Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Biologi Unesa
Study Program | : | Biology |
Establishment Date | : | 10 Juni 1998 |
Study Program Coordinator | : | Dr. H. Sunu Kuntjoro, S.Si., M.Si. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Biologi
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi Program Studi Biologi yang Unggul dan Kukuh dalam Keilmuan Biologi
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran di bidang biologi tropis yang inovatif dan berbasis informasi riset dan teknologi untuk menghasilkan lulusan dengan karakter berwawasan lingkungan dan berjiwa wirausaha
- Menyelenggarakan penelitian biologi tropis dan terapannya yang inovatif, bermanfaat bagi pengembangan keilmuan dan kesejahteraan masyarakat
- Menyebarluaskan hasil penelitian biologi tropis melalui pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi kepada pemberdayaan masyarakat
- Membangun jejaring kerjasama yang kuat dengan stakeholders untuk peningkatan mutu dan pencitraan Prodi S1 Biologi
- Menyelenggarakan tata pamong Prodi S1 Biologi yang otonom, kredibel, adil, akuntabel, dantransparan untuk penjaminan mutu dan peningkatan kualitas
Tujuan
- Menguasai konsep dasar biologi, sumber daya alam hayati dan lingkungan serta dapat menerapkan dalam penyelesaian masalah-masalah Biologi dalam pekerjaan profesional.
- Mampu mengelola sumber daya alam hayati dan lingkungan, serta mengembangkan produk hayati sesuai dengan penguatan bioecopreunership.
- Menguasai metode ilmiah untuk menganalisis permasalahan biologi dan penerapannya, bekerja secara sistematis dan metodis.
- Memiliki etika, tanggungjawab, jiwa kepemimpinan, dan berwawasan lingkungan.
- Mampu mengembangkan diri dalam kecerdasan dan keterampilan biologis baik secara formal maupun informal, serta mampu berkomunikasi dalam kegiatan profesional.
Capaian Lulusan Program Studi Biology
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-5 | Mampu mengomunikasikan ide-ide ilmiah, baik secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan media komunikasi yang tepat sesuai sasaran, sebagai bekal belajar sepanjang hayat untuk pengembangan diri secara akademik.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-9 | Mampu secara mandiri untuk bekerja di laboratorium dan mengembangkan keterampilan yang relevan dengan menerapkan bioetika dan keselamatan kerja
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-10 | Mampu merancang dan melakukan eksperimen dalam bidang biologi, mengelola, menganalisis, menafsirkan, mendokumentasikan, dan menyimpan data penelitian, untuk mengelola sumber daya alam hayati
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-11 | Mampu menerapkan keterampilan yang dapat ditransfer dalam biologi untuk mengembangkan ecopreneurship (eco- inovation, eco- oppurtunity, eco- comitmen)
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-12 | Mampu mendemonstrasikan pengetahuan dasar biologi yang relevan dengan sains dan matematika untuk memahami fenomena dan isu-isu sains terkini dan menerapkannya dalam pemecahan masalah
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-13 | Mampu mendemonstrasikan pengetahuan dasar tentang biologi sel dan molekuler, biologi organisme, ekologi dan evolusi untuk menganalisis isu-isu biologi terkini
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-14 | Mampu mengaplikasikan pengetahuan dan teknologi biologi untuk pemecahan masalah sumber daya alam dan lingkungan baik di laboratorium maupun praktik nyata yang mendukung profesi dan atau kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-15 | Mampu mendemonstrasikan prinsip-prinsip dasar aplikasi dan instrumen perangkat lunak, metode analisis standar, dan sintesis dalam biologi
Dibebankan pada matakuliah:
|
Occupational Profiles Program Studi Biology
Universitas Negeri Surabaya
Struktur Kurikulum Biology
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum S1 Biologi
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
4620103103
Kimia Umum
4.00
4620103100
Basic Chemistry
3.00
4620103033
Biologi Umum
3.00
4620103070
Fisika Dasar
3.00
1000002003
Indonesian
2.00
4620102016
Computer Applications
2.00
4620103119
Matematika Dasar
3.00
4620102187
Laboratory Engineering
2.00
4620102019
English I
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Protestan
2.00
✔
4620103137
