•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course School Curriculum

Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan) UNESA

 
Card image

Course Description

Membekali mahasiswa PJKR untuk memahami dan mengembangkan kurikulum PJOK yang bermutu, relevan, dan berbasis kompetensi sesuai standar nasional dan Kurikulum Merdeka, sejalan dengan SDG 4 – Quality Education. Mahasiswa mempelajari konsep dasar, sejarah perubahan kurikulum (KBK, KTSP, K13, Kurmer), model dan prinsip pengembangan kurikulum, komponen pembelajaran abad ke-21, serta MBS. Melalui pendekatan project base based learning, dan analisis dokumen (CP, TP/ATP, modul ajar), mahasiswa dilatih menganalisis, merancang, dan mengevaluasi kurikulum PJOK yang adaptif, inklusif, dan memanfaatkan teknologi pembelajaran. Pengalaman observasi dan tugas penyusunan dokumen kurikulum membuat mahasiswa siap menjadi guru PJOK yang kritis dan inovatif dalam mewujudkan pembelajaran jasmani yang berkualitas bagi semua peserta didik.

Program Objectives (PO)

  • Mahasiswa mampu menganalisis dan mengevaluasi konsep dasar, fungsi, karakteristik, komponen, dan landasan kebijakan kurikulum sekolah di Indonesia, khususnya yang berkaitan dengan mata pelajaran PJOK, secara kritis dan sistematis.
  • menganalisis dinamika dan arah perubahan kurikulum di Indonesia (KBK, KTSP, K13, Kurikulum Merdeka) serta implikasinya terhadap perencanaan dan praktik PJOK di sekolah.
  • menyusun perangkat/kerangka kurikulum PJOK berbasis Kurikulum Merdeka (mis. pemetaan CP–TP–ATP atau struktur capaian pembelajaran) secara kontekstual sesuai karakteristik satuan pendidikan.
  • Mampu memahami Karakteristik, jenisdan prinsip- prinsip pengembang kurikulum

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Dan membedakan berbagai definisi kurikulum sekolah dan PJOK.
    • Date  26 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Menganalisis karakteristik kurikulum sekolah dan kaitannya dengan PJOK.
    • Date  2 September 2025

  • Pertemuan 3
    Menganalisis perjalanan sejarah dan paradigma perubahan kurikulum di Indonesia.
    • Date  9 September 2025

  • Pertemuan 4
    Karakteristik, jenis dan prinsip- prinsip pengembangan kurikulum
    • Date  16 September 2025

  • Pertemuan 5
    Karakteristik Kurikulum 2013
    • Date  23 September 2025

  • Pertemuan 6
    Karakteristik dan pengembangan kurikulum 2013
    • Date  30 September 2025

  • Pertemuan 7
    Dan memberi contoh penerapan pendekatan deep learning (pembelajaran mendalam) dalam PJOK.
    • Date  7 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Ujian Sub Semester
    • Date  14 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    (refleksi UTS): merefleksikan pemahaman dan kelemahan pribadi terkait kajian kurikulum sekolah.
    • Date  21 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Menganalisis struktur model dan isi kurikulum mata pelajaran PJOK di sekolah.
    • Date  28 Oktober 2025

  • Pertemuan 11
    Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
    • Date  4 November 2025

  • Pertemuan 12
    Peran MBS dalam pengembangan dan implementasi kurikulum PJOK yang adaptif dan inklusif.
    • Date  11 November 2025

  • Pertemuan 13
    Komponen kurikulum pembelajaran di sekolah
    • Date  18 November 2025

  • Pertemuan 14
    Merancang pembelajaran di sekolah
    • Date  25 November 2025

  • Pertemuan 15
    Merancang pembelajaran di sekolah
    • Date  2 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Pemahaman konseptual dan keterampilan perancangan kurikulum PJOK dalam bentuk asesmen autentik.
    • Date  9 Desember 2025

References

Lecturer

ADVENDI KRISTIYANDARU
ADVENDI KRISTIYANDARU
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

DWI LORRY JUNIARISCA
DWI LORRY JUNIARISCA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10