Course Description
This course discusses the concepts of cost and management accounting, standard cost accounting, the relationship between costs and sales volume and profit, customer profitability analysis, relevant cost analysis for decision making, profit planning using budgeting, traditional inventory management and JIT, calculating product cost using ABC and TDABC systems, Activity Based Management, traditional based performance measurement evaluation, performance measurement evaluation using Balance Scorecard (BSC), Lean accounting, environmental cost management. The methods used to achieve learning objectives are lecture, discussion, question and answer, online and offline assignments. The strategy used in learning is group learning and the learning model used is problem based learning.
Program Objectives (PO)
- Mampu memanfaatkan IPTEKS dan sumber belajar untuk menelusuri data dan informasi tentang akuntansi manajemen.
- Menguasai konsep teoritis akuntansi manajemen dan menganalisis kajian teori akuntansi manajemen dan mengkaitkan dengan kondisi perusahaan nyata serta memformulasikannya dalam penyelesaian masalah secara prosedural.
- Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan data dan informasi akuntansi manajemen
- Mampu menerapkan konsep dan teknik akuntansi manajemen dalam menyusun anggaran untuk berbagai jenis kegiatan organisasi pendidikan (C3)
- Mampu menganalisis laporan keuangan untuk mengevaluasi kinerja dan efisiensi operasional institusi pendidikan (C4)
- Mampu mengevaluasi sistem pengendalian internal dan prosedur akuntansi untuk memastikan kepatuhan terhadap norma dan etika profesi (C5)
- Mampu mengembangkan model keuangan yang inovatif untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan dana di institusi pendidikan (C6)
- Mampu menggunakan teknik analisis biaya untuk pengambilan keputusan dalam berbagai situasi manajemen di sektor pendidikan (C3)
- Mampu menganalisis dampak keuangan dari keputusan strategis dan operasional dalam konteks pendidikan (C4)
- Mampu mengevaluasi alternatif investasi dalam proyek-proyek pendidikan berdasarkan prinsip-prinsip akuntansi manajemen (C5)
- Mampu mengkomunikasikan informasi keuangan yang kompleks kepada pemangku kepentingan dalam konteks pendidikan (C3)
- Mampu menciptakan laporan keuangan prediktif menggunakan software akuntansi terkini untuk mendukung pengambilan keputusan (C6)
- Mampu menganalisis dan mengevaluasi etika dalam pelaporan keuangan dan pengambilan keputusan di sektor pendidikan (C5)