Course Description
Penggunaan teori dan hasil penelitian yang relevan untuk perancangan, pengembangan, dan penciptaan model pedagogi pembelajaran bahasa dan sastra secara kreatif dan inovatif guna memecahkan problema pembelajaran bahasa dan sastra kekinian sesuai prinsip didaktis dan metodis pembelajaran bahasa dan sastra sebagai alternatif model pedagogi pembelajaran bahasa dan sastra. Topik mata kuliah ini meliputi landasan filosofis pembelajaran bahasa dan sastra, pendekatan dan metode pembelajaran bahasa dan sastra, didaktika dan metode pembelajaran bahasa dan sastra, perkembangan dan prediksi tren pembelajaran bahasa dan sastra masa depan melalui belajar mandiri, presentasi, diskusi, atau pun publikasi dengan produk akhir berupa makalah/artikel.
Program Objectives (PO)
- 1. Memanfaatkan ipteks untuk merencanakan dan melaksanakan pembelajaran bahasa dan sastra sesuai dengan didaktika dan metode bidang pendidikan bahasa dan sastra serta berbasis riset bidang kebahasaan dan kesastraan; dan terampil mengelola dan mengembangkan riset bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan
- 2. Menguasai konsep teoretis kebahasaan dan kesastraan dan penerapannya dalam pembelajaran bahasa dan sastra; dan menguasai konsep pengembangan kurikulum pendidikan bahasa dan sastra serta perangkatnya
- 3. Mengambil keputusan strategis dalam konteks penyelesaian masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan dengan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian ilmiah terhadap informasi dan data dan mampu meningkatkan kapasitas menjadi pebelajar mandiri bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan