an agreement in which one of the parties is given the right to utilize and/or use intellectual property rights (IPR) or a collection of business characteristics owned by the other party with a reward based on the conditions set by the other party in the context of providing and/or selling goods and services
Program Objectives (PO)
Menerapkan prinsip-prinsip dasar hukum waralaba dalam penyusunan perjanjian waralaba (C3)
Menganalisis aspek hukum dalam kasus sengketa waralaba berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku (C4)
Mengevaluasi efektivitas klausul-klausul dalam perjanjian waralaba berdasarkan prinsip keadilan dan kepatutan (C5)
Menciptakan draft perjanjian waralaba yang memenuhi aspek legal dan bisnis (C6)
Menerapkan strategi penyelesaian sengketa waralaba melalui jalur litigasi dan non-litigasi (C3)
Menganalisis implikasi hukum dari perkembangan model bisnis waralaba di era digital (C4)
Mengevaluasi kepatuhan pelaku usaha waralaba terhadap regulasi perlindungan konsumen (C5)
Menciptakan solusi inovatif untuk mengatasi kendala hukum dalam ekspansi bisnis waralaba internasional (C6)
Menerapkan prinsip-prinsip hak kekayaan intelektual dalam praktik waralaba (C3)
Menganalisis dampak perubahan regulasi terhadap model bisnis waralaba (C4)
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Aspek-aspek hukum waralaba
Date 25 Agustus 2025
Pertemuan 2
Aspek-aspek hukum waralaba
Date 1 September 2025
Pertemuan 3
Aspek-aspek hukum waralaba
Date 8 September 2025
Pertemuan 4
Bsinis waralaba
Date 15 September 2025
Pertemuan 5
Bsinis waralaba
Date 22 September 2025
Pertemuan 6
Aspek hukum perjanjian waralaba
Date 29 September 2025
Pertemuan 7
Aspek hukum perjanjian waralaba
Date 6 Oktober 2025
Pertemuan 8
Aspek hukum perjanjian waralaba
Date 13 Oktober 2025
Pertemuan 9
Mamhasiswa memiliki kemampuan keuntungan & kerugian bisnis waralaba
Date 20 Oktober 2025
Pertemuan 10
Mamhasiswa memiliki kemampuan keuntungan & kerugian bisnis waralaba
Date 27 Oktober 2025
Pertemuan 11
Mamhasiswa memiliki kemampuan keuntungan & kerugian bisnis waralaba
Date 3 November 2025
Pertemuan 12
Memiliki kemampuan memahami waralaba dalam kerangka hukum persaingan usaha
Date 10 November 2025
Pertemuan 13
Memiliki kemampuan memahami waralaba dalam kerangka hukum persaingan usaha
Date 17 November 2025
Pertemuan 14
Memiliki kemampuan memahami waralaba dalam kerangka hukum persaingan usaha
Date 24 November 2025
Pertemuan 15
Memiliki kemampuan memahami waralaba dalam kerangka hukum persaingan usaha
Date 1 Desember 2025
Pertemuan 16
Menganalisis dampak perubahan regulasi terhadap model bisnis waralaba serta memberikan solusi hukum yang relevan.
The Introduction to Indonesian Law course is a mandatory course for students which discusses law in Indonesia, the existence of Indonesian law, the history of
This course examines the position of commercial law, companies and their subsidiaries, merger-consolidation-acquisition-separation, bankruptcy, intellectual property rights, business contracts, guarantee law, insurance, employment law, consumer