Course Description
This course contains the background of education policy, starting with an overview and economic terminology. Demand, Supply and Competitive Markets, Investment, Government‘s Role in Education, Policy Focus of Primary and Secondary Education, Education Income and Expenditures, Competition and Production in Higher Education and is complemented by a review of current and emerging economic research. Implementation of lectures The learning method used is Cooperative Learning (CL) Problem Base Learning (PBL) to foster social sensitivity and high concern for society and its environment as creations of Almighty God, based on intelligent, thorough and tough characters in discussing the economics of education
Program Objectives (PO)
- Mampu mengaplikasikan bidang keahlian ekonomi pendidikan dan memanfaatkan IPTEK dalam menyelesaikan masalahmasalah yang terkait dengan ekonomi pendidikan baik secara teoritis serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi
- Menguasai konsep teoritis tentang ekonomi pendidikan secara mendalam serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah ekonomi Pendidikan secara procedural
- Mampu menganalisis pengambilan keputusan ekonomi Pendidikan secara tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok
- Memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya sebagai ciptaan Tuhan yang Maha Esa dalam menyelesaikan masalah ekonomi pendidikan
- Memiliki karakter Iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli dan tangguh ( Idaman Jelita ) dalam menyelesaikan masalah ekonomi pendidikan