Morphology Of Plants
3.00
4620102020
English Ii
2.00
4620103011
Animal Anatomy
3.00
4620103026
Biochemistry
3.00
4620102165
Statistics
2.00
4620103147
Pengetahuan Lingkungan
3.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002011
Isbd
2.00
4620103089
Histology Of Animals
3.00
4620102069
Philosophy Science
2.00
4620103129
Basic Microbiology
3.00
4620103176
Taxonomy Of Invertebrates
3.00
4620103183
Lower Plant Taxonomy
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
4620102125
Mikologi
2.00
4620103012
Anatomi Tumbuhan
3.00
4620104081
Genetics
4.00
4620104076
Plant Physiology
4.00
4620103184
Taxonomy Of Higher Plants
3.00
4620103157
Animal Reproduction
3.00
4620103185
Taxonomy Of Vertebrate
3.00
4620104211
Structure Animal Development
4.00
4620104173
Structure Plant Development
4.00
4620102062
Ethnobotany
2.00
4620102063
Ethology
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
4620102092
Nutrient Science
2.00
4620102077
Phytogeography
2.00
4620104053
Ekologi Umum
4.00
4620104074
Physics Animal Physiology
4.00
4620103124
Metodologi Penelitian Biologi
3.00
4620102156
Protozoology
2.00
4620102130
Industrial Microbiology
2.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
4620102086
Pests And Plant Diseases
2.00
4620103111
Limnology
3.00
4620102107
Culture
2.00
4620102104
Conservation
2.00
4620103041
Ecophysiology
3.00
4620103058
Plant Embryology
3.00
4620103008
Human Anatomy And Physiology
3.00
4620102037
Bioteknologi
2.00
4620102030
Cell Biology
2.00
4620102159
Seminar
2.00
4620102064
Evolution
2.00
4620103200
Biotechnology Soil Tissue
3.00
4620102085
Pests And Plant Diseases
2.00
4620102140
Parasitologi
2.00
4620102079
Phytopathology
2.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
4620102193
Kuliah Kerja Nyata
2.00
4620102133
Mikrobiologi Terapan
2.00
4620102024
Biogeography
2.00
4620103045
Ecology Sea Water
3.00
4620102005
Amdal
2.00
4620102144
Waste Management
2.00
4620102054
Ecotoxicology
2.00
4620102155
Work Practice Basic
2.00
4620106164
Thesis
6.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
4620103103 | Kimia Umum | 4.00 | |
4620103100 | Basic Chemistry | 3.00 | |
4620103033 | Biologi Umum | 3.00 | |
4620103070 | Fisika Dasar | 3.00 | |
1000002003 | Indonesian | 2.00 | |
4620102016 | Computer Applications | 2.00 | |
4620103119 | Matematika Dasar | 3.00 | |
4620102187 | Laboratory Engineering | 2.00 | |
4620102019 | English I | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
4620103137 | Morphology Of Plants | 3.00 | |
4620102020 | English Ii | 2.00 | |
4620103011 | Animal Anatomy | 3.00 | |
4620103026 | Biochemistry | 3.00 | |
4620102165 | Statistics | 2.00 | |
4620103147 | Pengetahuan Lingkungan | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002011 | Isbd | 2.00 | |
4620103089 | Histology Of Animals | 3.00 | |
4620102069 | Philosophy Science | 2.00 | |
4620103129 | Basic Microbiology | 3.00 | |
4620103176 | Taxonomy Of Invertebrates | 3.00 | |
4620103183 | Lower Plant Taxonomy | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
4620102125 | Mikologi | 2.00 | |
4620103012 | Anatomi Tumbuhan | 3.00 | |
4620104081 | Genetics | 4.00 | |
4620104076 | Plant Physiology | 4.00 | |
4620103184 | Taxonomy Of Higher Plants | 3.00 | |
4620103157 | Animal Reproduction | 3.00 | |
4620103185 | Taxonomy Of Vertebrate | 3.00 | |
4620104211 | Structure Animal Development | 4.00 | |
4620104173 | Structure Plant Development | 4.00 | |
4620102062 | Ethnobotany | 2.00 | |
4620102063 | Ethology | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
4620102092 | Nutrient Science | 2.00 | |
4620102077 | Phytogeography | 2.00 | |
4620104053 | Ekologi Umum | 4.00 | |
4620104074 | Physics Animal Physiology | 4.00 | |
4620103124 | Metodologi Penelitian Biologi | 3.00 | |
4620102156 | Protozoology | 2.00 | |
4620102130 | Industrial Microbiology | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
4620102086 | Pests And Plant Diseases | 2.00 | |
4620103111 | Limnology | 3.00 | |
4620102107 | Culture | 2.00 | |
4620102104 | Conservation | 2.00 | |
4620103041 | Ecophysiology | 3.00 | |
4620103058 | Plant Embryology | 3.00 | |
4620103008 | Human Anatomy And Physiology | 3.00 | |
4620102037 | Bioteknologi | 2.00 | |
4620102030 | Cell Biology | 2.00 | |
4620102159 | Seminar | 2.00 | |
4620102064 | Evolution | 2.00 | |
4620103200 | Biotechnology Soil Tissue | 3.00 | |
