•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course School Curriculum

Program Studi S1 Pendidikan Biologi UNESA

 
Card image

Course Description

STUDY ON the meaning of curriculum, development of the school biology curriculum, curriculum analysis which includes analysis of tasks and materials, formulation of objectives and indicators of achievement, essential concepts and learning, misconceptions and coping strategies using ICT. This course is presented in the form of theory and assignments.

Program Objectives (PO)

  • Mahasiswa mampu menyajikan pembelajaran di kelas secara scientific inquiry dengan menggunakan media kontekstual dan mutahir serta mengintegrasikannya dengan nilai-nilai islami
  • Mahasiswa mampu menguasai pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
  • Mahasiswa mampu menganalisis perbedaan antara kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka, dilihat dari kerangka dasar yang meliputi hakikat, landasan, prinsip, dan struktur kurikulum.
  • Mahasiswa mampu mendesain dan merancang perencanaan pembelajaran berdasarkan hasil telaah silabus setiap bidang studi (dalam kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka ) dengan mengacu pada standar kelulusan, standar isi, standar proses, dan standar penilaian

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    • Date  5 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Konsep dasar kurikulum
    • Date  12 Februari 2024

    RPS
    PPT Perkembangan Kurikulum
    Refeensi-Bahan kajian
    PPT-Perkembangan Kurikulum
  • Pertemuan 3
    Konsep dasar kurikulum
    • Date  19 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Menganalisis perubahan paradigma, dokumen kebijakan kurikulum, pendekatan pembelajaran dan sistem penilaian dari KTSP ke Kurikulum 2013
    • Date  26 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Hubungan antara SKL, Standar Isi, KI, KD dan Indikator pencapaian kompetensi dalam Kurikulum 2013
    • Date  4 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Hubungan antara SKL, Standar Isi, KI, KD dan Indikator pencapaian kompetensi dalam Kurikulum 2013
    • Date  11 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Hubungan antara SKL, Standar Isi, KI, KD dan Indikator pencapaian kompetensi dalam Kurikulum 2013
    • Date  18 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  25 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Terampil mengembang-kan silabus mata pelajaran biologi
    • Date  1 April 2024

  • Pertemuan 10
    Terampil menyusun tujuan pembelajaran berdasar indikator pencapaian kompetensi
    • Date  15 April 2024

  • Pertemuan 11
    Terampil menetapkan metode atau model-model pembelajaran dalam menyusun langkah-langkah pembelajaran
    • Date  22 April 2024

    Materi Kurikulum Merdeka
  • Pertemuan 12
    Terampil Mengembang-kan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran biologi sesuai Standar Proses
    • Date  29 April 2024

  • Pertemuan 13
    Terampil menyusun kelengkapan RPP dalam bentuk bahan ajar dan instrumen penilianterkait pilihan topik/KD
    • Date  6 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Terampil menyusun kelengkapan RPP dalam bentuk bahan ajar dan instrumen penilia terkait pilihan topik/KD
    • Date  13 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Terampil menganalisis dan mengevaluasi rancangan pembelajaran berdasarkan prinsip keterkaitan tiga mata jangkar (tujuan metode- evaluasi)
    • Date  20 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    • Date  4 Juni 2024

References

Lecturer

WIDOWATI BUDIJASTUTI
WIDOWATI BUDIJASTUTI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

AHMAD FUDHAILI
AHMAD FUDHAILI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

RINIE PRATIWI PUSPITAWATI
RINIE PRATIWI PUSPITAWATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

SIFAK INDANA
SIFAK INDANA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

AHMAD BASHRI
AHMAD BASHRI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Biologi
  • Semester3
  • Lectures5
Difficult Things About Education.
$75$10