•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Problems and Guidance Aud

Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UNESA

 
Card image

Course Description

This course examines the basic concepts of guidance and counseling which include understanding, similarities and differences, objectives and functions of early childhood guidance and counseling. This course covers the basics, principles, scope, approaches and techniques of early childhood guidance and counseling. Discusses the implementation of guidance including planning/programs, management, services, data collection techniques, assessment and discusses handling early childhood problems including child characteristics, child development, child problems, and steps for handling early childhood problems.

Program Objectives (PO)

  • Mahasiswa memahami Hakikat Permasalahan dan Bimbingan AUD
  • Mahasiswa memahami Perilaku wajar dan tidak wajar pada Anak Usia Dini
  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi Permasalahan Anak Usia Dini (Faktor biologis dan psikologis)
  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan berdasarkan faktor keluarga dan lingkungan
  • Mahasiswa mampu memahami konsep Perkembangan dan Kesiapan anak dalam sekolah (School Readiness)
  • Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip diagnostik assessment.
  • Mahasiswa mampu memahami Intervensi dan Pendekatan Bimbingan Konseling
  • Mahasiswa memahami materi pertemuan 1-7
  • Mahasiswa mampu memahami Anak dengan Permasalahan Perilaku
  • Mahasiswa mampu memahami konsep Anak dengan Permasalahan Emosi
  • Mahasiswa mampu memahami konsep Anak dengan Permasalahan Perkembangan dan Kesulitan Belajar
  • Mahasiswa mampu memahami konsep Bullying dan Kekerasan di Sekolah
  • Mahasiswa mampu memahami konsep Anak dengan Permasalahan Makan dan Tidur
  • Mahasiswa mampu memahami konsep Anak dengan Permasalahan Kecanduan
  • Mahasiswa mampu memahami strategi pemecahan masalah di lingkungan PAUD dan menumbuhkan lingkungan yang Inklusif
  • Mahasiswa memahami materi pertemuan 1-16

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Pemahaman konsep dasar bimbingan dan konseling
    • Date  8 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Pemahaman pengertian, ruang lingkup, tujuan, dan fungsi bimbingan AUD
    • Date  15 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Permasalahan berdasarkan faktor biologis dan psikologis
    • Date  22 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Permasalahan berdasarkan faktor keluarga dan lingkungan
    • Date  29 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Pemahaman akan (School readiness) Kesiapan anak dalam menghadapi lingkungan sekolah.
    • Date  7 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Prinsip-prinsip diagnostik assessment.
    • Date  14 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Melakukan pendekatan bimbingan dan konseling untuk anak usia dini.
    • Date  21 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    Materi pertemuan 1-7
    • Date  28 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Anak dengan Permasalahan Perilaku
    • Date  4 April 2024

  • Pertemuan 10
    Pemahaman Anak dengan Permasalahan Emosi
    • Date  11 April 2024

  • Pertemuan 11
    Pemahaman Anak dengan Permasalahan Perkembangan dan Kesulitan Belajar
    • Date  18 April 2024

  • Pertemuan 12
    Pemahaman penanganan penyebab, dampak dan peran bystander dalam kasus kekerasan anak
    • Date  25 April 2024

  • Pertemuan 13
    Pemahaman penanganan kasus anak dengan Permasalahan Makan dan Tidur
    • Date  2 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Pemahaman penanganan kasus Anak dengan Permasalahan Kecanduan
    • Date  9 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Pemahaman strategi pemecahan masalah di lingkungan PAUD dan menumbuhkan lingkungan yang Inklusif
    • Date  16 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Pemahaman semua materi pertemuan ke-1 sampai 15
    • Date  23 Mei 2024

Lecturer

YES MATHEOS LASARUS MALAIKOSA
YES MATHEOS LASARUS MALAIKOSA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • Semester2
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10