Course DescriptionThis course discusses the accounting cycle in the business world (Service Companies, Trading Companies, and Manufacturing Companies) that produce financial statements based on applicable SAK.
Program Objectives (PO)
Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika dalam menjalankan tugas
Menguasai konsep, prinsip, teknik dan prosedur akuntansi perusahaan jasa, perdagangan, dan manufaktur secara mendalam dan merumuskannya dalam memecahkan masalah akuntansi
Mampu mengambil keputusan berdasarkan data dan informasi yang terkait dengan siklus akuntansi perusahaan jasa, perdagangan dan manufaktur untuk memberikan panduan dalam memilih alternatif solusi
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Konsep bisnis dan akuntansi
Date 30 Agustus 2023
Pertemuan 2
Menyusun Persamaan Dasar Akuntansi
Date 6 September 2023
Pertemuan 3
Siklus akuntansi perusahaan jasa fase pencatatan
Date 13 September 2023
Pertemuan 4
Siklus akuntansi perusahaan jasa fase pencatatan
Date 20 September 2023
Pertemuan 5
Siklus akuntansi perusahaan jasa fase pengikhtisaran dan pelaporan
Date 27 September 2023
Pertemuan 6
Siklus akuntansi perusahaan jasa fase pengikhtisaran dan pelaporan
Date 4 Oktober 2023
Pertemuan 7
Siklus akuntansi perusahaan jasa fase pengikhtisaran dan pelaporan
Date 11 Oktober 2023
Pertemuan 8
UTS
Date 18 Oktober 2023
Pertemuan 9
Siklus akuntansi perusahaan dagang fase pencatatan
Date 25 Oktober 2023
Pertemuan 10
Siklus akuntansi perusahaan dagang fase pencatatan
Date 1 November 2023
Pertemuan 11
Siklus akuntansi perusahaan dagang fase pencatatan
Date 8 November 2023
Pertemuan 12
Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Fase pengikhtisaran
Date 15 November 2023
Pertemuan 13
Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Fase pengikhtisaran
This course provides an overview of the capital market, transaction mechanisms in the capital market and investment products in the capital market. Various investment options
Providing provisions for the formation of students‘ complete personality (kaffah) by making Islamic teachings the basis for thinking, acting and behaving in their scientific and
This course discusses Costs and Revenues, Perfectly Competitive Markets, Monopoly Markets, Monopolistically Competitive Markets, Oligopoly Markets, Source/Factor Pricing, Externalities, and Public Goods and Common Resources.