Course Description
Mata kuliah ini menjelaskan tentang konsep penulisan ilmiah, kaidah berpikir ilmiah, perbedaan karangan ilmiah dan non ilmiah, penulisan sumber referensi, penulisan karangan ilmiah argumentatif, critical review, penulisan field note dan transkrip wawancara, perbedaan proposal penelitian dan laporan penelitian, serta penelusuran informasi ilmiah melalui internet. Melalui pendekatan tehnologi digital, mahasiswa diajak untuk mengeksplorasi dan menerapkan teknologi dalam penelitian dan penulisan ilmiah untuk menghasilkan karya ilmiah yang inovatif, akurat, dan berkontribusi pada pengembangan di bidang PAUD. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menjadi pendidik yang tidak hanya kompeten dalam penulisan ilmiah, tetapi juga mampu memanfaatkan dan beradaptasi dengan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini dengan bertanggung jawab
Program Objectives (PO)
- 1. Mampu memanfaatkan teknologi dalam menelusuri sumber informasi untuk mendalami konsep penulisan ilmiah.
- 2. Mampu menguasai konsep penulisan ilmiah untuk diterapkan dalam menganalisis isu-isu kritis dalam bidang PAUD
- 3. Mahasiswa mampu mengusulkan solusi yang inovatif dan berkelanjutan untuk mengatasi isu-isu dan permasalahan dalam pendidikan anak usia dini, dengan mempertimbangkan konteks lokal dan global.
- 4. Mampu mengomunikasikan hasil analisis dan temuan ilmiah secara efektif dan bertanggung jawab untuk isu-isu kritis dalam bidang PAUD