4620102085 | Pests And Plant Diseases | 2.00 | |
4620102140 | Parasitologi | 2.00 | |
4620102079 | Phytopathology | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
4620102193 | Kuliah Kerja Nyata | 2.00 | |
4620102133 | Mikrobiologi Terapan | 2.00 | |
4620102024 | Biogeography | 2.00 | |
4620103045 | Ecology Sea Water | 3.00 | |
4620102005 | Amdal | 2.00 | |
4620102144 | Waste Management | 2.00 | |
4620102054 | Ecotoxicology | 2.00 | |
4620102155 | Work Practice Basic | 2.00 | |
4620106164 | Thesis | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Biology
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi kurikulum dilakukan melalui mekanisme tracer study untuk mengukur capaian Tujuan program studi (Program Educational Objectives/PEO) atau Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Tracer study didapatkan dari tim tracer study yang ada di Prodi S1 Biologi dengan membuat laporan setiap 3 bulan sekali (triwulan)
Rekap PLO Program Studi Biology
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | |||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | PLO12 | PLO13 | PLO14 | PLO15 | |||
Biostatistics and Biocomputers | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Animal Systematics | 4 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | |||||||
Structure Animal Development | 4 | 4.17% | 12.5% | 12.5% | 8.33% | 50% | 12.5% | 100 % | ||||||
Histology | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Biology
Universitas Negeri Surabaya
Universitas Value
Kurikulum merupakan ruh dari suatu program pendidikan sehingga keberadaannya memerlukan rancangan, pelaksanaan serta evaluasi secara dinamis sesuai dengan perkembangan kebutuhan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan kompetensi baik yang dibutuhkan oleh masyarakat maupun pengguna lulusan. Tantangan yang dihadapi oleh perguruan tinggi dalam mengembangkan kurikulum di era Industri 4.0 adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan literasi baru meliputi literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia yang berakhlak mulia berdasarkan pemahaman keyakinan agama. Selain itu, tantangan lainnya adalah bagaimana peran dan strategi dalam menjembatani kesenjangan antara proses pendidikan di perguruan tinggi dengan dunia kerja dan kebutuhan inovasi.
Salah satu pendekatan yang digunakan untuk mewadahi pendidikan abad 21 adalah pendidikan berbasis capaian atau Outcome-Based Education (OBE). OBE adalah pendekatan yang menekankan pada keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, interaktif, dan efektif. Dalam penerapannya, OBE berpengaruh pada keseluruhan proses pendidikan mulai dari rancangan kurikulum, perumusan tujuan dan capaian pembelajaran, strategi pembelajaran dan asesmen, serta lingkungan/ekosistem pendidikan. Secara garis besar, kurikulum sebagai sebuah rancangan terdiri atas empat unsur, yakni capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, strategi pembelajaran dan asesmen.
Landasan Filosofi
Kurikulum dikembangkan untuk mencapai visi, misi dan tujuan yang ditetapkan, serta harus mengakomodasi seluruh tujuan Pendidikan dengan memperhatikan karakteristik Unesa sebagai setting pembelajaran lokal yang diwujudkan dalam hasil belajar program studi. Selain itu, kurikulum Prodi Biologi harus dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa untuk mencapai kompetensi dan pengembangan diri yang diharapkan, baik saat maupun yang akan datang. Oleh karena itu, kurikulum Program Studi S1 Biologi diharapkan mampu menjawab tuntutan kebutuhan di lapangan.
OBE adalah pendekatan desain kurikulum dan pengajaran yang berfokus pada apa yang harus dapat dicapai mahasiswa (attained) pada akhir kuliah. OBE Memfokuskan dan mengatur segala sesuatu pada sistem pendidikan yang ada agar semua mahasiswa dapat berhasil di akhir pengalaman kuliah mereka. OBE adalah pendekatan untuk merencanakan (planning), memberikan (delivering) dan mengevaluasi (evaluating) pendidikan yang mengharuskan pengelola, dosen dan mahasiswa untuk memusatkan perhatian dan upaya mereka pada hasil pendidikan yang diinginkan. OBE adalah proses yang melibatkan restrukturisasi kurikulum, penilaian dan praktik pelaporan di pendidikan untuk mencerminkan pencapaian yang tinggi memesan pembelajaran dan penguasaan daripada akumulasi kredit mata kuliah.
