Course Description
Understanding, studying, deepening the counseling guidance course for children with special needs which includes: introduction, the essence of counseling guidance for children with special needs, problems of children with special needs and efforts to understand them, understanding children with special needs as individuals, approaches to counseling guidance for children with special needs, administration and organizing counseling for children with special needs. For the implementation of lectures, Project Based Learning is implemented in intervening in ABK cases.
Program Objectives (PO)
- Menguasai secara mendalam pemahaman, pengkajian, pendalaman tentang matakuliah bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus yang meliputi : pendahuluan, hakikat bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus, permasalahan anak berkebutuhan khusus dan upaya memahaminya, pemahaman anak berkebutuhan khusus sebagai inidividu, pendekatan bimibingan konseling bagi anak berkebutuhan khusus, pengadministrasian bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
- Menguasai secara mendalam dasar-dasar perancangan dan pengelolaan konsep dasar bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus yang meliputi : pendahuluan, hakikat bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus, permasalahan anak berkebutuhan khusus dan upaya memahaminya, pemahaman anak berkebutuhan khusus sebagai inidividu, pendekatan bimibingan konseling bagi anak berkebutuhan khusus, pengadministrasian bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
- Mampu memanfaatkan TIK untuk memperoleh informasi/referensi terkait bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus, mengkomunikasikannya serta memanfaatkan hal tersebut dalam pelaksanaan pembelajaran, layanan dan riset yang berkaitan dengan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
- Mampu memberikan layanan kekhususan yang berkaitan dengan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus untuk menyelesaikan permasalahan ABK, sekaligus juga mengoptimalkan potensi ABK berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam konteks pembelajaran, layanan dan riset yang berkaitan dengan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
- Mampu berkomunikasi, bekerja sama, bertanggung jawab terhadap kinerja pembelajaran secara individual maupun tim/kelompok, dengan menunjukkan keterlibatan aktif dalam menjalankan tugas dan peran yang diberikan baik secara individual maupun kelompok selama proses pembelajaran dan riset yang berkaitan dengan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
- Memanfaatkan media dan teknologi asistif dalam layanan pendidikan khusus untuk anak berkebutuhan khusus berkaitan dengan bimbingan konseling, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus untuk menyelesaikan permasalahan ABK, sekaligus juga mengoptimalkan potensi ABK berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam konteks pembelajaran, layanan dan riset yang berkaitan dengan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
- Terampil berpikir logis untuk pemecahan masalah di bidang pendidikan khusus untuk anak berkebutuhan khusus berkaitan dengan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran anak tunadaksa untuk menyelesaikan permasalahan ABK, sekaligus juga mengoptimalkan potensi ABK berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam konteks pembelajaran, layanan dan riset yang berkaitan dengan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
- Terampil dalam dunia pendidikan untuk pemecahan masalah di bidang pendidikan khusus untuk anak berkebutuhan khusus berkaitan dengan bimbingan konseling, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus untuk menyelesaikan permasalahan ABK, sekaligus juga mengoptimalkan potensi ABK berdasarkan prinsipprinsip dan prosedur dalam konteks pembelajaran, layanan dan riset yang berkaitan dengan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
- Terampil bekerja mandiri, bekerja sama di dalam tim kolaboratif, bertanggung jawab baik tugas individu maupun tim, serta mengkomunikasikan ide, pendapat, dan argumentasi secara lisan/tertulis berkaitan dengan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus untuk menyelesaikan permasalahan ABK, sekaligus juga mengoptimalkan potensi ABK berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam konteks pembelajaran, layanan dan riset yang berkaitan dengan bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus.
- Menerapkan budaya inklusif dalam menjalankan tugas sebagai pendidik PDBK dan wirausaha berlandaskan agama, moral, dan etika