Course Description
This course examines the principles and characteristics of Realistic Mathematics Education, types of contexts related to life phenomena related to numbers, algebra, measurement and geometry, probability and statistics, calculus, and combinatorics as well as their application in mathematics learning in the form of a path-based learning realistic mathematics at primary and secondary school levels through active task-based learning and presentations assisted by information technology.
Program Objectives (PO)
- Menjelaskan prinsip dan karakteristik Realistic Mathematics Education (RME) sebagai pendekatan pembelajaran serta jenis konteksnya, dan penerapannya dalam proses pembelajaran.
- Menjelaskan lintasan belajar hipotetik dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik.
- Merancang lintasan pembelajaran hipotetik dan mengevaluasi pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik di sekolah dasar dan menengah melalui presentasi berbantuan TIK
- Mengkomunikasikan gagasan dan hasil penelitian pada pembelajaran matematika realistik dari sumber ilmiah secara efektif, lisan dan tulisan.
- Menentukan jenis konteks yang berkaitan dengan fenomena kehidupan yang berkaitan dengan materi bilangan, aljabar, pengukuran dan geometri, peluang dan statistika, kalkulus dan kombinatorik serta penerapannya di sekolah dasar dan menengah.
- Mengkritisi pembelajaran matematika realistik yang dikembangkan berdasarkan prinsip dan karakteristiknya.