•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Penilaian Pembelajaran

Program Studi S1 Teknologi Pendidikan UNESA

 
Card image

Course Description

Brief Description of MK This course discusses the concept of class-based assessment, can develop various tools for measuring learning outcomes, is skilled at planning, implementing, processing and reporting evaluations of learning processes and outcomes. Lectures are carried out using blended learning. The assessment is carried out by means of question and answer and in writing.

Program Objectives (PO)

  • Mampu menunjukkan sikap ilmiah, kritis dan inovatif dalam Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran secara professional dan memiliki kepekaan serta bertanggung jawab. Memiliki kemampuan berkolaborasi secara efektif dalam pembelajaran. Terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik.
  • Mampu menjelaskan: a. Konsep penilaian b. Konsep KKM c. Konsep pedoman penilaian metode PAN dan PAP d. Ragam jenis tes dan cara penyusunannya e. Prosedur pengembangan tes f. Prosedur pengembangan non-tes g. Konsep analisis butir soal (tingkat kesukaran, daya beda, daya pengecoh, validasi, dan reliabilitas butir soal)
  • Memecahkan masalah berdasarkan metode pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Mahasiswa mampu : a. Menyusun butir tes objektif b. Mengujicobakan butir tes objektif ke sekolah c. Menghitung dan menganalisis kesukaran butir soal d. Menghitung dan menganalisis daya beda butir soal e. Menghitung dan menganalisis daya pengecoh butir soal f. Menghitung dan menganalisis validasi dan reliabilitas butir soal g. Menafsirkan hasil tes objektif
  • Memperbaiki kualitas pembelajaran berdasarkan konsep teoritis penilaian secara inovatif, terencana menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan kreativitas peserta didik.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep dasar penilaian pembelajaran dengan benar
    • Date  7 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    KKM dan langkah-langkah menentukan KKM dengan benar
    • Date  14 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Konsep penilaian acuan PAP dan PAN dengan benar
    • Date  21 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Metode penilaian dan alat evaluasi
    • Date  28 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Prosedur pengembangan tes dengan benar
    • Date  6 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Prosedur pengembangan non-tes dengan benar
    • Date  13 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Analisis butir soal (tingkat kesukaran, daya beda, daya pengecoh, validasi, dan reliabilitas butir soal) dengan benar
    • Date  20 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    U T S (Ujian Tengah Semester)
    • Date  27 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Dan mampu Me-ngembangkan alat evaluasi non-tes
    • Date  3 April 2024

  • Pertemuan 10
    Butir tes objektif ke sekolah dengan benar
    • Date  10 April 2024

  • Pertemuan 11
    Menghitung dan menganalisis kesukaran butir soal dengan benar
    • Date  17 April 2024

  • Pertemuan 12
    Menghitung dan menganalisis daya beda butir soal dengan benar
    • Date  24 April 2024

  • Pertemuan 13
    Konsep dasar dan mampu menganalisis butir soal
    • Date  1 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Menghitung dan menganalisis validasi dan reliabilitas butir soal dengan benar
    • Date  8 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Hasil tes objektif dengan benar
    • Date  15 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  22 Mei 2024

Lecturer

HIRNANDA DIMAS PRADANA
HIRNANDA DIMAS PRADANA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Teknologi Pendidikan
  • Semester5
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10