Course Description
This course discusses the meaning, characteristics, classification of media, criteria for learning media, media assessment instruments, needs analysis, steps for developing media and learning resources for learning purposes through project-based learning. Lectures are carried out using hybrid learning. Assessment is carried out by means of written tests and performance tests.
Program Objectives (PO)
- Mampu menerapkan konsep dan teori dalam pengembangan media pembelajaran yang inovatif sesuai dengan kebutuhan pendidikan saat ini (C3)
- Mampu menganalisis kebutuhan pembelajaran untuk menentukan jenis media dan sumber belajar yang efektif (C4)
- Mampu mengevaluasi efektivitas media dan sumber belajar yang telah dikembangkan berdasarkan kriteria dan standar yang ditetapkan (C5)
- Mampu menciptakan prototipe media pembelajaran digital yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan pengguna (C6)
- Mampu menerapkan prinsip desain instruksional dalam pengembangan sumber belajar untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran (C3)
- Mampu menganalisis dan memilih teknologi yang tepat untuk mendukung pengembangan media pembelajaran (C4)
- Mampu mengevaluasi dan mengintegrasikan feedback dari pengguna untuk penyempurnaan media pembelajaran (C5)
- Mampu menciptakan strategi diseminasi untuk media pembelajaran yang dikembangkan agar dapat diakses oleh target pengguna yang lebih luas (C6)
- Mampu menerapkan metode penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan sumber belajar yang valid dan reliabel (C3)
- Mampu menganalisis dampak penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa (C4)