Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi UNESA
Course Description
This course is a course that discusses understanding the knowledge of learning tactics and strategy in the game of volleyball.
Program Objectives (PO)
Mampu bertanggung jawab untuk memahami sejarah dan teknik dasar bolavoli (CPL-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri dan bekerja sama untuk menghasilkan gerakan bolavoli secara berurutan (CPL-5) Mampu menganalisis pemecahan masalah dalam taktik, strategi, pertahanan dan serangan bolavoli secara mandiri atau berkelompok berbasis IPTEKS. (CPL-7) Mampu menerapkan konsep teoritis dan praktis pada bolavoli, terutama pengembangan kreatifitas wirausaha (entrepreneur) pada ekstrakulikuler bolavoli (CPL-11)
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Menganalisis sejarah dan pengertian bolavoli
Date 8 Februari 2024
Pertemuan 2
Peraturan permainan bolavoli
Date 15 Februari 2024
Pertemuan 3
Tanggung jawab petugas pertandingan Mampu mendeskripsikan Hand signal bolavoli
Date 22 Februari 2024
Pertemuan 4
Scorer sheet bolavoli
Date 29 Februari 2024
Pertemuan 5
Statistik permainan dan sistem pertandingan
Date 7 Maret 2024
Pertemuan 6
Gerakan bolavoli secara berurutan
Date 14 Maret 2024
Pertemuan 7
Strategi posisi pemain (pertahanan menerima serve, pertahanan terima spike, pertahanan block/cover spike)
Date 21 Maret 2024
Pertemuan 8
Gerakan serve secara berurutan
Date 28 Maret 2024
Pertemuan 9
UTS
Date 4 April 2024
Pertemuan 10
Gerakan block secara berurutan
Date 11 April 2024
Pertemuan 11
Gerakan spike secara berurutan
Date 18 April 2024
Pertemuan 12
Strategi posisi pemain (pertahanan menerima serve, pertahanan terima spike, pertahanan block/cover spike)
Date 25 April 2024
Pertemuan 13
Strategi posisi pemain (pertahanan menerima serve, pertahanan terima spike, pertahanan block/cover spike)
Date 2 Mei 2024
Pertemuan 14
Penyerangan secara berurutan penyerangan serve dan spike
Date 9 Mei 2024
Pertemuan 15
Penyerangan secara berurutan penyerangan serve dan spike
This course discusses introductory concepts of nutrition, energy, carbohydrates, fats, proteins, vitamins, minerals, fluids and electrolytes, digestion, absorption and metabolism of nutrients, exchangeable food ingredients
This course explains: the nature of adaptiveness: impairment/disability/handicap, the nature of adaptive sports, the nature of people with disabilities. Apart from that, it also provides
This course is an introduction, learning/teaching, development, implementation and evaluation of the basic concepts of sports injuries, prevention of sports injuries, types of sports injuries