Dalam bidang studi Biologi, cabang ilmu pengetahuan alam ini mempelajari sistem organisme makhluk hidup yang meliputi: studi tentang struktur, proses, keanekaragaman dan kontinuitas sistem tersebut . Ilmu Biologi dieksplorasi dalam: (1) Biologi Sel dan Molekuler yang mempelajari organisasi makhluk hidup pada tingkat seluler dan subseluler, (2) Fisiologi mempelajari proses-proses yang terjadi dalam sistem makhluk hidup, (3) Genetika yang mempelajari substansi gen dan proses pewarisannya untuk menjamin kelangsungan hidup sistem makhluk hidup, (4) Struktur dan Perkembangan yang mempelajari organisasi tingkat individu dan perubahan ontogenik dalam organisasi, (5) Biosistematika dan Evolusi yang mempelajari keanekaragaman makhluk hidup dan sejarah filogeniknya, dan (6) Ekologi mempelajari organisasi interaksi individu mulai dari tingakt populasi, komunitas, ekosistem hingga biosfer.
Bidang ilmu Biologi, pada perkembangannya bidang ini telah memberikan kontribusi pada kesejahteraan hidup manusia, dan keberlanjutan kehidupan yang harmonis antar makhluk hidup. Penemuan sebagai hasil penelitian, dan inovasi dalam bidang biologi berlangsung sangat cepat. Selain itu, bidang biologi berkembang tidak secara mandiri, tetapi beririsan dan berintegrasi dengan perkembangan bidang ilmu pengetahuan sains teknologi, sosial humaniora, budaya, dan matematik.
Berbagai tuntutan masa depan perlu diadopsi oleh Prodi Biologi agar lulusannya tidak tertinggal, dan dapat beradaptasi dengan cepat pada perubahan dan tuntutan masa depan, termasuk tuntutan abad 21. Di samping itu tuntutan untuk terlibat dalam menjaga keberlanjutan ketersediaan sumber-sumber daya alam dan biodiversity di Indonesia maupun global, serta tuntutan untuk mengadopsi keterampilan yang diperlukan pada abad 21, membuat Prodi Biologi perlu merumuskan tujuan dan profil lulusannya, serta mengembangkan kurikulum yang selaras dengan perkembangan tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi. Guna menyikapi hal tersebut Program Studi Biologi Unesa telah merekonstruksi kurikulum 2015 menjadi kurikulum berbasis OBE, mencari dan menemukan pengetahuan yang mereka butuhkan.
Landasan Sosiologis
Kurikulum OBE Prodi Biologi memberikan keleluasan kepada mahasiswa mengoptimalkan hasil yang diperoleh selama proses menempuh studi, yang hasil tersebut akan memberikan manfaat yang besar ketika mahasiswa lulus dan terjun di masyarakat. Pencapaian hasil studi mencerminkan kompetensi-kompetensi yang telah dikuasai oleh mahasiswa.
Landasan Historis
Program Studi Biologi merupakan salah satu Program Studi di Unesa yang berada di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA). Dalam upaya mewujudkan lulusan yang diharapkan, maka sangat diperlukan pengembangan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kurikulum sebagai arah dan tujuan pengembangan program studi memiliki dinamika dalam upaya untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Dinamika tersebut sebagai konsekuensi dari perkembangan masyarakat yang harus mampu diakomodasi. Program Studi Biologi telah melaksanakan Kurikulum KKNI dan SNPT sejak tahun 2015, dan sudah waktunya untuk melakukan revisi dan pengembangan kurikulum.
Landasan Hukum
a) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
b) Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
c) Peraturan Rektor Nomor 582/UN27/HK/2016 Tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan Program Sarjana.
d) Keputusan Rektor Unesa Tentang Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum KKNI Program Studi Universitas Negeri Surabaya, tahun 2016
e) Pedoman Pengembangan Kurikulum Program Studi di Unesa dalam Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Edisi 9 Juni 2016
f) Pedoman Penambahan Muatan dan Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Institusional pada Kurikulum Unesa, tahun 2019
g) Rumusan Naskah Akademik Standar Nasional Berbasis KKNI Sarjana Biologi KOBI (Konsorsium Biologi Indonesia)
h) Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi
i) Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved