•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course School Curriculum

Program Studi S1 Pendidikan Biologi UNESA

 
Card image

Course Description

STUDY ON the meaning of curriculum, development of the school biology curriculum, curriculum analysis which includes analysis of tasks and materials, formulation of objectives and indicators of achievement, essential concepts and learning, misconceptions and coping strategies using ICT. This course is presented in the form of theory and assignments.

Program Objectives (PO)

  • Mahasiswa mampu membandingkan berbagai konsep kurikulum dari berbagai sumber untuk mensintesis makna kurikulum yang relevan dengan pendidikan di Indonesia.
  • Mahasiswa mampu menyusun bagan alir perkembangan kurikulum Pendidikan di Indonesia, meliputi nama kurikulum, masa berlaku, tujuan kurikulum, kompetensi atau tujuan kurikulum, karakteristik pembelajaran, struktur mata pelajaran di sekolah menengah atas dan penilaian hasil belajar.
  • Mahasiswa mampu menyusun opini terkait rasional perkembangan atau perubahan kurikulum Pendidikan di Indonesia.
  • Mahasiswa mampu menganalisis Capaian Pembelajaran untuk dioperasionalkan menjadi indikator dan tujuan pembelajaran yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotor.
  • Mahasiswa mampu merumuskan point-point penting yang menjadi karakteristik capaian pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran berbasis Deep-Learning pada kurikulum2013 dan kurikulum merdeka.
  • Mahasiswa mampu mengevaluasi modul pembelajaran dan rencana perencanaan pembelajaran (RPP) pada aspek capaian pembelajaran, kompetensi dasar, indikator, dan tujuan pembelajaran.
  • Mahasiswa mampu mengajukan ide untuk menyusun alur tujuan pembeljaran (ATP) yang relevan dengan capaian pembelajaran, kompetensi dasar, indikator, dan tujuan pembelajaran.
  • Mahasiswa mampu menyusun silabus baik berpijak pada kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Merumuskan pengertian kurikulum dari berbagai sumber
    • Date  7 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    A. menyajikan bagan alir perkembangan kurikulum pendidikan di Indonesia secara visual dan informatif. konsep dasar kurikulum
    • Date  14 Februari 2024

    RPS
    PPT Perkembangan Kurikulum
    Refeensi-Bahan kajian
    PPT-Perkembangan Kurikulum
  • Pertemuan 3
    A. mengidentifikasi dan menjelaskan berbagai faktor internal dan eksternal yang melatarbelakangi perkembangan atau perubahan kurikulum pendidikan di Indonesia (misalnya, perubahan sosial budaya, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, tuntutan dunia kerja, evaluasi kurikulum sebelumnya, pengaruh politik dan kebijakan.Memahami konsep dasar kurikulum
    • Date  21 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    A. menjelaskan konsep Capaian Pembelajaran (CP) dan kedudukannya dalam kurikulum. perubahan paradigma, dokumen kebijakan kurikulum, pendekatan pembelajaran dan sistem penilaian dari KTSP ke Kurikulum 2013
    • Date  28 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    C. merumuskan tujuan pembelajaran yang SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-bound) berdasarkan IPK yang telah dikembangkan untuk setiap ranah (kognitif, afektif, dan psikomotor).
    • Date  6 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    A. mengidentifikasi dan menjelaskan prinsip-prinsip dan pendekatan pengelolaan pembelajaran yang dominan dalam Kurikulum 2013 (misalnya, pendekatan saintifik, pembelajaran tematik integratif).
    • Date  13 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    C. menjelaskan konsep Deep Learning dalam konteks pendidikan dan mengidentifikasi prinsip-prinsip utamanya (misalnya, koneksi yang kaya, pemikiran kreatif, pembelajaran otentik, refleksi metakognitif).
    • Date  20 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    Dan menjelaskan karakteristik utama rumusan Capaian Pembelajaran (CP) dalam Kurikulum Merdeka (misalnya, fokus pada esensial, fleksibilitas, fase pembelajaran, deskripsi yang lebih generik).
    • Date  27 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Menganalisis tingkat keselarasan antara rumusan IPK dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
    • Date  3 April 2024

  • Pertemuan 10
    Menganalisis tingkat keselarasan antara rumusan IPK dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
    • Date  17 April 2024

  • Pertemuan 11
    Dan menjelaskan berbagai struktur dan komponen yang umumnya terdapat dalam Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).
    • Date  24 April 2024

    Materi Kurikulum Merdeka
  • Pertemuan 12
    Dan menjelaskan berbagai struktur dan komponen yang umumnya terdapat dalam Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).
    • Date  1 Mei 2024

  • Pertemuan 13
    Dan menjelaskan berbagai struktur dan komponen yang umumnya terdapat dalam Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).
    • Date  8 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Dan menjelaskan setiap komponen yang wajib dan opsional dalam silabus Kurikulum 2013 (misalnya, identitas mata pelajaran, KI-KD, materi pokok, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, sumber belajar).
    • Date  15 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Dan menjelaskan setiap komponen yang wajib dan opsional dalam silabus Kurikulum 2013 (misalnya, identitas mata pelajaran, KI-KD, materi pokok, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, sumber belajar).
    • Date  22 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Dan menjelaskan setiap komponen yang wajib dan opsional dalam silabus Kurikulum 2013 (misalnya, identitas mata pelajaran, KI-KD, materi pokok, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, sumber belajar).
    • Date  22 Mei 2024

References

Lecturer

SIFAK INDANA
SIFAK INDANA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

RINIE PRATIWI PUSPITAWATI
RINIE PRATIWI PUSPITAWATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

WIDOWATI BUDIJASTUTI
WIDOWATI BUDIJASTUTI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

AHMAD BASHRI
AHMAD BASHRI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

AHMAD FUDHAILI
AHMAD FUDHAILI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Biologi
  • Semester3
  • Lectures5
Difficult Things About Education.
$75$10