Course Description
This course is a student activity which includes: developing and implementing the concepts of measurement, assessment, evaluation, test validity and test reliability in science learning, as well as designing learning assessment instruments in the science context by utilizing ICT.
Program Objectives (PO)
- Mampu merancang instrumen penilaian pembelajaran IPA yang memperhatikan validitas dan reliabilitas dengan memanfaatkan ICT
- Menganalisis hasil asesmen untuk mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran selanjutnya dan peningkatan proses pembelajaran (C4)
- Mengevaluasi efektivitas penggunaan teknologi informasi dalam asesmen pembelajaran IPA (C5)
- Menciptakan instrumen asesmen yang inovatif yang mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa (C6)
- Menerapkan prinsip-prinsip pedagogis dalam merancang asesmen yang mendukung pencapaian hasil belajar IPA (C3)
- Menganalisis dan mengevaluasi berbagai pendekatan asesmen untuk menentukan yang paling efektif dalam konteks pembelajaran IPA tertentu (C5)
- Menciptakan alat evaluasi yang sesuai dengan standar kompetensi kerja di bidang IPA yang dapat digunakan dalam berbagai situasi pembelajaran (C6)
- Menerapkan metode evaluasi yang berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar IPA (C3)
- Menganalisis feedback dari asesmen untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif (C4)
- Mengevaluasi dan menyempurnakan instrumen asesmen berbasis ICT untuk memastikan validitas dan reliabilitas dalam pengukuran hasil belajar (C5)