Kajian tentang jenis-jenis, penyusunan, penelaahan secara kualitatif dan kuantitatif serta penafsiran hasil telaah instrumen pembelajaran dengan sikap teliti.
Program Learning Outcomes (PLO)
PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Program Objectives (PO)
PO-1 Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mengembangkan instrumen penilaian.
PO-2 Membuat keputusan tentang keterkaitan konsep dasar asesmen dan berbagai macam instrumen penilaian yang digunakan di sekolah.
PO-3 Memiliki pengetahuan tentang: jenis-jenis penilaian pembelajaran, penyusunan tes tertulis, tes kinerja, instrumen penilaian portofolio, proyek, produk, penilaian diri/teman, dan penelaahan instrumen/tes secara kualitatif dan kuantitatif serta menafsirkan hasil telaah.
PO-4 Teliti dan bertanggung jawab dalam menyusun, menelaah, dan menafsirkan hasil telaah instrumen pembelajaran.