Course Description
This course aims to equip students to be able to abstract the substance and scope of educational evaluation and supervision and to become proficient in preparing educational and learning program evaluation instruments and supervision instruments by utilizing technology and information. This course also equips students to be able to correlate educational evaluation and supervision activities with efforts to improve the quality of educational institutions. Learning is carried out using Project-Based Learning, Self-Directive Learning and Cooperative Learning methods. The output of this lecture is a scientific article submitted to an accredited national/international journal as well as a draft collection of educational supervision instruments
Program Objectives (PO)
- Mahasiswa mampu menginternalisasi karakter "cerdas, inovatif, berakhlak mulia, mandiri, peduli, beretika akademik dan berkomitmen mengembangkan ide-ide baru dalam teori dan praktik Evaluasi dan Supervisi Pendidikan
- Menguasai konsep teoritis meliputi, tujuan, prinsip dan teknik, langkah-langkah dan prosedur, pendekatan, model dan perangkat Evaluasi dan Supervisi Pendidikan melalui pemanfaatan beragam sumber belajar dan teknologi informasi
- Mengabstraksikan dinamika dan perkembangan kajian Evaluasi dan Supervisi Pendidikan melalui studi literatur yang bersumber pada hasil penelitian (10 tahun terakhir) dan buku-buku yang relevan
- Memecahkan permasalahan Evaluasi dan supervisi pendidikan melalui identifikasi dan penyusunan alternatif solusi dengan pendekatan inter dan multidisipliner melalui penelitian yang menghasilkan karya inovatif dan teruji
- Mengembangkan perangkat (instrumen) Evaluasi dan Supervisi pendidikan sesuai dengan kontek dan kebutuhan
- Menyusun rekomendasi dan Rencana Tindak Lanjut (RTL) melauli pemanfaatan hasil evaluasi dan supervisi pendidikan