This course discusses the accounting cycle in the business world (Service Entities and Trading Entities) which produces applicable SAK-based financial reports and analyzes accounts. The learning methods used are case based study and problem based learning.
Program Objectives (PO)
Mahasiswa mampu menyusun laporan keuangan laporan keuangan entitas jasa dan dagang
Mahasiswa mampu mengimplementasikan siklus akuntansi, kertas kerja, jurnal penyesuaian penyusunan laporan keuangan, dan jurnal penutup entitas jasa dan dagang
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep akun-akun
Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh dan adaptif
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Menganalisis konsep pengantar akuntansi dan perusahaan
Date 3 September 2024
Pertemuan 2
Menganalisis siklus akuntansi entitas jasa
Date 10 September 2024
Pertemuan 3
Menganalisis siklus akuntansi entitas jasa
Date 17 September 2024
Pertemuan 4
Menganalisis siklus akuntansi entitas jasa
Date 24 September 2024
Pertemuan 5
Menganalisis siklus akuntansi entitas dagang
Date 1 Oktober 2024
Pertemuan 6
Menganalisis siklus akuntansi entitas dagang
Date 8 Oktober 2024
Pertemuan 7
Review materi dan kuis
Date 15 Oktober 2024
Pertemuan 8
UJIAN TENGAH SEMESTER
Date 22 Oktober 2024
Pertemuan 9
Menganalisis pengendalian internal dan kas
Date 29 Oktober 2024
Pertemuan 10
Menganalisis akun piutang
Date 5 November 2024
Pertemuan 11
Menganalisis akun persediaan
Date 12 November 2024
Pertemuan 12
Menganalisis akun asset tetap dan asset tak berwujud
Date 19 November 2024
Pertemuan 13
Menganalisis investasi dan akuntansi nilai wajar perusahaan
Date 26 November 2024
Pertemuan 14
Menganalisis akun liabilitas lancar dan penggajian
This course contains basic concepts of business statistics, population & samples, probability, descriptive data presentation, inferential data analysis and hypothesis testing for business research. The
Examining the nature of learning and learning in accordance with behaviorist, cognitivist, constructivist, humanistic/social theories, gestalt theory, quantum theory, brain base theory, multiple intelligence, and
This course aims to equip students with the theoretical framework of financial accounting so that students are able to explain why accounting practices work as