This course examines and analyzes the utilization of educational resources to plan, implement and evaluate educational institutions by utilizing information technology systems with the aim of making time and energy efficient.
Program Learning Outcomes (PLO)
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
PLO-5 Mengembangkan teori/konsepsi/gagasan baru substansi Manajemen Pendidikan melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.
PLO-6 Mampu memecahkan permasalahan dalam kepemimpinan pendidikan pada pengembangan inovasi satuan/lembaga pendidikan maupun organisasi, dan mengembangkan supervisi dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif (pemimpin)
PLO-7 Mampu melakukan advokasi kepada masyarakat dengan ide dan argumen teknis dan mampu merancang program dan strategi transformasi organisasi pendidikan melalui perencanaan strategik yang futuristik, visible, flexible, dan relevan dengan dinamika perkembangan pendidikan (konsultan)
Program Objectives (PO)
PO-1 Mampu menginternalisasikan karakter "cerdas, inovatif, berakhlak mulia, mandiri, peduli, beretika akademik dan berkomitmen mengembangkan ide-ide baru sesuai dengan peran dan fungsi yang diemban di dalam maupun di luar lingkungan kerja, maupun dalam kontek bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
PO-2 Memiliki pengetahuan pada tingkat advance tentang substansi inti dan ekstensi manajemen pendidikan, organisasi pendidikan, kepemimpinan pendidikan, dan pengambilan keputusan, supervisi Pendidikan, dan kebijakan pendidikan untuk menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji
PO-3 Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi di dalam bidang keilmuan manajemen pendidikan melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner.
PO-4 CPMK4 Mampu menghasilkan novelty perkembangan manajemen pendidikan, organisasi pendidikan kepemimpinan pendidikan dan pengambilan keputusan supervisi Pendidikan, kebijakan pendidikan melalui pengembangan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin.
PO-5 Mampu merancang blueprint, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, paragogik, heutagogik) pada peranan administrator pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik bidang manajemen pendidikan secara efektif