic Biota 2.00
    4620102051 Soil Ecology 2.00
    4620102061 Entomology 2.00
    4620102063 Ethology 2.00
    4620102214 Seed Physiology 2.00
    4620102075 Physiology Comparative 2.00
    4620102084 Applied Genetics 2.00
    4620102085 Pests And Plant Diseases 2.00
    4620103194 Community Service Program 3.00
    4620102114 Malacology 2.00
    4620102115 Mamalogy 2.00
    4620102131 Microbiology Health 2.00
    4620102132 Environmental Microbiology 2.00
    4620102136 Plant Morphogenesis 2.00
    1000003060 Desain Program 3.00
    1000002059 Manajemen Operasional 2.00
    1000004061 Pelaksanaan Program 4.00
    1000002064 Pelaporan Program 2.00
    1000002063 Pendesiminasian Program 2.00
    1000002062 Penilaian Program 2.00
    1000002057 Perencanaan 2.00
    4620102138 Oncology 2.00
    4620102144 Waste Management 2.00
    4620102146 Resource Management Nature 2.00
    4620120243 Real Work Practice 20.00
    4620103154 Field Practice 3.00
    4620102159 Seminar 2.00
    4620102179 Taxonomy Numerical 2.00
    4620102190 Virology 2.00
    4620102212 Disaster Mitigation 3.00
    4620102050 Ecologysocial 2.00
    4620102240 Dna Barcoding Fauna 2.00
    1000003058 Keselamatan Dan Kesehatan Kerja 3.00

    Semester ke 7

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    1000002003 Indonesian 2.00
    4620102079 Phytopathology 2.00
    4620102221 Horticulture 2.00
    4620102090 Horticulture And Food Plants 2.00
    4620102130 Industrial Microbiology 2.00
    4620106164 Thesis 6.00
    4620102082 Microbial Genetics 2.00
    4620102116 Aquatic Ecosystem Management 2.00

    Semester ke 8

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    4620102140 Parasitologi 2.00
    Evaluasi Kurikulum Program Studi Biology
    Universitas Negeri Surabaya

    Evaluasi kurikulum dilakukan melalui mekanisme tracer study  untuk mengukur capaian Tujuan program studi (Program Educational Objectives/PEO) atau Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Tracer study didapatkan dari tim tracer study yang ada di Prodi S1 Biologi dengan membuat laporan setiap 3 bulan sekali (triwulan)

    Rekap PLO Program Studi Biology
    Universitas Negeri Surabaya
    Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
    PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO9PLO10PLO11PLO12PLO13PLO14PLO15
    Biostatistics and Biocomputers 3 50% 50% 100 %
    Animal Systematics 4 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
    Structure Animal Development 4 4.17% 12.5% 12.5% 8.33% 50% 12.5% 100 %
    Histology 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Biology
    Universitas Negeri Surabaya

    Universitas Value

    Kurikulum merupakan ruh dari suatu program pendidikan sehingga keberadaannya memerlukan rancangan, pelaksanaan serta evaluasi secara dinamis sesuai dengan perkembangan kebutuhan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan kompetensi baik yang dibutuhkan oleh masyarakat maupun pengguna lulusan. Tantangan yang dihadapi oleh perguruan tinggi dalam mengembangkan kurikulum di era Industri 4.0 adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan literasi baru meliputi literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia yang berakhlak mulia berdasarkan pemahaman keyakinan agama. Selain itu, tantangan lainnya adalah bagaimana peran dan strategi dalam menjembatani kesenjangan antara proses pendidikan di perguruan tinggi dengan dunia kerja dan kebutuhan inovasi. 

    Salah satu pendekatan yang digunakan untuk mewadahi pendidikan abad 21 adalah pendidikan berbasis capaian atau Outcome-Based Education (OBE). OBE adalah pendekatan yang menekankan pada keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, interaktif, dan efektif. Dalam penerapannya, OBE berpengaruh pada keseluruhan proses pendidikan mulai dari rancangan kurikulum, perumusan tujuan dan capaian pembelajaran, strategi pembelajaran dan asesmen, serta lingkungan/ekosistem pendidikan. Secara garis besar, kurikulum sebagai sebuah rancangan terdiri atas empat unsur, yakni capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, strategi pembelajaran dan asesmen.

    Landasan Filosofi

    Kurikulum dikembangkan untuk mencapai visi, misi dan tujuan yang ditetapkan, serta harus mengakomodasi seluruh tujuan Pendidikan dengan memperhatikan karakteristik Unesa sebagai setting pembelajaran lokal yang diwujudkan dalam hasil belajar program studi. Selain itu, kurikulum Prodi Biologi harus dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa untuk mencapai kompetensi dan pengembangan diri yang diharapkan, baik saat maupun yang akan datang. Oleh karena itu, kurikulum Program Studi S1 Biologi diharapkan mampu menjawab tuntutan kebutuhan di lapangan. 

