Course Description
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa untuk menguasai wawasan dan ruang lingkup berbagai konsep bisnis di era global. Konsep bisnis ini diperlukan sebagai dasar untuk mempelajari pengetahuan bisnis yang lebih detail dalam studi lanjutan. Mahasiswa juga dibekali untuk memahami skala dan kelompok perusahaan, perencanaan bisnis, lingkungan yang mempengaruhi bisnis, etika bisnis, dan meninjau fungsi bisnis perusahaan. Pembelajaran dilakukan dengan Project Based Learning, Case Study dan Problem Based Learning. Perkuliahan dimulai dengan pemaparan konsep dan prinsip, tugas dan diskusi dengan mahasiswa, presentasi, dan praktik kearsipan. Output pembelajarannya adalah mahasiswa dapat mengambil keputusan berdasarkan analisis informasi dan data serta memberikan alternatif solusi terkait permasalahan dan tantangan dalam kegiatan bisnis.
Program Objectives (PO)
- Mampu menyimpulkan konsep bisnis dalam era globalisasi
- Mampu mengidentifikasi lingkungan bisnis perusahaan
- Mampu menyimpulkan kepemilikan bisnis dan wirausaha
- Mampu menyimpulkan konsep manajemen tata Kelola organisasi
- Mampu menyimpulkan SWOT analysis
- Mampu menyimpulkan konsep etika dan tanggung jawab sosial perusahaan
- Mampu menyimpulkan aspek pemasaran dalam kegiatan bisnis
- Mampu menyimpulkan aspek Sumber Daya Manusia (SDM) dalam kegiatan bisnis
- Mampu menyimpulkan aspek keuangan dan akuntansi dalam kegiatan bisnis
- Ketepatan menguraikan pengertian SIM dan fungsi SIM
- Mampu membuat rencana bisnis (Business Plan) aspek bisnis perusahaan