•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Consumer Culture

Program Studi S1 Sosiologi UNESA

 
Card image

Course Description

Matakuliah Budaya Konsumen pada program studi Sosiologi membahas tentang perilaku konsumen dalam konteks budaya. Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami pola-pola konsumsi yang terjadi dalam masyarakat, serta faktor-faktor yang memengaruhi pilihan konsumen. Ruang lingkup mata kuliah mencakup analisis terhadap budaya konsumen, perubahan tren konsumsi, dampak globalisasi terhadap pola konsumsi, serta strategi pemasaran yang berbasis pada pemahaman budaya konsumen. Dengan mempelajari Budaya Konsumen, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih dalam mengenai hubungan antara budaya dan konsumsi dalam masyarakat.

Program Objectives (PO)

  • Menguasai pengetahuan tentang teori-teori budaya konsumen dan mampu mengidentifikasi masalah-masalah sosial terkait budaya konsumsi.
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam memecahkan masalah terkait budaya konsumen dan mengambil keputusan yang tepat.
  • mampu menganalisis perilaku konsumsi dalam masyarakat lokal dan global dengan menggunakan teori dan metode sosiologi
  • mengidentifikasi dan mengkritisi dampak sosial dari praktik konsumsi modern

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep dasar konsumsi dalam perspektif sosiologi
    • Date  6 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Konsep dasar konsumsi dalam perspektif sosiologi
    • Date  13 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    • Date  20 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Keterkaitan konsumsi dengan kelas sosial dan identitas
    • Date  27 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Teori pada kasus
    • Date  6 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Teori pada kasus
    • Date  13 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Proses globalisasi dalam budaya konsumen
    • Date  20 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Membuat paper kritis dengan tema budaya konsumen
    • Date  27 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Budaya popular dan pengaruhnya terhadap budaya konsumen
    • Date  3 April 2025

  • Pertemuan 10
    Budaya popular dan pengaruhnya terhadap budaya konsumen
    • Date  10 April 2025

  • Pertemuan 11
    Teori budaya popular berkaitan dengan budaya konsumen
    • Date  17 April 2025

  • Pertemuan 12
    Studi kasus berkaitan budaya konsumen dalam media dan budaya popular
    • Date  24 April 2025

  • Pertemuan 13
    Studi kasus berkaitan budaya konsumen dalam media dan budaya popular
    • Date  1 Mei 2025

  • Pertemuan 14
    Hubungan budaya konsumen dengan politik ekonomi global
    • Date  8 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Hubungan budaya konsumen dengan politik ekonomi global
    • Date  15 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  22 Mei 2025

References

Lecturer

DIYAH UTAMI
DIYAH UTAMI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

FEBRIANDITA TEDJOMURTI
FEBRIANDITA TEDJOMURTI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Sosiologi
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10