    OBE adalah pendekatan desain kurikulum dan pengajaran yang berfokus pada apa yang harus dapat dicapai mahasiswa (attained) pada akhir kuliah. OBE Memfokuskan dan mengatur segala sesuatu pada sistem pendidikan yang ada agar semua mahasiswa dapat berhasil di akhir pengalaman kuliah mereka. OBE adalah pendekatan untuk merencanakan (planning), memberikan (delivering) dan mengevaluasi (evaluating) pendidikan yang mengharuskan pengelola, dosen dan mahasiswa untuk memusatkan perhatian dan upaya mereka pada hasil pendidikan yang diinginkan. OBE adalah proses yang melibatkan restrukturisasi kurikulum, penilaian dan praktik pelaporan di pendidikan untuk mencerminkan pencapaian yang tinggi memesan pembelajaran dan penguasaan daripada akumulasi kredit mata kuliah.

    Dalam bidang studi Biologi, cabang ilmu pengetahuan alam ini mempelajari sistem organisme makhluk hidup yang meliputi: studi tentang struktur, proses, keanekaragaman dan kontinuitas sistem tersebut . Ilmu Biologi dieksplorasi dalam: (1) Biologi Sel dan Molekuler yang mempelajari organisasi makhluk hidup pada tingkat seluler dan subseluler, (2) Fisiologi mempelajari proses-proses yang terjadi dalam sistem makhluk hidup, (3) Genetika yang mempelajari substansi gen dan proses pewarisannya untuk menjamin kelangsungan hidup sistem makhluk hidup, (4) Struktur dan Perkembangan yang mempelajari organisasi tingkat individu dan perubahan ontogenik dalam organisasi, (5) Biosistematika dan Evolusi yang mempelajari keanekaragaman makhluk hidup dan sejarah filogeniknya, dan (6) Ekologi mempelajari organisasi interaksi individu mulai dari tingakt populasi, komunitas, ekosistem hingga biosfer.

    Bidang ilmu Biologi, pada perkembangannya bidang ini telah memberikan kontribusi pada kesejahteraan hidup manusia, dan keberlanjutan kehidupan yang harmonis antar makhluk hidup. Penemuan sebagai hasil penelitian, dan inovasi dalam bidang biologi berlangsung sangat cepat. Selain itu, bidang biologi berkembang tidak secara mandiri, tetapi beririsan dan berintegrasi dengan perkembangan bidang ilmu pengetahuan sains teknologi, sosial humaniora, budaya, dan matematik.

    Berbagai tuntutan masa depan perlu diadopsi oleh Prodi Biologi agar lulusannya tidak tertinggal, dan dapat beradaptasi dengan cepat pada perubahan dan tuntutan masa depan, termasuk tuntutan abad 21. Di samping itu tuntutan untuk terlibat dalam menjaga keberlanjutan ketersediaan sumber-sumber daya alam dan biodiversity di Indonesia maupun global, serta tuntutan untuk mengadopsi keterampilan yang diperlukan pada abad 21, membuat Prodi Biologi perlu merumuskan tujuan dan profil lulusannya, serta mengembangkan kurikulum yang selaras dengan perkembangan tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi. Guna menyikapi hal tersebut Program Studi Biologi Unesa telah merekonstruksi kurikulum 2015 menjadi kurikulum berbasis OBE, mencari dan menemukan pengetahuan yang mereka butuhkan.

    Landasan Sosiologis

    Kurikulum OBE Prodi Biologi  memberikan keleluasan kepada mahasiswa mengoptimalkan hasil yang diperoleh selama proses menempuh studi, yang hasil tersebut akan memberikan manfaat yang besar ketika mahasiswa lulus dan terjun di masyarakat. Pencapaian hasil studi mencerminkan kompetensi-kompetensi yang telah dikuasai oleh mahasiswa. 

    Landasan Historis

    Program Studi Biologi merupakan salah satu Program Studi di Unesa yang berada di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA). Dalam upaya mewujudkan lulusan yang diharapkan, maka sangat diperlukan pengembangan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kurikulum sebagai arah dan tujuan pengembangan program studi memiliki dinamika dalam upaya untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Dinamika tersebut sebagai konsekuensi dari perkembangan masyarakat yang harus mampu diakomodasi. Program Studi Biologi telah melaksanakan Kurikulum KKNI dan SNPT sejak tahun 2015, dan sudah waktunya untuk melakukan revisi dan pengembangan kurikulum.

    Landasan Hukum

    a) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. 

    b) Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia 

    c) Peraturan Rektor Nomor 582/UN27/HK/2016 Tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan Program Sarjana. 

    d) Keputusan Rektor Unesa Tentang Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum KKNI Program Studi Universitas Negeri Surabaya, tahun 2016

    e) Pedoman Pengembangan Kurikulum Program Studi di Unesa dalam Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Edisi 9 Juni 2016

    f) Pedoman Penambahan Muatan dan Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Institusional pada Kurikulum Unesa, tahun 2019

    g) Rumusan Naskah Akademik Standar Nasional Berbasis KKNI Sarjana Biologi KOBI (Konsorsium Biologi Indonesia) 

    h) Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62  tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi

    i) Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi