•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Marketing Research Managerial

Program Studi S1 Bisnis Digital UNESA

 
Card image

Course Description

Riset pemasaran adalah mata kuliah yang bertujuan untuk mengajarkan mahasiswa tentang metode-metode sistematis untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan informasi yang diperlukan dalam pengambilan keputusan pemasaran. Mata kuliah ini mendalami berbagai teknik riset, seperti survei, wawancara, eksperimen, dan analisis data statistik untuk memahami perilaku konsumen, preferensi pasar, serta tren dan kondisi pasar yang relevan. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah konstruktivis berbasis mahasiswa, dimana mahasiswa aktif dalam mencari sumber belajar dan mengkonstruksi pengetahuannya sesuai dengan tujuan belajar. Mahasiswa diberikan tugas terstruktur untuk merancang dan melaksanakan riset pemasaran sesuai dengan masalah dan pendekatan riset yang disepakati dengan dosen. Output mata kuliah ini adalah laporan riset pemasaran yang dipresentasikan dalam diskusi kelas. Mata kuliah berbasis project ini membekali mahasiswa dengan keterampilan untuk melakukan riset yang berorientasi pada pasar dan konsumen, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi berharga dalam pengambilan keputusan pemasaran di berbagai jenis organisasi.

Program Objectives (PO)

  • C6. Mahasiswa mampu menyusun desain riset pemasaran yang sesuai dengan identifikasi dan pemecahan masalah pemasaran bisnis digital.
  • P5. Mahasiswa mampu melakukan riset pemasaran digital dalam lingkup terbatas dengan memanfaatkan teknologi informasi secara jujur dan bertanggung jawab.
  • P5. Mahasiswa mampu menyusun laporan riset pemasaran digital sesuai kaidah penulisan ilmiah.
  • A5. Mahasiswa mampu membuktikan hasil riset pemasaran digital yang dilakukan dalam metode ilmiah riset pemasaran.
  • P5. Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, teliti, beretika dan bertanggung jawab di dalam kegiatan pembelajaran riset pemasaran.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Perbedaan antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif
    • Date  5 September 2024

  • Pertemuan 2
    Membedakan ciri-ciri dan kegunaan desain eksploratoris, riset deskriptif, dan riset kausal dalam riset pemasaran
    • Date  12 September 2024

  • Pertemuan 3
    Merumuskan masalah dan merancang penelitian (pemilihan sampel, pengembangan instrumen pengumpulan data, dan rencana analisis validitas serta reliabilitas)
    • Date  19 September 2024

  • Pertemuan 4
    Merumuskan masalah dan merancang penelitian (pemilihan sampel, pengembangan instrumen pengumpulan data, dan rencana analisis validitas serta reliabilitas)
    • Date  26 September 2024

  • Pertemuan 5
    Merumuskan masalah dan merancang penelitian (pemilihan sampel, pengembangan instrumen pengumpulan data, dan rencana analisis validitas serta reliabilitas
    • Date  3 Oktober 2024

  • Pertemuan 6
    Menyusun proposal riset pemasaran
    • Date  10 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Menyusun proposal riset pemasaran
    • Date  17 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    Menyusun proposal riset pemasaran
    • Date  24 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    • Date  31 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    • Date  7 November 2024

  • Pertemuan 11
    • Date  14 November 2024

  • Pertemuan 12
    Melakukan analisis terhadap penelitian terdahulu tentang perilaku konsumen dan efektivitas strategi pemasaran digital.
    • Date  21 November 2024

  • Pertemuan 13
    Melakukan analisis terhadap penelitian terdahulu tentang perilaku konsumen dan efektivitas strategi pemasaran digital.
    • Date  28 November 2024

  • Pertemuan 14
    Hasil riset penelitian
    • Date  5 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Hasil riset penelitian
    • Date  12 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    Hasil riset penelitian
    • Date  19 Desember 2024

References

Lecturer

RATIH AMELIA
RATIH AMELIA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

IKA DYAH CANDRA ARIFAH
IKA DYAH CANDRA ARIFAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Bisnis Digital
  • Semester7
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10