Course Description
Study of the nature, objectives, types of research methods that are relevant to educational research as well as equipping students to be able to make decisions in applying research methods to find alternative solutions in solving educational problems which include research paradigms, frameworks of thinking, variables, populations and samples, research design, research instruments, data collection techniques, and data analysis are packaged in a Biology education research proposal as a course output. This course is presented in project form.
Program Objectives (PO)
- Mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar metodologi penelitian dalam merancang penelitian pendidikan biologi (C3)
- Mahasiswa dapat menentukan teknik analisis dalam konteks penelitian pendidikan biologi (C4)
- Mahasiswa dapat menentukan metode penelitian yang efektif dalam pendidikan biologi (C5)
- Mahasiswa dapat menentukan berbagai metode penelitian untuk diterapkan pada penelitian pendidikan biologi (C4)
- Mahasiswa dapat menerapkan teknik komunikasi yang efektif untuk menyajikan hasil penelitian secara lisan dan tulisan (C3)
- Mahasiswa dapat menganalisis dan mengevaluasi kualitas sumber informasi dan referensi yang digunakan dalam penelitian (C4, C5)
- Mahasiswa dapat menciptakan proposal penelitian yang inovatif dengan memanfaatkan pengetahuan terkini di bidang pendidikan biologi (C6)
- Mahasiswa dapat menerapkan pemikiran kritis dan sistematis dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah penelitian (C3)
- Mahasiswa dapat menganalisis masalah penelitian dan menyelesaikannya berdasarkan argumen yang logis dan kritis (C4)