Matakuliah Budaya Konsumen pada program studi Sosiologi membahas tentang perilaku konsumen dalam konteks budaya. Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami pola-pola konsumsi yang terjadi dalam masyarakat, serta faktor-faktor yang memengaruhi pilihan konsumen. Ruang lingkup mata kuliah mencakup analisis terhadap budaya konsumen, perubahan tren konsumsi, dampak globalisasi terhadap pola konsumsi, serta strategi pemasaran yang berbasis pada pemahaman budaya konsumen. Dengan mempelajari Budaya Konsumen, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih dalam mengenai hubungan antara budaya dan konsumsi dalam masyarakat.
Program Objectives (PO)
Menganalisis perkembangan historis dan konsep-konsep kunci budaya konsumen, termasuk konsumerisme, globalisasi, dan konsumsi simbolik.
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam memecahkan masalah terkait budaya konsumen dan mengambil keputusan yang tepat.
mampu menganalisis perilaku konsumsi dalam masyarakat lokal dan global dengan menggunakan teori dan metode sosiologi
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
- Menguraikan teori konsumsi (Veblen, Bourdieu, Baudrillard)
Date 6 Februari 2025
Pertemuan 2
- Menguraikan teori konsumsi (Veblen, Bourdieu, Baudrillard)
Date 13 Februari 2025
Pertemuan 3
Mengidentifikasi, membandingkan, dan menerapkan teori sosiologi dalam menganalisis pola konsumsi di berbagai konteks sosial.
Date 20 Februari 2025
Pertemuan 4
Teori konsumsi
Date 27 Februari 2025
Pertemuan 5
Menganalisis peran media dan iklan
Date 6 Maret 2025
Pertemuan 6
Identitas & gaya hidup dalam konsumsi
Date 13 Maret 2025
Pertemuan 7
Menganalisis isu etika & keberlanjutan dalam konsumsi
This course discusses the understanding and steps regarding observation and learning, micro skills, asking questions, reinforcement skills, variation skills, explaining skills, opening and closing skills,
Study of political dimensions, government, power, authority, legitimacy, state, nation, political integration, ideology, political parties, political and interest representation, political decisions, political conflicts, political behavior,
By taking this course, students are expected to be able to understand, analyze, develop and apply theories related to digital governance in the public sector.