Course Description
This course explains: 1) The nature of the philosophy of science; (2) Principal Philosophical Teachings in the Field of Philosophy of Science (materialism, idealism/spiritualism, realism); (3) theories of truth; (4) ontological aspects, epistemological aspects, and axiological aspects; (5) Educational Philosophy (Essentialism, Perennialism, Progressivism, Existentialism, Reconstruction, Critical Pedagogy); (6) Postmodernism, (Social Constructionism, Hermeneutics, Deconstruction, Structuralism); (7) Critical Thinking (relativity of reasoning power, mastery of basic literacy and mastery of critical literacy.)
Program Objectives (PO)
- Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung pencapaian kompetensi mahasiswa terkait dengan pemahaman dan kemampuan untuk berfikir filosofis, logis kreatif dan kritis menurut kaidah-kaidah ilmiah
- Memiliki pengetahuan dan wawasan tentang filsafat ilmu untuk berfikir kritis dan kreatif serta filosofis dalam menghadapi permasalahan.
- Memiliki keterampilan berfikir kritis dan kreatif serta inovatif dalam menghadapi permasalahan
- Memiliki sikap bertanggung jawab dan objektif dalam mengembangkan keterampilan berfikir kritis dan kreatif serta filosofis dalam menghadapi permasalahan.
- Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung pencapaian kompetensi mahasiswa terkait dengan pemahaman dan kemampuan untuk berfikir filosofis, logis kreatif dan kritis menurut kaidah-kaidah ilmiah
- Memiliki pengetahuan dan wawasan tentang filsafat ilmu untuk berfikir kritis dan kreatif serta filosofis dalam menghadapi permasalahan.