•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Orthopedagogic

Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa UNESA

 
Card image

Course Description

The Orthopedagogics course is a course that provides understanding and knowledge, as well as experience and skills to students through the definition of orthopedagogy, foundations, history of special education, its relationship with other sciences, theories, concepts, principles of children with special needs including: children who are blind, deaf, disabled. intellectually disabled, autistic, children with learning difficulties, special intelligent and special gifted children, children with attention deficit hyperactivity disorder, slow learning children, classification, causal factors, characteristics and special needs in learning and the ability to plan, modify, apply, evaluate and solving problems related to orthopedagogy and equipping students to be able to make decisions in applying orthopedagogy and finding alternative solutions in solving problems in the field of children with special needs both in special schools and inclusive schools. Lectures are carried out through presentations, discussions, chapter report assignments, and reflections

Program Objectives (PO)

  • Menguasai konsep teoritis dasar-dasar anak berkebutuhan khusus meliputi: anak tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, autis, anak berkesulitan belajar, anak cerdas istimewa dan berbakat istimewa, anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktifitas, serta anak lambat belajar
  • Menemukenali dan mengasesmen anak berkebutuhan khusus meliputi: anak tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, autis, anak berkesulitan belajar, anak cerdas istimewa dan berbakat istimewa, anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktifitas, serta anak lambat belajar dengan menggunakan berbagai teknik dan strategi
  • Terampil bekerja mandiri, bekerja sama di dalam tim kolaboratif, bertanggung jawab baik tugas individu maupun tim, serta mengkomunikasikan ide, pendapat, dan argumentasi secara lisan/tertulis terhadap program pembelajaran anak berkebutuhan khusus yang dilaksanakan

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep dasar, ruang lingkup bidang kajian, serta sasaran ortopedagogik.
    • Date  5 September 2024

  • Pertemuan 2
    Ortopedagogik sebagai cabang ilmu pendidikan, ilmu-ilmu pendukung dalam ortopedagogik.
    • Date  12 September 2024

  • Pertemuan 3
    Landasan penyelenggaraan pendidikan anak berkebutuhan khsuus
    • Date  19 September 2024

  • Pertemuan 4
    Jenis, dan prevalensi anak berkebutuhan khusus
    • Date  26 September 2024

  • Pertemuan 5
    Karakteristik dan layanan pendidikan perkembangan layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus (ABK)
    • Date  3 Oktober 2024

  • Pertemuan 6
    Program Intervensi dini anak berkebutuhan khusus: - Sejarah perkembangan - Perkembangan model - Identifikasi dan asesmen abk - Desain kurikulum - Penciptaan lingkungan belajar - evaluasi
    • Date  10 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Identifikasi dan asesmen, Desain kurikulum, Penciptaan lingkungan belajar, dan evaluasi danlam intervensi dini abk
    • Date  17 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  24 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Konsep prevalensi, karakteristik dan layanan pendidikan anak tunagrahita, kesulitan belajar
    • Date  31 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Konsep, prevalensi, karakteristik dan layanan pendidikan anak tunarungu
    • Date  7 November 2024

  • Pertemuan 11
    Konsep prevalensi, karakteristik dan layanan pendidikan anak tunanetra
    • Date  14 November 2024

  • Pertemuan 12
    Konsep, prevalensi, karakteristik dan layanan pendidikan anak tunadaksa
    • Date  21 November 2024

  • Pertemuan 13
    Konsep, prevalensi, karakteristik dan layanan pendidikan anak autis
    • Date  28 November 2024

  • Pertemuan 14
    Konsep, prevalensi, karakteristik dan layanan pendidikan anak cerdas istimewa dan bakat istimewa
    • Date  5 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Sistem layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus
    • Date  12 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    UJIAN AKHIR SEMESTER
    • Date  19 Desember 2024

Lecturer

MUHAMMAD NURUL ASHAR
MUHAMMAD NURUL ASHAR
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

SUJARWANTO
SUJARWANTO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Biasa
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10