Course Description
Mata kuliah Analisis sistem informasi dan teknologi manajemen pendidikan merupakan bidang interdisipliner yang krusial dalam meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kualitas pendidikan di era digital. Materi ini dirancang khusus untuk mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan, mengarah pada pemahaman mendalam tentang penerapan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) untuk mengatasi isu-isu kontemporer dalam manajemen pendidikan. Pemahaman ini akan membekali para calon pemimpin pendidikan dengan kemampuan analitis dan strategis untuk merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi sistem informasi yang efektif, efisien, dan responsif terhadap perubahan. Luaran dari mata kuliah yang diharapkan dapat mengukur kemampuan mahasiswa dalam menyusun naskah akademik, laporan kajian program atau kebijakan, dan strategi implementasi yang inovatif dalam bidang manajemen pendidikan.
Program Objectives (PO)
- Mampu menginternalisasikan karakter "cerdas, inovatif, berakhlak mulia, mandiri, peduli, beretika akademik dan berkomitmen mengembangkan ide-ide baru sesuai dengan peran dan fungsi yang diemban di dalam maupun di luar lingkungan kerja, maupun dalam kontek bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
- Memiliki pengetahuan pada tingkat advance tentang substansi inti dan ekstensi manajemen pendidikan, organisasi pendidikan, kepemimpinan pendidikan, dan pengambilan keputusan, supervisi Pendidikan, dan kebijakan pendidikan untuk menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji
- Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi di dalam bidang keilmuan manajemen pendidikan melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner.
- Mampu menghasilkan novelty perkembangan manajemen pendidikan, organisasi pendidikan kepemimpinan pendidikan dan pengambilan keputusan supervisi Pendidikan, kebijakan pendidikan melalui pengembangan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin.
- Mampu merancang blueprint, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, paragogik, heutagogik) pada peranan administrator pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik bidang manajemen pendidikan secara efektif.